Ini Dia Kunci Sukses Ala Pengusaha Gary Vaynerchuk

Oleh Fitriana Monica Sari pada 27 Mei 2019, 07:00 WIB
Gary Vaynerchuk. (Hollywood Reporter)

Liputan6.com, Jakarta Entrepreneur, Gary Vaynerchuk, sangat terkenal karena mempunyai perusahaan media berskala besar bernama Vayner Media. Dia juga termasuk salah satu dari beberapa orang yang gemar memberikan tips lewat media, seperti Instagram dan YouTube.

Gary adalah sosok yang senantiasa membantu orang lain, termasuk audience-nya untuk mengubah mindset bahwa menjadi seorang entrepreneur sukses dapat terjadi, meskipun belum memiliki pengalaman apapun di dunia tersebut. Salah satunya adalah bisnis online yang sedang gencar di era modern ini.

Pada mulanya, Gary mengambil alih suatu bisnis anggur milik keluarganya yang mempunyai aset senilai USD 3 juta. Kesuksesannya memperluas bisnis tersebut di dunia online lewat YouTube, mampu meningkatkan aset bisnisnya menjadi senilai USD 60 juta.

Lantas, apa sajakah rahasia Gary Vaynerchuk agar sukses dalam meningkatkan bisnis via media online? Yuk, baca ulasan dari Swara Tunaiku!

1. Konten merupakan Faktor Penting

Tidak sedikit pengusaha yang sudah salah dalam mengambil langkah untuk melebarkan sayap bisnis ke dunia online. Salah satunya adalah karena selalu posting mengenai barang yang dijual kepada para pengguna media online. Perlu diketahui bahwa secara psikologis, seseorang tidak suka ditawari produk secara langsung. Untuk itu, kamu perlu mengubah mindset yang sudah melekat.

Janganlah hanya cukup menjual barang kepada orang lain, tetapi cobalah berpikir seperti suatu perusahaan media yang memberikan manfaat untuk orang lain via online. Manfaat yang demikian ini dapat berupa konten yang kreatif dan bisa mengedukasi banyak orang, seperti video informasi tentang aneka tips yang berkaitan dengan produk yang dijual.

Tak hanya cara tersebut, kamu dapat memberikan konten ringan menarik kepada audience, sehingga menjadikan mereka lebih aktif ketika berinteraksi. Kamu tak perlu terlalu sering mempromosikan barang yang dijual.

2 of 3

2. Gunakan konten-konten yang sudah ada

5 Tips cara berbisnis kreatif di Instagram untuk entrepreneur muda / Image: Unsplash
5 Tips cara berbisnis kreatif di Instagram untuk entrepreneur muda / Image: Unsplash

Membuat konten yang kreatif tentu tidaklah mudah. Gary pernah mengatakan bahwa beliau lebih gemar mendokumentasikan konten yang dibuat, dibandingkan membuat baru. Konten yang bisa dibuat dapat dibagi lagi jadi konten lebih kecil untuk kemudian diunggah di platform lain.

Seperti pesan dalam ceramah motivasi milik Gary yang beredar di YouTube. Ia mampu mengemas ulang ceramah tersebut jadi lebih singkat dengan tambahan editing agar menarik untuk diunggah kembali di Instagram.

Di sela-sela kesibukan bisnis yang kamu kerjakan, modifikasi konten yang sebelumnya sudah ada memang menghemat waktu juga pikiran, dibandingkan membuat konten baru lagi setiap harinya. Kamu bisa lebih efektif dalam mengelola bisnis.

3. Membangun Kepercayaan kepada Audience Terlebih Dahulu

Apabila sudah percaya, customers tidak akan sungkan selalu membeli produk yang kamu jual. Namun, faktanya membangun kepercayaan calon konsumen di awal memang tidaklah mudah. Gary menyarankan kepada setiap pelaku bisnis untuk memberikan sesuai hal bernilai terlebih dahulu kepada audience secara gratis sebelum meminta mereka untuk beli produk yang dijual.

Gary juga tidak berhenti membagikan ilmu yang bermanfaat di media sosial miliknya, sehingga orang tertarik follow Instagram serta subscribe akun YouTube pribadinya. Bayangkan saja, apabila sudah banyak orang mempercayai Gary karena adanya manfaat yang diberikan secara gratis, tentu orang akan memilih produk yang ditawarkannya.

3 of 3

4. Menjadi Orisinal Itu Penting

5 Tips cara berbisnis kreatif di Instagram untuk entrepreneur muda / Image: Unsplash
5 Tips cara berbisnis kreatif di Instagram untuk entrepreneur muda / Image: Unsplash

Sudah banyak perusahaan besar dengan pemiliknya yang terkenal punya gaya berbisnis sehari-hari. Akan tetapi, Gary menegaskan bahwa seorang entrepreneur tidak seharusnya terpengaruh untuk meniru hal yang dilakukan entrepreneur sukses lainnya. Kamu pun harus memahami dirimu dan tetap setia pada apa adanya dirimu.

Menjadi orisinal sangat diperlukan di tengah-tengah persaingan bisnis yang kuat. Hal tersebut tentu menciptakan image atau kesan berbeda dalam dirimu dibandingkan dengan orang lain dalam hal berbisnis.

5. Menghargai Audience

Menjadi influencer terkenal di media sosial tidaklah terlepas dari bantuan audience yang tidak pernah absen mengikuti konten serta memberi komentar di setiap akun media sosial miliknya. Sama halnya dengan Gary, dirinya selalu berusaha membalas setiap komentar yang muncul di akun Instagram semampunya. Respon tersebut akan menjadikan audience lebih dihargai.

Dalam dunia bisnis sekalipun, membalas komentar untuk setiap akun bisnis juga sebaiknya demikian. Perhatikan setiap komentar, saran, dan kritik, pertanyaan, hingga komplain yang masuk, sebagai bentuk pelayanan prima kepada para pelanggan.

Untuk menjadi orang yang sukses di dunia online, khususnya di dunia media, memang memerlukan kerja keras serta pembelajaran seumur hidup. Kiat untuk sukses ala Gary Vaynerchuk bisa jadi pelajaranmu dalam menuju kesuksesan berbisnis. Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓