Sukses

BTN Bakal Kelola Dana dan Fasilitasi Kredit Alumni Lemhanas

BTN menjalin kerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) dalam pengelolaan dana dan pemanfaatan jasa layanan perbankan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menjalin kerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) dalam pengelolaan dana dan pemanfaatan jasa layanan perbankan.

Direktur Utama BTN Maryono menjelaskan melihat peran dan fungsi Lemhanas, BTN ingin ikut berpartisipasi dalam memberikan dukungan yang dapat diberikan BTN sebagai perbankan kepada para alumni Lemhanas dalam menjalankan tugasnya.

"Produk dan jasa layanan yang dimiliki BTN dapat dimanfaatkan oleh para alumni IKAL. Termasuk BTN juga dapat memberikan fasilitas kredit kepada mereka," jelas Maryono dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/5/2019).

Maryono menambahkan, ada 3 hal lingkup kerja sama yang disepakati BTN dan IKAL. Pertama pengelolaan dan penatausahaan keuangan serta fasilitas kredit baik secara kelembagaan IKAL maupun kepada seluruh pengurus dan anggota IKAL.

Kedua pemberian fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau kredit lainnya untuk mendukung IKAL dalam program pemberdayaan dan kemitraan dengan masyarakat di sektor UMKM maupun sektor usaha lainnya. Ketiga penyediaan fasilitas kartu keanggotaan bagi seluruh pengurus dan anggota IKAL.

"Tiga hal itu yang menjadi fokus apa yang akan kita kerjasamakan bersama IKAL. Tetapi ini adalah payung sebagai awal kerjasama untuk kemudian dapat dikembangkan kerjasama dalam bentuk lain yang mempunyai tujuan sinergi dan saling menguntungkan," tegas Maryono.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambut Lebaran, BTN Sebar Rp 4,37 Triliun di Ribuan ATM

Sebelumnya, untuk menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1440 H, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan dana sebesar Rp 14,58 triliun untuk periode 11 hari yang dimulai dari tanggal 30 Mei 2019 hingga 9 Juni 2019.

BTN akan mengalokasikan Rp 4,37 triliun atau 30 persen dari persiapan dana tersebut di  2.126  ATM Bank BTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara 70 persen dana yang disiapkan atau sebanyak Rp 10,21 triliun akan dianggarkan untuk kas Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, dan Kantor Kas.

Adapun jumlah kantor cabang BTN termasuk kantor cabang konvensional, syariah , dan payment point syariah dan konvensional sebanyak 3.941 outlet.

“Besaran peningkatan likuiditas di kantor cabang, rata-rata meningkat 1,4 kali dari maksimal likuiditas masing-masing kantor cabang,” kata Direktur Utama Bank BTN, dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (22/5/2019).

Maryono menambahkan BTN tetap memberikan layanan selama cuti besama menjelang dan sesudah Lebaran terhitung mulai tanggal 3 Juni  hingga 9 Juni 2019. Beberapa kantor cabang akan melayani secara terbatas selama libur lebaran tersebut.

Untuk memudahkan transaksi, Maryono mengharapkan masyarakat mengoptimalkan BTN Digital Solutions lewat layanan mobile banking dan internet banking serta aplikasi LinkAja untuk bertransaksi. Ban BTN juga memberikan layanan perbankan dengan Mobil Kas Keliling atau MKK di sejumlah wilayah di Indonesia.

 
3 dari 3 halaman

Layanan Mudik Gratis

Bank BTN mendukung sinergi BUMN untuk melakukan kegiatan sosial dalam rangka BUMN Hadir untuk Negeri. Salah satu program tetap di bulan Ramadan ini adalah mudik dan safari ramadan di sejumlah daerah.

Khusus untuk Mudik Bareng, Bank BTN telah membuka pendaftaran peserta sejak tanggal 1 Mei lalu hingga 30 Mei 2019. Syarat yang diajukan cukup mudah, membuka rekening BTN (untuk keperluan asuransi) dan KTP.

Namun, per 13 mei 2019 sudah terpenuhi kuotanya sebanyak 2.500 peserta. Jumlah peserta mudik bareng BTN tersebut telah meningkat 66 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.500 peserta. 

“Animo pemudik yang mendaftar lewat Bank BTN sangat tinggi, sehingga hanya dalam sepekan kami sudah dapat mencata sekitar 2.500 pemudik, adapun mayoritas pemudik adalah para karyawan atau pekerja dari mitra pengembang properti yang berhubungan baik dengan BTN,” kata Maryono.  

Adapun layanan mudik bareng ini lewat jalur darat dan laut. Untuk jalur darat terbagi 3 jalur, yaitu Solo via jalur Selatan (Jakarta-Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Purwokerto, Kebumen, Yogyakarta, Solo), dan Solo via jalur utara (Jakarta-Cirebon, Tegal, Pekalongan-Semarang-Salatiga-Solo) serta Surabaya via jalur utara (Jakarta-Cirebon-Tegal-Pekalongan, Semarang-Kudus-Pati-Rembang-Tuban-Lamongan-Gresik-Surabaya).

Untuk jalur darat, BTN menyiapkan 40 bus eksekutif berkapasitas masing-masing 38 orang.   Sementara itu untuk jalur laut, BTN menyiapkan 2 kapal yang akan berlayar ke Makassar dan Surabaya. Peserta yang melewati jalur laut sebanyak 1.000 orang. Setiap peserta mudik bareng BTN mendapatkan asuransi perjalanan, kaos, sajadah dan konsumsi selama perjalanan.

Keterlibatan BTN dalam acara mudik bareng sudah berlangsung 8 kali. Mudik bareng rutin diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Bank BTN terhadap masyarakat untuk mudik.

“Bank BTN sudah menggelar acara mudik bareng sebanya 8 kali dalam 8 tahun terakhir, ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial kami sebagai BUMN, kami menilai mudik yang merupakan salah satu budaya masyarakat Indonesia menumbuhkan nilai kebersamaan, kekeluargaan dan bentuk rasa syukur kepada orang tua/keluarga di Hari Raya Idul Fitri sehingga senantiasa kami dukung, ” kata Maryono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.