Sukses

Bulan Ramadan, Ini 4 Trik Atasi Rasa Marah di Tempat Kerja

Berikut empat trik mengatasi rasa marah di tempat kerja

Liputan6.com, Jakarta - Di tempat kerja, tentu saja idealnya setiap karyawan dapat bekerjasama dengan baik. Sayangnya, situasinya tak selalu begitu.

Melansir laman Inc.com, Selasa (20/5/2019), ada saja karyawan yang kehilangan kendali hingga marah dan hal tersebut bisa ikut menyulut emosi Anda. Tapi ingat, terlibat pertengkaran di kantor, hanya akan berdampak buruk bagi karier Anda.

Saat tensi meninggi dan Anda mulai merasa marah pastikan Anda tidak lepas kendali. Berikut empat trik mengatasi rasa marah di tempat kerja:

1. Tarik nafas dalam

Hal pertama yang perlu diingat saat merasa marah di tempat kerja adalah jangan pernah biarkan rekan kerja melihat Anda sebagai orang yang bermasalah. Saat terlibat adu argumen dan suara rekan lain meninggi, bertahanlah untuk tetap diam dengan menarik nafas dalam-dalam.

Pendekatan semacam ini biasanya dapat memicu rekan lain untuk menurunkan volume suaranya. Setelah emosi Anda mereda, berusahalah untuk berbicara dalam keadaan tenang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Cari tempat untuk menyendiri

Saat berada dalam situasi tidak menyenangkan di kantor yang dapat memicu amarah, segera cari tempat untuk menyendiri. Hal ini terbukti efektif untuk meredakan amarah karena Anda menghindari situasi yang membuat Anda meledak-ledak.

3. Segera cari solusi

Demi profesionalisme, kadang ada pentingnya untuk berusaha mendengarkan saran dari orang lain. Saat Anda sedang marah dan tidak bisa berpikir jernih, dengarkan saran dari rekan kerja di kantor.

Meski saran mereka tak seratus persen benar, tapi setidaknya itu dapat sementara meredakan amarah Anda.

3 dari 3 halaman

4. Ingat tujuan bekerja

Jangan pernah lupa tujuan utama Anda datang ke kantor untuk bekerja. Anda mungkin ingin memberikan kinerja terbaik dan tak ingin dipecat dari pekerjaan saat ini.

Saat marah, pastikan Anda tidak lepas kendali yang dapat berakibat buruk bagi karier di kantor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini