Beli BBM Saat Mudik, Pertamina Beri Promo Cashback

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 27 Mei 2019, 21:11 WIB
Diperbarui 27 Mei 2019, 21:11 WIB
(Foto: Dok PT Jasa Marga Tbk)
Perbesar
SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa (Foto: Dok PT Jasa Marga Tbk)

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memberikan promo uang kembali (cashback), untuk pemudik yang membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) ruas tol.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas'ud Khamid mengatakan, konsumen bisa menikmati cashback sampai 30 persen untuk pembelian Pertamax series dan Dex series di 148 SPBU tol Jawa dan Sumatera, dengan menggunakan kartu debit dan kartu kredit BNI, BRI dan Bank Mandiri selama periode 31 Mei-16 Juni 2019. 

"Pertamina bekerjasama dengan sejumlah bank memberikan program promo menarik, yaitu Bonus Pertamina Siaga," kata Mas'ud, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Mas'ud menambahkan, selain pembayaran dengan kartu debit dan kredit, seluruh SPBU di jalur tol trans Sumatera dan Jawa juga bisa menerima pembayaran dengan aplikasi LinkAja. Khusus untuk pembayaran melalui aplikasi Link Aja, konsumen akan menerima cashback sebesar 25% untuk pembelian pertamax series dan Dex series.

"Upaya kami untuk memberikan yang terbaik bukan saja dengan menyediakan produk-produk berkualitas tinggi seperti Pertamax dan Dex Series, melainkan juga sejumlah layanan tambahan melalui program Pertamina Siaga yang dilaksanakan selama Ramadan dan masa Mudik,” tutur dia.

Untuk mengantisipasi kendaraan pemudik kehabisan BBM, Pertamina juga menyiapkan sekitar 200 motoris dan lebih dari 99 titik Kios Pertamina Siaga, yaitu berupa SPBU Modular dan Kios Kemasan yang menjual Pertamax, Pertamina Dex dan Fastron di jalur mudik dan arus balik di Pulau Jawa dan Sumatera. 

"Layanan ini dapat digunakan masyarakat pada periode 29 Mei-12 Juni 2019," tandasnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pertamina Siapkan 7 SPBU Modular dan 6 Kiosk Siaga di Jalur Trans Sumatera

Proyek Tol Trans Sumatera. (Dok Kementerian PUPR)
Perbesar
Proyek Tol Trans Sumatera. (Dok Kementerian PUPR)

Sebelumnya, Lebaran sangat identik dengan budaya mudik atau pulang kampung bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bagi yang melakukan perjalanan menggunakan mobil ke Pulau Sumatera, kini pemudik sudah bisa memanfaatkan ruas tol Bakauheni hingga Kayu Agung, meskipun sebagian masih bersifat fungsional.

Memastikan kenyamanan pemudik, Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan telah menyiapkan fasilitas pengisian bahan bakar sebanyak tujuh SPBU Modular dan enam Kiosk Pertamina Siaga di ruas tol tersebut.

“Untuk di ruas tol operasional Bakauheni – Terbanggi besar, Pertamina Siaga hadir dalam bentuk SPBU Modular di Rest Area Kilometer 33A, Km 87A dan 87B, serta Km 115A dan 115B, untuk Km 33B sementara kami siapkan Kiosk Pertamina Siaga. Khusus arus mudik dan balik, kami skenariokan di ruas Bakauheni dan Terbanggi Besar beroperasi 24 jam,” ujar General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Primarini seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu, 26 Mei 2019.

Terdapat tiga produk utama yang disiapkan oleh Pertamina. Untuk Km 33A disiapkan Pertamax dan Dex dan Km 33B Pertamax dan Dex kemasan.

Sedangkan untuk Km 87A dan 87B, disiapkan Pertamax dan Bio Solar sebanyak 11 KL, sedangkan, 115A dan 115B Pertamax dan Bio Solar sebesar 3 KL. Selain itu baik di km 87 dan 115 juga disiapkan Dex kemasan sebagai alternatif bahan bakar diesel.

Untuk ruas fungsional mulai dari Terbanggi Besar hingga Pematang Panggang, lebih banyak disiapkan Kiosk Pertamina Siaga untuk melayani arus mudik dan balik. Namun lanjut Primarini, SPBU Modular juga disiapkan di dua rest area, di Km 215B dan 234A yang menyediakan produk Pertamax dan Dex.

“Kami siapkan stok sebesar 3 KL Pertamax dan Dex untuk melayani pemudik dari jam 6 pagi hingga 17 sore sesuai jam operasional tol fungsional yang berlaku. Rencananya juga akan ada tambahan tangki kapasitas 24 KL di Km 215B untuk memastikan pelayanan prima bagi pemudik,” kata Primarini.

Melengkapi SPBU Modular di Km 215B dan 234A, Kiosk Pertamina Siaga juga disiapkan untuk menyediakan 30 BBM Kemasan kapasitas 10 liter untuk Produk Pertamax dan Dex. Sebaran Kiosk Pertamina Siaga lainnya juga disiapkan di Km 163A, 172B, dan Km 208A.

Masuk ke wilayah Sumatera Selatan mulai dari Pematang Panggang menuju Kayu Agung, saat ini baru disiapkan satu titik Kiosk Pertamina Siaga untuk melayani pemudik yakni di Km 285B. Meski demikian, Primarini memastikan stok di Kiosk tersebut dapat selalu memenuhi kebutuhan pemudik.

“Kami pastikan pemudik yang melewati Tol Trans Sumatera serta yang melewati jalur lintas akan selalu terpenuhi kebutuhan BBM-nya, Pertamina Siaga akan selalu siap dalam memenuhi stok dan distribusi energi bagi pemudik. Kami berpesan tetap berhati-hati saat dijalan dan jika butuh informasi seputar kebutuhan produk kami disaat mudik nanti silahkan hubungi Call Center 135,” tutup Primarini.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jelang Lebaran, Pertamina Pantau Kesiapan Sarfas BBM dan LPG di Priangan Timur

Pertamina
Perbesar
Jelang Lebaran, Pertamina Pantau Kesiapan Sarfas BBM dan LPG di Kawasan Priangan Timur

Sebelumnya, menjelang lebaran, Pertamina Marketing Operation Region III akan terus pantau Sarfas BBM dan LPG guna memastikan kesiapannya dan keandalannya khususnya di wilayan Priangan Timur.

Salah satunya dengan melakukan kunjungan dan pemantauan secara langsung operasi di Terminal BBM Tasikmalaya oleh General Manager Marketing Operation Region III Tengku Fernanda, Senin, 20 Mei 2019.

TBBM Tasikmalaya ini merupakan terminal BBM penyangga bagi TBBM Bandung Group yang akan mendistribusikan BBM untuk wilayah Priangan Timur, Garut, Ciamis, Banjar, Pangandaran, sebagian Majalengka, Kuningan, serta sebagain Jawa Tengah.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami mengatakan pasokan BBM akan dioptimalkan seiring dengan lonjakan arus kendaraan di sekitar Tasikmalaya.

Seperti diketahui, Tasikmalaya tidak hanya menjadi jalur para pemudik yang ingin ke Jawa Tengah, namun ini juga sebagai jalur alternatif lintas selatan melalui Cipatujah, atau Garut Rancabuaya. Wilayah ini pun juga menjadi tujuan wisata pada musim libur Ramadan dan Idul Fitri.

"Menghadapi potensi meningkatnya kebutuhan, di sekitar Tasikmalaya akan disiapkan 2 Rumah Siaga Pertamina di Pamoyanan dan Imbanegara. Serta, 4 titik SPBU Kantong dan 4 titik Kios atau Motor Kemasan, juga 3 SPBU Kantong di jalur wisata," ujarnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓