Wajib Coba! 3 Jurus Jitu Menambah Penghasilan

Oleh Fitriana Monica Sari pada 29 Mei 2019, 08:41 WIB
Diperbarui 29 Mei 2019, 08:41 WIB
banner infografis gaji pns dki

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Anda berjuang untuk memenuhi kebutuhan, atau Anda ingin mencapai tujuan keuangan lebih cepat, Anda mungkin mencari cara untuk meningkatkan penghasilan.

Ada solusi pendapatan jangka pendek seperti mengambil pekerjaan sampingan, tetapi jika Anda tahu bahwa Anda harus memiliki penghasilan yang lebih tinggi, Anda perlu melihat solusi jangka panjang untuk masalah Anda.

Saat Anda merencanakan, penting untuk mempertimbangkan implikasi pajak untuk mendapatkan uang tambahan sehingga Anda tidak berakhir dengan pajak tambahan. Dikutip dari Laruno.id, ketiga solusi ini dapat membantu penghasilan Anda.

1. Buka Bisnis Sampingan

Salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan adalah membuka bisnis sampingan yang Anda sukai. Meskipun ini kemungkinan akan dimulai sebagai sesuatu yang Anda lakukan paruh waktu saat Anda masih bekerja di pekerjaan asli. Jika Anda pintar dalam hal itu, Anda mungkin dapat menumbuhkannya menjadi sesuatu yang Anda lakukan penuh waktu.

Temukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai atau yang Anda yakini dan cobalah untuk mulai melakukannya. Ini membantu untuk memiliki rencana bisnis.

2 dari 3 halaman

2. Hasilkan Uang dengan Hobi Anda

Sederet Beauty Vlogger Indonesia yang Menginspirasi
Ilustrasi beauty vlogger. (via: buduaar.ee)

Anda dapat memanfaatkan hal-hal yang Anda sukai di waktu luang dengan baik. Ada banyak cara untuk menuangkan hobi Anda, dan jika Anda kreatif, Anda dapat menghasilkan sedikit uang di waktu luang Anda.

Misalnya, Anda bisa mulai dengan membuka toko kerajinan atau karya seni. Anda juga dapat menjual pola atau desain jika Anda bisa membuatnya sendiri.

Cara lain untuk mendapat untung dari hobi Anda adalah membuat saluran atau acara YouTube berdasarkan hobi. Anda dapat menunjukkan cara membuat item atau meninjau item yang Anda gunakan secara teratur.

Butuh waktu untuk membangun pengikut. Namun, jika Anda tetap dengan itu dan konsisten, ini dapat berubah menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang tambahan.

3 dari 3 halaman

3. Minta Naikkan atau Promosi

[Bintang] Sukses
Ilustrasi perempuan sukses dengan berbagai proses dialaminya. (Picture: diaiz.co)

Opsi terakhir yang harus Anda pertimbangkan adalah meminta kenaikan gaji atau promosi di perusahaan. Anda mungkin juga ingin mencari pekerjaan yang lebih baik di perusahaan yang berbeda begitu Anda memiliki pengalaman kerja tambahan.

Perusahaan Anda dapat menawarkan program pelatihan untuk manajer masa depan atau memberi Anda kesempatan pelatihan lengkap yang akan meningkatkan keterampilan kerja Anda. Jika Anda menikmati pekerjaan yang Anda jalani, ini adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Jangan takut mencari pekerjaan baru jika Anda tidak menghasilkan cukup uang untuk menutupi pengeluaran Anda. Bisa membuat frustasi berada dalam pekerjaan di mana Anda merasa kurang dihargai. Luangkan waktu untuk mencari pekerjaan baru secara teratur.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

Lanjutkan Membaca ↓