4 Situs Kuliah Online, Solusi Kuliah Gratis di Universitas Ternama

Oleh Fitriana Monica Sari pada 28 Mei 2019, 04:01 WIB
Diperbarui 28 Mei 2019, 10:13 WIB
Mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak mau melanjutkan pendidikan ke universitas ternama baik itu dalam maupun luar negeri? Hanya saja, keinginan tersebut sering kali terbentur masalah dana.

Namun tenang, sekarang kamu bisa kuliah secara gratis di banyak universitas ternama di dunia hanya berbekal situs tertentu dan jaringan internet.

Apa saja situs yang bisa digunakan? Swara Tunaiku telah merangkumnya, yuk, simak!

1. Open2Study

Salah satu situs kuliah daring yang bisa kamu ikuti adalah Open2Study. Situs ini didirikan oleh pendiri organisasi pendidikan tinggi dari yang memiliki nama Open Universities Australia. Sesuai namanya, maka basis kuliah yang ada di sini adalah Australia. Beberapa universitas ternama yang terlibat, yakni Newcastle Australia dan Flineders University.

Saat mengikuti kuliah di Open2Study, kamu bisa mengambil Univerity Courses yang membuat kamu tak perlu merogoh kocek tinggi untuk menetap di Australia. Kamu juga akan memperoleh sertifikat layaknya sertifikat yang didapat di perkuliahan luring. Di sini, ada juga paket lain yang bisa kamu ambil seperti Free Courses yang sayangnya tidak diberi sertifikat.

2 dari 3 halaman

2. eDX

Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop. Kredit: StartupStockPhotos via Pixabay
Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop

Tak hanya Open2Study saja yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapat kuliah gratis secara daring. Ada juga situs lain seperti eDX yang merupakan penyedia kursus daring yang didirikan oleh Harvard University dan MIT di tahun 2012 lalu. Situs ini memang sangat terkenal dalam perkuliahan sistem daring di dunia.

Di sini, kamu bisa mendapat silabus, rekaman video, kuliah hingga forum diskusi yang dilakukan secara daring. Kamu bisa memilih jenis kursus yang mau diambil dari 1300 jenis kursus yang ada di sini. Perlu kamu tahu bahwa jumlah orang yang mengikuti kursus di situs ini juga tak terbatas.

3. Alison

Jika kamu adalah penggemar perusahaan berbasis teknologi seperti Google dan Microsoft, maka baiknya mulai sekarang kamu harus rajin berkunjung ke Alison. Alison adalah sebuah situs yang menyediakan kursus untuk pembelajaran dan materi-materi yang dipelajari di banyak universitas ternama di dunia.

Bahkan, kamu juga bisa mempelajari dua perusahaan teknologi terbesar yang ada di dunia saat ini yakni Google dan Microsoft. Ada dua tipe materi yang bisa kamu dapatkan bila belajar di situs Alison. Pertama adalah Diploma Courses dan yang kedua adalah Certificate.

Perbedaannya adalah Diploma Courses lebih membahas materi secara dalam sedangkan untuk Certificate tidak. Di situs ini, kamu bisa mengakses lebih dari 750 materi pembelajaran dalam bahasa Inggris yang berasal dari beragam institusi ternama di dunia.

3 dari 3 halaman

4. Future Learn

Memangku Laptop
Ilustrasi Foto Memangku Laptop (iStockphoto)

Terakhir, kamu bisa belajar di situs dari Future Learn. Situs yang satu ini telah berdiri sejak tahun 2012 lalu dan dikelola oleh The Open University.

Ada banyak pilihan kategori yang bisa kamu pilih di sini dan kamu juga bisa memilih partner universitas ternama dari berbagai negara. Misalnya saja dari negara Inggris, New Zealand, Swiss, Irlandia, Australia, Norwegia dan masih banyak lagi.

Kamu bisa belajar dalam berbagai bahasa dan bidang mulai dari sains, sosial, hingga psikologi di sini dan bahkan untuk kamu yang suka dunia robotik, kamu juga bisa menemukannya di sini.

Nah, itulah beberapa situs daring yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa mendapatkan pelajaran dari universitas terkemuka di dunia. Hanya dengan bermodalkan internet dan komputer saja, kamu sudah bisa mendapatkannya.

Lanjutkan Membaca ↓