Sukses

Canggung di Hari Pertama Kerja? Ini 8 Jurus Jitu Mengatasinya

Delapan hal ini akan bantu Anda singkirkan rasa canggung saat kerja di hari pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang akan merasa canggung di hari pertama mereka bekerja. Hal ini merupakan hal yang wajar. Namun sayangnya karena alasan canggung banyak yang melakukan kesalahan dan mempengaruhi kinerjanya di hari pertamanya.

Seharusnya hal ini tidak perlu terjadi jika Anda tahu cara yang tepat bagaimana mengatasi ini dengan baik. Mau tahu bagaimana caranya?

Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi canggung di hari pertama seperti dilansir dari laman Swara Tunaiku:

1. Bicara Seperlunya Saja

Harap diingat, Anda masih karyawan baru. Untuk itu, hati-hatilah dalam berbicara di hari pertama. Jangan terlalu terbuka tentang diri Anda agar tidak memberi kesan yang aneh.

2. Tetaplah Berada di Sekitar Rekan Kerja

Bicara seperlunya bukan berarti Anda harus menghindari percakapan antar rekan. Hal ini akan membuat Anda semakin canggung untuk bergabung dengan rekan kerja baru. Meskipun berat pada awalnya, namun ini akan lebih baik nantinya dibanding harus menyendiri dan menghindari percakapan antar rekan kerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tibalah di Kantor Tepat Waktu

Jangan sampai membuat kesalahan. Berusahalah untuk datang tepat waktu atau beberapa belas menit sebelum jam kerja. Ini akan membuat Anda terlihat sebagai seorang yang bersungguh-sungguh dalam bekerja dan sangat menghargai waktu. Selain itu, berusahalah jadi orang pertama yang menyapa rekan kerja ini akan mencairkan kecanggungan yang ada.

4. Tahu Apa yang Jadi Prioritas

Belajarlah untuk memilah hal-hal penting dan buatlah daftar prioritas tugas yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu. Meskipun akan terasa sulit pada awalnya, namun ini akan mempermudah ritme kerja Anda ke depannya.

 

3 dari 4 halaman

5. Rajin Bawa Buku Kecil

Jangan lupa untuk selalu membawa buku kecil. Benda ini akan mempermudahkan Anda untuk mencatat hal-hal yang penting dan dikhawatirkan akan terlewat. Setelah hari pertama usai, jangan lupa untuk catat momen-momen penting yang terjadi.

6. Makan Secukupnya saat Diajak Makan Siang Bersama Rekan Kerja

Ingat usahakanlah membuat kesan yang baik di hari pertama. Untuk itu, jika di hari pertama Anda sudah mendapatkan tawaran makan siang bersama maka makanlah dengan porsi yang sewajarnya. Ini akan memberikan kesan jika Anda bukan orang yang rakus.

Meskipun porsi makan Anda besar, usahakanlah untuk menahannya. Jangan lupa untuk memastikan penampilan Anda tetap rapi. Responsiflah ketika diajak bicara, dan tetap murah senyum agar menimbulkan kesan yang ramah.

 

4 dari 4 halaman

7. Tahu Batasan saat Berbicara dengan Atasan

Banyak pekerja di hari pertamanya harus menghadap atasan terlebih dahulu sebelum memulai ataupun sesudah pekerjaannya. Jika mendapatkan kesempatan ini, tentunya atasan akan sedikit berbincang-bincang dengan Anda untuk menanyakan bagaiaman pekerjaan selama hari pertama ini ataupun hal lainnya. Jika ini terjadi, maka jagalah cara berbicara Anda. Mengertilah batasan-batasan yang harus Anda ucapkan saat bersama atasan.

8. Tanyakan Akun Media Sosial Rekan Kerja

Jika Anda ingin memiliki hubungan yang baik antara rekan kerja, maka jangan malu dan ragu untuk meminta akun media sosial yang mereka miliki. Namun ingat, jika rekan kerja Anda keberatan akan hal itu janganlah memaksanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.