Sukses

Intip Persiapan Pertamina Penuhi Kebutuhan BBM Saat Mudik

PT Pertamina (Persero) ‎telah mempersiapkan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk pemudik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) ‎telah mempersiapkan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk pemudik. Diperkirakan ada 10,6 juta kendaraan yang digunakan ke kampung halaman.

Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero), Mas'ud Khamid mengatakan, berdasarkan data  yang dihimpun, 10,6 juta kendaraan akan digunakan untuk mudik.

Sedangkan kendaraan yang lewat jalan tol selama empat hari sebanyak 1,4 juta kendaraan, kondisi ini telah diantisipasi Pertamina untuk pemenuhan bahan bakarnya.

"Program Pertamina siaga Rafi 2019 ini terdiri atas tiga program besar. Pertamina melayani, untuk menyiapkan kebtuhan energi, BBM dan elpiji selama ramadhan dan Idul Fitri," kata Mas'ud, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Mas'ud mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan BBM pemudik, Pertamina menyiapkan sekitar 800 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), untuk di ruas tol sekitar 99 SPBU, sehingga total kran pengisian bahan bakar (nozle) ada sebanyak 2 ribu. 

"Jadi, dalam satu jam ada 24 ribu kendaraan yang bisa dilayani. Jadi, dua kali dari kebutuhan. Personilnya 21 ribu," tutur dia. 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stok BBM

Sementara itu, Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina, Ghandi Sriwidodo mengungkapkan, Pertamina telah menyiapkan stok BBM untuk memenuhi kebutuhan pemudik, yaitu Premium 2.297.853 kilo liter (Kl) setara 21 hari, Pertalite‎ 1.164.834 Kl setara 22 hari.

Pertamax 958.038 Kl setara 23 hari, Pertamax Turbo ‎30.588 Kl setara 52 hari, bio solar ‎‎1.803.060 setara 25 hari, Dexlite 90.280 Kl setara  70 hari, dan Dex 40.939 Kl setara 44‎ hari.

Untuk menunjang penyaluran BBM, Pertamina telah menyiagakan 112 Termina BBM dengan beroperasi 24 jam, 10 ribu mobil tangki,  260 kapal tangker secara reguler memasok BBM dari kilang ke Terminal BBM‎.

"Menjelang Lebaran ada lonjakan konsumsi BBM. Pertamina, dalam hadapi ini, sudah antisipasi dengan stok lebiih cukup," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Beri Promo Cashback

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) memberikan promo uang kembali (cashback), untuk pemudik yang membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ruas tol.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas'ud Khamid mengatakan, konsumen bisa menikmati cashback sampai 30 persen untuk pembelian Pertamax series dan Dex series di 148 SPBU tol Jawa dan Sumatera, dengan menggunakan kartu debit dan kartu kredit BNI, BRI dan Bank Mandiri selama periode 31 Mei-16 Juni 2019. 

"Pertamina bekerjasama dengan sejumlah bank memberikan program promo menarik, yaitu Bonus Pertamina Siaga," kata Mas'ud, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin, 27 Mei 2019. 

Mas'ud menambahkan, selain pembayaran dengan kartu debit dan kredit, seluruh SPBU di jalur tol trans Sumatera dan Jawa juga bisa menerima pembayaran dengan aplikasi LinkAja.

"Upaya kami untuk memberikan yang terbaik bukan saja dengan menyediakan produk-produk berkualitas tinggi seperti Pertamax dan Dex Series, melainkan juga sejumlah layanan tambahan melalui program Pertamina Siaga yang dilaksanakan selama Ramadhan dan masa Mudik,” tutur dia.

Untuk mengantisipasi kendaraan pemudik kehabisan BBM, Pertamina juga menyiapkan sekitar 200 motoris dan lebih dari 99 titik Kios Pertamina Siaga, yaitu berupa SPBU Modular dan Kios Kemasan yang menjual Pertamax, Pertamina Dex dan Fastron di jalur mudik dan arus balik di Pulau Jawa dan Sumatera. 

"Layanan ini dapat digunakan masyarakat pada periode 29 Mei-12 Juni 2019," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.