Sukses

6 Tips Manajemen Waktu untuk Capai Tujuan Anda

Berikut enam tips manajemen waktu untuk mencapai tujuan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu keterampilan paling efektif yang dapat Anda miliki dalam hidup adalah manajemen waktu yang kuat dan efektif.

Jika Anda tidak mengatur waktu dengan baik, tidak mungkin Anda akan mencapai tujuan Anda di tempat kerja dan kehidupan di luar itu.

Mungkin Anda bisa membuat beberapa kemajuan, tetapi memanajemen waktu akan menjadi perjuangan yang berat jika Anda tidak menganggap serius waktu Anda.

Bagi orang-orang yang menghambur dan menyia-nyiakan waktu berharga yang dimiliki, mereka tahu dengan sangat baik betapa sulitnya mencapai tujuan.

Waktu adalah equalizer terbesar dalam hidup. Tidak peduli siapa Anda, usia Anda, pendapatan, jenis kelamin, ras atau agama, Anda memiliki jumlah waktu yang sama dengan orang lain. Apakah Anda kaya raya atau miskin, waktu Anda sama.

Ini bukan tentang berapa banyak waktu yang Anda miliki, ini tentang seberapa efektif Anda mengatur waktu.

Dikutip dari Laruno.id, berikut enam tips manajemen waktu untuk mencapai tujuan Anda:

1. Tentukan tujuan dengan cara yang benar

Ada cara yang benar dan salah untuk menetapkan tujuan. Jika Anda tidak menetapkan tujuan Anda dengan cara yang benar, maka Anda akan kekurangan target yang tepat, yang akan memaksa Anda jatuh dari jalur. 

Ketika Anda menetapkan tujuan-tujuan itu, pastikan memiliki makna mendalam yang kuat untuk ingin mencapainya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tanamkan kebiasaan keystone ke dalam hidup Anda

Dalam arsitektur, keystone adalah batu yang menahan semua batu lainnya di tempatnya. Demikian pula, kebiasaan keystone membantu untuk tidak hanya mencari kebiasaan baik lainnya, tetapi juga membantu untuk menghilangkan kebiasaan buruk juga.

Berfokus pada kebiasaan keystone dan Anda akan menjadi jauh lebih baik dalam mengelola keseluruhan waktu Anda dengan membuat pengembangan kebiasaan Anda jauh lebih mudah.

3. Hilangkan kebiasaan buruk

Salah satu pembuang waktu terbesar yang Anda miliki adalah kebiasaan buruk Anda. Baik itu menjelajah media sosial, bermain game, pergi keluar dengan teman, atau sebagainya. Kebiasaan buruk itu menghilangkan waktu kecil berharga yang Anda miliki.

Gunakan waktu Anda dengan bijaksana dengan menghilangkan kebiasaan buruk jika serius dalam mencapai tujuan besar dalam hidup.

3 dari 4 halaman

4. Bermeditasi atau berolahraga setiap pagi

Anda mungkin tidak berpikir ini akan membantu mengatur waktu Anda dengan lebih baik, tetapi bermeditasi dan berolahraga setiap pagi memberi keseimbangan.

Buang racun keluar dari dalam diri Anda dan saksikan ketika energi, stamina, dan fokus mental Anda mengambil perubahan drastis.

5. Buat daftar yang harus dilakukan untuk hari berikutnya

Setiap malam sebelum tidur, buat daftar untuk hari berikutnya. Lihatlah tujuan Anda dan lihat apa yang dapat dilakukan untuk membantu mencapai tujuan itu.

Ini tidak terjadi dalam semalam, ini membutuhkan waktu. Akan tetapi, dengan membuat daftar yang harus dilakukan, Anda secara efektif menetapkan sasaran untuk hari esok.

Target harian lebih mudah dicapai sambil membantu menggerakkan Anda menuju tujuan yang lebih panjang dan lebih besar.

4 dari 4 halaman

6. Matikan pemberitahuan aplikasi media sosial

Peringatan aplikasi media sosial yang terus-menerus tidak membantu Anda dengan waktu. Matikan mereka. Anda tidak perlu peringatan setiap saat atau mengetahui semua yang terjadi dengan teman-teman Anda. Ini tidak penting. Apa yang paling penting adalah memiliki ketenangan pikiran dan lebih mampu berfokus pada tugas yang sedang dihadapi.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.