Pertamina Gandeng BNI Optimalkan Transaksi Nontunai di SPBU

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 18 Mei 2019, 15:40 WIB
Diperbarui 18 Mei 2019, 15:40 WIB
(Foto: Dok PT Pertamina)
Perbesar
Pertamina gandeng BNI memberikan kemudahan transaksi pembayaran untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina melalui kartu kredit dan debit BNI. (Foto: Dok PT Pertamina)

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina Marketing Operation Region III bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI  memberikan kemudahan transaksi pembayaran untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina melalui Kartu Kredit BNI dan Kartu Debit BNI. 

Dengan menggunakan kartu kredit dan kartu debit BNI dalam transaksi di SPBU, juga diberikan program cashback sampai dengan Rp 100 ribu untuk transaksi di seluruh SPBU Pertamina wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Program cashback ini akan berlaku hingga 30 Juni 2019.      

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Program Promo antara GM Pertamina MOR III Tengku Fernanda dengan Pemimpin Divisi Bisnis Kartu BNI Okki Rushartomo  di Jakarta, Jumat, 17 Mei 2019. 

GM MOR III, Tengku Fernanda menyatakan, kerja sama ini sebagai bentuk dukungan kedua pihak terhadap anjuran Bank Indonesia untuk melaksanakan gerakan nasional non tunai (GNTT) dengan meningkatkan akses transaksi keuangan berbasis cashless society.

"Transaksi non tunai ini selain praktis sekaligus mengurani risiko dibandingkan transaksi tunai, dan diharapkan dapat meningkatkan minat konsumen SPBU Pertamina.  Apalagi pada masa mudik balik Ramadhan Idul Fitri 2019, program kerja sama ini nantinya dilengkapi dengan promo menarik bagi para pemudik," ujar Fernanda. 

Sementara itu, Pemimpin Divisi Bisnis Kartu BNI Okki Rushartomo menuturkan, peluncuran ini sebagai tindak lanjut atas komitmen kerjasama dan sinergi BUMN antara BNI dan Pertamina dengan memberikan program promo menarik untuk para loyal customer Pertamina yang bertransaksi menggunakan kartu BNI

Mulai hari ini, kartu kredit  dan kartu debit BNI termasuk yang berlogo GPN sudah bisa digunakan untuk mendapatkan program promo cashback sampai dengan Rp 100 Ribu.

"Selain program promo tersebut, khusus untuk Pemegang Kartu Kredit BNI-Pertamina akan merasakan manfaat dari kartu tersebut dengan fitur menarik yaitu cashback hingga 3 persen untuk setiap transaksi belanja yang dilakukan di SPBU Pertamina. Cashback tersebut berlaku untuk transaksi pembelian BBM dari di SPBU Pertamina dengan minimum pembelian 200.000 rupiah," ujar Okki.

 

Pertamina Siapkan 112 SPBU Sepanjang Tol Trans Jawa

(Foto: Dok PT Jasa Marga Tbk)
Perbesar
SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa (Foto: Dok PT Jasa Marga Tbk)

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) menyiapkan 112 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sepanjang tol Trans Jawa. Keberadaan stasiun untuk memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) saar arus mudik dan arus balik pada masa Idul Fitri 1440 Hijriyah berjalan dengan lancar.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur Tol Trans Jawa membentang dari Merak hingga Pasuruan. Titik layanan tersebut terdiri dari 44 SPBU.

Sebanyak 25 Mobil Tangki yang dilengkapi flowmeter (Mobile Dipenser) dan 43 Kios Pertamina Siaga. Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motor pengantar BBM (motorist BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM.

“Kami berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan ke masyarakat yang melakukan perjalanan ke Kampung halaman," kata Nicke, di ruas tol Surabaya-Semarang, Sabtu (11/5/2019).

Untuk memberi kenyamanan para pengendara yang melalui jalur tol di wilayah Jawa Timur, Pertamina akan menyiapkan 11 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga di jalur tol sepanjang Surabaya - Solo. Sementara di jalur tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, juga akan disiapkan 7 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga.

 

Di Jawa Tengah

(Foto: Dok PT Jasa Marga Tbk)
Perbesar
SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa (Foto: Dok PT Jasa Marga Tbk)

Sementara untuk memastikan pasokan BBM di Jalur Tol wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyediakan 6 SPBU Reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga baik di jalur mudik maupun arus balik.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan 4 titik Rumah Pertamina Siaga yang tersebar di beberapa lokasi jalur tol di wilayah Jawa Tengah saja.

Direktur Pemasaran Pertamina Mas'ud Khamid mengungkapan, konsumsi BBM di ruas tol akan mulai mengalami kenaikan pada dua minggu sebelum lebaran, seiring dengan bertambahnya masyarakat yang melakukan mudik. Dia pun memastikan, Seluruh SPBU siap sudah siap melayani.

"Sudah ready semua. Bahkan khusus untuk ruas Jawa Timur, kita buka SPBU seluas ini ditambah 7 SPBU sementara," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait