Sukses

Lukisan Senja Karya Claude Monet Berhasil Laku Terjual Rp 1,5 Triliun

Lukisan berlatar senja ini dilukis oleh maestro Claude Monet.

Liputan6.com, New York - Karya Claude Monet yang melukiskan lumbung jerami kala senja laku terjual hingga USD 110,7 juta atau Rp 1,5 triliun (USD 1 = Rp 14.452). Lukisan bernama Meules ini adalah bagian dari seri lumbung jerami Monet yang legendaris.

"Tak mengejutkan bahwa bintang dari lelang Sotheby's adalah karya bersinar Monet yakni Meules (1890) dari seri lumbung jeraminya. Gambaran emas ini menangkap saat terakhir matahari terbenam yang mengintip di antara tumpukan jerami," tulis The Art Newspaper.

Sang pelukis, Claude Monet, melukiskan seri ini dalam berbagai latar waktu, cahaya, dan musim. Sotheby's mengklaim karya Monet ini adalah lukisan aliran impresionis paling mahal dalam sejarah.

Apabila mengacu ke daftar lukisan termahal Business Insider, Meules adalah lukisan termahal ke-16 di dunia. Lukisan outdoor lain yang masuk daftar itu adalah Nafea Faa Ipoipo (When Will You Marry?) karya Paul Gauguin.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sotheby's (@sothebys) on

Terakhir lukisan ini dilelang adalah pada 1986. Lukisan ini pertama dibeli oleh Bertha Honore Palmer di tahun 1892,ia adalah istri dari pebisnis Chicago. Untuk pembeli kali ini tidak diketahui jelas identitasnya.

Berdasarkan catatan Sotheby's lukisan termahal Monet sebelumnya adalah Nympheas, lukisan minyak yang menggambarkan kumpulan bunga lili air. Lukisan itu laku USD 43 juta.

Claude Monet lahir pada 14 November 1840 di Prancis. Ia dikenal sebagai perintis aliran impresionisme. Aliran itu sempat disepelekan di masanya sebelum mendapat nilai tinggi di dunia seni.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jual Lukisan Wajah Seleb dari Rubik, Pemuda Ini Bisa Raup Ratusan Juta Rupiah

Modal kreativitas ternyata mampu mengantarkan seniman muda asal Italia, Giovanni Contardi menggapai gerbang kesuksesan. Contardi berhasil menyulap ratusan rubik menjadi potret wajah selebritas ternama dunia dan menjualnya hingga ratusan juta rupiah.

Melansir laman CNBC, salah satu lukisan wajah termahal yang pernah ia jual dibanderol seharga USD 29 ribu atau Rp 412,3 juta. Sementara potret pertama yang dijual Contardi adalah potret Amy Winehouse seharga USD 5.000. 

"Semuanya terbuat dari kubus-kubus rubik, menggunakan bingkai buatan sendiri. Tentu saja membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan setiap karyanya," terang Contardi.

Pemuda berusia 24 tahun ini membutuhkan sedikitnya tiga hingga empat minggu untuk menyelesaikan setiap potret. Kebanyakan waktunya habis untuk memetakan desain pola yang menggunakan enam warna di rubik.

Banyak potret yang telah dihasilkan termasuk potret LeBron James, Rihanna, dan Justin Timberlake. Dia membuat lukisan berdasarkan foto-foto selebriti yang tersebar di internet.

"Saya memiliki renjana tersendiri untuk ekspresi wajah dan selalu menantang diri saya dengan ekspresi wajah yang berbeda. Lebih ke bagaimana saya bisa membuatnya tampak nyata dengan kubus dari rubik," tuturnya.

Setelah desain utama berhasil dibuat, maka dia mulai memetakan desain rubik ke bingkai. Butuh hanya sekitar dua jam untuk mendapatkan potret utuh dari ratusan kubik. Namun ia membutuhkan banyak waktu untuk mengubah-ubah warna rubik hingga menemukan pola yang tepat sesuai dengan desain utama.

3 dari 3 halaman

Bercerai, Miliarder Ini Berebut Barang Koleksi Rp 10 Triliun

Seorang miliarder Harry Macklowe dan istrinya Linda menghebohkan dunia seni karena koleksi lukisan mewah menjadi bagian prosesi perceraian mereka. Total nilai kolesi lukisan mereka ditaksir melebihi USD 700 juta.

Dilansir dari Bloomberg, keduanya mulai mengoleksi barang seni sejak menikah pada 1959. Karya Pablo Picasso, Mark Rothko, dan Andy Warhol termasuk dalam koleksi mereka.

Salah satunya adalah lukisan Nine Marilyns yang menggambarkan wajah Marilyn Monroe pada sembilan negatif film. Harga satu lukisan ini saja diperkirakan USD 50 juta.

Lukisan lain yang mereka miliki adalah Sixteen Jackies, juga karya Warhol, serta lukisan abstrak Mark Rothko yakni No.7 dan Untitled tahun 1960 yang keduanya seharga USD 100 juta.

Namun, sang miliarder dan istrinya juga tidak satu suara dalam perhitungan nilai koleksi mereka. Pihak sang suami menyebut USD 788 juta dan pihak istri berkata USD 625 juta.

Pihak pengadilan telah memerintahkan agar barang koleksi itu dijual untuk menyelesaikan antara pasangan tersebut. Kemungkinan, mereka akan berkolaborasi dengan Sotheby's dan Phillips untuk pelelangan.

Perceraian (Divorce) terkenal sebagai satu dari tiga D yang menyebabkan barang seni masuk pelelangan. Dua D lainnya adalah Death dan Debt. Harry Macklowe merupakan miliarder di bidang developer, sementara pasangannya aktif sebagai trustee di Metropolitan Museum of Art (Met) di New York.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.