Sukses

Mantan Bos Telkom Alex Sinaga Akan Duduki Kursi Dirut PLN?

Sofyan Basir resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang berlangsung pada Jumat sore ini memutuskan memberhentikan Alex Sinaga dari posisi Direktur Utama. Posisi Alex digantikan oleh Ririek Adriansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Telkomsel.

Sumber Liputan6.com mengatakan, Alex kemungkinan besar akan mengisi jabatan Direktur Utama PT PLN (Persero). Sebelumnya jabatan tersebut diisi oleh Sofyan Basir. Kabar pergantian tersebut pun sudah bergema di internal PLN.

"Kemungkinan besar dia (Alex Sinaga) yang gantikan," kata sumber tersebut, di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Untuk diketahui, Sofyan Basir resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sofyan Basir diduga menerima janji pemberian fee terkait proyek pembangunan PLTU Riau-1.

Kasus ini muncul setelah KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih saat menerima suap dari pemilik saham Blackgold Natural Resources Ltd Johannes Budisutrisno Kotjo.

Pemberian suap tersebut diduga dalam rangka penunjukan langsung oleh Sofyan Basir kepada perusahaan Johannes Kotjo untuk menggarap proyek pembangkit listrik tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dirut Telkomsel Jadi Dirut Telkom

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat ini. Dua agenda penting dalam RUPST tersebut adalah perombakan dewan direksi dan komisaris serta persetujuan pembagian dividen.

Dalam RUPS yang digelar di Hotel Four Seasons, Jakarta ini, pemegang saham Telkom setuju untuk mengangkat Ririek Adriansyah menjadi direktur utama. Posisi Ririek menggantikan Alex Sinaga yang habis masa jabatannya. 

“Ririek Adriansyah sebelumnya merupakan Direktur Utama Telkomsel sejak Januari 2015,” jelas GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, kepada Liputan6.com, Jumat (24/5/2019).

Selain itu, RUPST Telkom juga mengangkat Rhenald Kasali menjadi komisaris utama menggantikan Hendri Saparini. Rhenald Kasali sebelumnya menjabat sebagai komisaris utama PT Angkasa Pura II (AP II).

Lengkapnya, berikut susunan Dewan Komisaris dan Direksi Telkom yang baru:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Renald Khasali

Komisaris: Edwin Hidayat Abdullah

Komisaris: Isa Rachmatarwata

Komisaris: Ismail

Komisaris: Marcelino Pandin

Komisaris Independen: Marsudi Wahyu Kisworo

Komisaris Independen: Cahyana Ahmadjayadi

Komisaris Independen: Margiyono Darsasumarja

Dewan Direksi

Direktur Utama: Ririek Adriansyah

Direktur: Harry M. Zen

Direktur: Siti Choiriana

Direktur: Zulhelfi Abidin

Direktur: Faizal R. Djoemadi

Direktur: Achmad Sugiarto

Direktur: Edwin Aristiawan

Direktur: Edi Witjara

Direktur: Bogi Witjaksono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.