Sukses

Mau Investasi? Baca 5 Rekomendasi Buku dari Miliarder Warren Buffett

Warren Buffett merekomendasikan para pemula investor untuk membaca buku ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika miliarder Warren Buffett memutuskan memulai karirnya untuk berinvestasi, maka sejak itulah ia membaca 600 bahkan 1.000 lembar buku per harinya.

Miliarder berusia 88 tahun ini memang sangat gemar membaca, bahkan hingga saat ini ia mengaku 80 persen dari waktunya ia habiskan untuk membaca.

"Perhatikanlah, pekerjaan saya ini sebenarnya hanya memeriksa banyak fakta dan informasi, dan setelah itu memutuskan tindakan apa yang harus diambil," ujarnya seperti dilansir dari laman Business Insider.

"Kita tidak melihat dari opini orang lain, kita membutuhkan lebih banyak fakta dan lalu berpikir," tambahnya.

Untuk itulah, Warren Buffett begitu gemar membaca buku setiap harinya. Ia pun merekomendasikan beberapa buku yang bagus untuk dibaca bagi para pengusaha yang ingin memulai berinvestasi. Mau tahu buku apa sajakah itu?

Dilansir dari Business Insider, berikut lima buku yang direkomendasikan miliarder Warren Buffett bagi Anda yang ingin belajar untuk berinvestasi:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. The Intelligent Investor

Buku karangan legendaris Wall Strreeter, Benjamin Graham ini dibaca oleh Buffett ketika ia berusia 19 tahun.

Buffett begitu bersyukur dapat membaca buku ini karena buku inilah yang memberinya gambaran bagaimana cara kerja yang baik untuk berinvestasi.

"Untuk berinvestasi dengan sukses tidak dibutuhkan IQ yang tinggi, wawasan bisnis yang begitu luar biasa, atau informasi lainnya," ujar Buffett.

Baginya untuk memulai bisnis investasi, seseorang hanya membutuhkan kerangka kerja intelektual yang kuat untuk membentuk keputusan dan kemampuan menjaga emosi agar tidak merusak bisnis tersebut. Dengan buku ini lah Buffett menemukan bagaiman cara mengendalikan hal tersebut.

 

3 dari 6 halaman

2 Security Analysis

Buku Benjamin Graham lainnya yang Buffet baca yaitu, "Security Analysis". Buku ini juga menjadi salah satu alasan dibalik suksesnya Buffet dalam berinvestasi selama 57 tahun belakang.

Buffett mengatakan bahwa Graham adalah tokoh yang paling berpengaruh kedua dalam hidupnya setelah ayahnya.

"Benjamin merupakan guru yang luar biasa," jelasnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Common Stocks and Uncommon Profits

Selain Benjamin, Buffett juga merekomendasikan buku lainnya karya Philip Fisher. Meskipun cara pandang Fisher dan Benjamin berbeda, namun miliarder satu ini tetap mengambil semua pemikiran yang baik.

"Saya seorang pembaca yang bersemangat tentang apa pun yang dikatakan Phil, dan saya merekomendasikan buku ini kepada Anda," ujar Buffett.

Buku ini mengajarkan Buffett untuk tidak terpaku pada laporan keuangan saja, para investor juga harus mengevaluasi manajemen perusahaan.

 

5 dari 6 halaman

4. “Stress Test: Reflections on Financial Crises”

Buku mantan sekretaris AS ini bagi Buffett merupakan bacaan wajib dibaca bagi setiap manajer.

Telah banyak buku yang ditulis tentang bagaimana mengelola organisasi melalui masa-masa sulit. Namun, sayangnya tidak ada buku yang menjelaskan bagaimana para pengusaha dan sudut pemerintah untuk melewati masalah tersebut.

 

6 dari 6 halaman

5. “Jack: Straight from the Gut”

Buku ini bagi Buffett merupakan buku yang sangat cerdas, energik dan tidak bertele-tele. Bahkan, pada 2001 Buffett secara langsung mengatakan bahwa ia sangat menykai buku karangan Jack Welch ini.

Buffett menambahkan, buku ini memberikan pelajaran yang begitu beharga bagi para investor melalu sejarah hidup Welch.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.