Warren Buffett Miliki Saham Amazon Senilai Rp 13,02 Triliun

Oleh Agustina Melani pada 18 Mei 2019, 10:00 WIB
Ini 10 Daftar Orang Terkaya Dunia Tahun 2017 Versi Forbes

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Warren Buffett mengungkapkan nilai kepemilikan sahamnya di Amazon lebih dari USD 900 juta atau sekitar Rp 13,02 triliun (asumsi kurs Rp 14.466 per dolar Amerika Serikat).

CEO Berkshire Hathaway ini telah lama memuji Amazon dan Jeff Bezos yang merupakan CEO Amazon. Bahkan kekayaan Bezos mampu melewati Buffett pada dua tahun lalu dalam perjalanannya untuk klaim sebagai orang terkaya di dunia.

Buffett mengagumi keterampilan bisnis Bezos, dan kesuksesannya menciptakan tenaga untuk ritel online dan bisnis cloud computingnya.

Ia bergabung dengan Amazon dan JPMorgan Chase untuk mengarap penawaran asuransi untuk karyawan tiga perusahaan yang diyakini banyak orang dapat membentuk kembali industri asuransi kesehatan. Buffett pernah bercanda kalau dia akan mendapatkan infus dari Bezos jika bisa.

Miliarder yang juga investor ini mengeluhkan Berskhire yang lamban membeli saham teknologi, belum mendapatkan untung dari keberhasilannya.

"Kami melewatkannya sepenuhnya, kebetulan," ujar dia kepada investor saat pertemuan Berkshire, seperti dikutip dari laman CNN, Sabtu (18/5/2019).

Ia merinci banyak keberhasilan Bezos. Namun, Berkshire tidak pernah memiliki saham Amazon.

Dalam sebuah wawancara awal bulan ini, Warren Buffett menyebutkan kalau salah satu manajer investasi Berkshire Hathaway telah mengambil alih saham di Amazon, meski tidak mengungkapkan jumlahnya.

Pada keterbukaan informasi Rabu, Berkshire menyatakan memiliki 483.300 saham dengan nilai USD 904 juta.

Adapun kepemilikan saham Berkshire yang mencatatkan performa terbaik di sektor teknologi yaitu saham Apple yang memiliki 250 juta saham. Saham Apple naik 21 persen sepanjang 2019.

Buffett juga terlambat beli saham Apple. Ia pertama kali investasi pada 2016. Meski terlambat masuk beli saham Apple, saham Apple sudah naik 75 persen sejak pertama kali. Ini menunjukkan lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.

 

2 of 4

3 Tips untuk Hidup Luar Biasa ala Miliarder Warren Buffett

Bill Gates dan Warren Buffett
Bill Gates dan Warren Buffett

Semua orang tentu ingin memiliki hidup yang luar biasa dalam segala aspek. Mulai dari memiliki pekerjaan yang hebat, pendapatan tinggi hingga yang paling sederhana yaitu dapat hidup dengan bahagia tanpa adanya gangguan bagaikan seorang miliarder.

Untuk itu, miliarder Warren Buffett membagikan tips bagaimana ia menjalani hidupnya dengan begitu luar biasa. Mau tahu apa saja yang ia lakukan?

Berikut tiga hal yang miliarder Warren Buffett lakukan agar hidupnya menjadi luar biasa dilansir dari laman CNBC:

1. Lakukan Sesuatu yang 'Bodoh'

Kata 'Bodoh' yang dimaksud oleh Buffett yaitu bersedia untuk melupakan kepentingan diri sendiri daripada hal lainnya. Selain itu, Buffett juga mengatakan seseorang harus berani mengabaikan ketakutannya jika ingin memulai sesuatu dan fokuslah pada hal-hal yang akan dimulainya.

 

3 of 4

Selanjutnya

Berapa Biaya untuk Makan Siang Bareng Warren Buffett?
Angka tersebut sukses melampaui pendapatan lelang yang didapat pada tahun sebelumnya.

2. Lakukan Sesuatu yang Kreatif

Kreativitas dapat berarti banyak hal, mulai dari menciptakan sesuatu yang baru atau bahkan merumuskan kembali apa yang sudah ada dengan cara yang berbeda. Buffett berpesan jika ingin memiliki hidup yang luar biasa maka temukan sesuatu yang baru dan berbeda yang sudah ada.

3. Jadilah Orang yang Dermawan

Buffett merupakan salah satu miliarder yang paling dermawan di dunia. Pada tahun 2006, Buffett mengumumkan, ia akan menyumbangkan sebagian besar kekayaannya pada yayasan Bill dan Melinda Gates. Bagi Buffett, menjadi dermawan adalah salah satu kunci besar untuk meraih kesuksesan hidup.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by