Sukses

Terkuak, Ini Novel Rekomendasi dari Miliarder Bill Gates

Bacaan miliarder Bill Gates amatlah luas, mulai dari teknologi, politik, hingga novel.

Liputan6.com, Seattle - Miliarder Bill Gates terus melanjutkan tradisinya untuk berbagi judul-judul buku yang sedang ia nikmati. Terkini, ia sedang terpincut dengan novel sastra sejarah berlatar Rusia di awal abad ke-20.

Dilansir dari World Economic Forum, novel itu berjudul A Gentleman in Moscow (Seorang Pria di Moskow) yang dikarang oleh mantan investor Amor Towles. Novel ini sejatinya terbit tahun 2016, tetapi baru dibaca Bill Gates setelah dikirimkan oleh kakak iparnya.

Novel A Gentleman in Moscow berkisah tentang seorang count (bangsawan) yang menjadi tahanan rumah di Moskow pada tahun 1922 ketika Partai Bolshevik mulai berjaya. Bill Gates menyebut novel ini dapat dinikmati oleh kalangan luas. Ia juga mengaku menggemari novelis Fyodor Dostoyevsky asal Rusia.

"Bahkan jika kamu tidak gemar membaca Rusia seperti saya (saya sudah membaca semua buku Dostoyevsky), A Gentleman in Moscow adalah cerita luar biasa yang bisa dinikmati semua orang," ujar Bill Gates.

Hal menarik lain dari novel ini adalah meski kisahnya fiksi, tetapi lokasinya nyata dan ditulis dengan detail. Hotel Metropol tempat sang count menjadi tahanan rumah juga pernah disinggahi oleh Bill Gates.

Uniknya lagi, novel A Gentleman in Moscow juga menjadi satu-satunya buku bergenre novel yang Bill Gates rekomendasikan untuk musim panas ini. Empat buku lainnya bergenre sejarah, politik, dan kesehatan. Salah satunya adalah Upheaval tulisan Jared Diamond.

Berikut empat buku lain yang masuk daftar rekomendasi Bill Gates untuk musim panas tahun ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buku Rekomendasi Bill Gates Terkini:

Selain novel A Gentleman in Moscow, berikut, daftar buku rekomendasi Bill Gates untuk musim panas ini.

1. Upheaval oleh Jared Diamond

Buku ini menuliskan bagaimana masyarakat bereaksi terhadap krisis, baik itu perang saudara, ancamana eksternal, hingga penyakit.

Meski topik buku ini cukup membuat depresi, Bill Gates mengaku membaca Upheaval membuatnya lebih optimistis terhadap kemampuan manusia untuk menyelesaikan masalah.

2. Nine Pints oleh Rose George

Buku kesehatan ini mengisahkan ke para pembaca tentang darah. Judul buku ini mengacu pada volume darah di tubuh manusia dewasa, yakni sembilan pint.

3. Presidents of War oleh Michael Beschloss

Bill Gates menyebut tertarik kepada Vietnam, sehingga memilih buku ini sebagai rekomendasi karena membahas semua perang yang AS lalui dari tahun 1807 hingga kini.

Namun, buku ini juga membahas perang-perang besar lain yang berkaitan dengan Amerika Serikat, termasuk Perang 1812, Perang Saudara, Perang Dunia, dan Perang Korea. Bill Gates menyebut buku ini pantas dibaca pemimpin negara maupun para penyuka sejarah.

4. The Future of Capitalism oleh Paul Collier

Bill Gates menyebut buku ini memberikan tantangan pikiran dalam caranya membahas kapitalisme. Gates menyebut tidak sepenuhnya setuju dengan solusi yang diberikan penulis meski menyukai analisis di buku ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bill Gates merupakan seorang pebisnis yang sudah dikenal banyak orang di dunia.

    Bill Gates

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • novel