Sukses

Mau Mudik Tetap Hemat? Simak 5 Tips Jitu Ini

Lima tips ini akan bantu Anda hemat saat mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa sudah memasuki awal minggu ketiga bulan Ramadan. Tidak heran, jika sudah banyak orang yang mempersiapkan segala keperluannya menjelang hari Lebaran salah satunya 'mudik'. Mudik atau pulang kampung sudah menjadi suatu tradisi yang selalu ada setiap menjelang Lebaran.

Pada saat itu kebanyakan orang yang merantau akan pulang ke kampung halamannya dengan berbagai cara ntah dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Tentunya ini memerlukan uang yang tidak sedikit. Sayangnya, pada saat seperti ini kebanyakan orang malah terkesan begitu 'jor-joran' karena merasa ini hanya terjadi satu tahun sekali.

Ditambah lagi, biasanya harga-harga kebutuhan pokok cenderung naik saat ini. Bahkan termasuk harga tiket untuk mudik. Maka tidak heran, setelah Lebaran banyak orang yang tidak sadar uangnya sudah habis begitu banyak dan tidak memiliki uang cadangan.

Hal ini harusnya tidak terjadi. Anda tetap bisa menghemat pengeluaran saat mudik agar bisa melanjutkan kehidupan setelah Lebaran usai. Mau tahu bagaimana caranya?

Berikut lima tips untuk menghemat pengeluaran saat mudik seperti dilansir dari laman Swara Tunaiku:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cari Tiket dari Jauh Hari

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tiket transportasi mudik harganya akan melambung tinggi pada saat seperti ini dibanding dengan hari-hari biasanya. Untuk itu, Anda disarankan membeli tiket tersebut dari jauh-jauh hari karena kemungkinan besar harganya akan jauh lebih murah.

 

3 dari 6 halaman

2. Pantau Info Promo Tiket di Internet

Anda bisa membeli tiket dari semua situs agen travel di internet untuk mendapatkan potongan atau promo yang dapat memperkecil pengeluaran pada saat itu. Pantau terus situs-situs tersebut, siapa tahu Anda beruntung dan bisa dapat tiket dengan harga miring.

 

4 dari 6 halaman

3. Bawa Bekal Sendiri

Salah satu yang membuat Anda boros saat mudik adalah ketika terlalu banyak berbelanja atau jajan. Untuk itu, lebih baik persiapkan terlebih dahulu bekal makanan sebelum berangkat mudik. Selain lebih hemat dan murah, dengan begini Anda juga bisa menjaga kesehatan karena makanan yang dibawa sudah terjamin kebersihannya.

 

5 dari 6 halaman

4. Ikuti Program Mudik Gratis

Beberapa tahun belakangan ini, sudah banyak instansi yang menyelenggarakan program mudik gratis. Baik dari pemerintah, BUMN ataupun perusahaan-perusahaan swasta yang ada di Indonesia. Jangan malu atau ragu untuk mengikuti program ini, karena ini akan bantu memangkas pengeluaran Anda cukup besar.

 

6 dari 6 halaman

5. Bawa Kendaraan Pribadi

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, maka akan jauh lebih baik dan hemat jika menggunakan kendaraan pribadi saat mudik. Meskipun akan terasa begitu lelah, namun ini benar-benar cara yang ampuh untuk memangkas biaya transportasi Anda saat mudik dan berada di kampung halaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.