Sukses

Indef: Perang Dagang Jadi Penyebab Defisit Terparah Sepanjang Sejarah

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada April 2019 mengalami defisit sebesar USD 2,50 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada April 2019 mengalami defisit sebesar USD 2,50 miliar.

Itu dipicu oleh faktor defisit sektor migas sebesar USD 1,49 miliar, dan non-migas senilai 1,01 miliar.

Defisit neraca perdagangan tersebut merupakan yang terparah sepanjang sejarah, melampaui perolehan pada Juli 2013 lalu yang sebesar USD 2,33 miliar.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira menilai, penyebab melebarnya defisit perdagangan pada April utamanya disebabkan oleh faktor perang dagang (trade war) antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Perang dagang yang membuat pertumbuhan ekonomi global melambat dikatakannya turut berpengaruh pada permintaan bahan baku dan barang stengah jadi dari Indonesia.

"Dalam rantai pasok global posisi Indonesia juga terimbas oleh perang dagang AS-China. Ekspor ke AS dan China bulan April masing-masing turun 5 persen dan 10 persen secara tahunan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (16/5/2019).

Dia menambahkan, perang dagang juga membuat harga komoditas unggulan masih rendah seperti harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO), karet dan batubara, sehingga berdampak signifikan terhadap turunnya kinerja ekspor.

Di sisi lain, ia melanjutkan, negara-negara yang terlibat dalam perang dagang turut mengalihkan impor produksinya ke Indonesia.

Hal itu terlihat dari impor barang konsumsi sepanjang April yang meningkat 24 persen dibanding bulan sebelumnya. 

"Impor spesifik asal China tumbuh 22 persen secara tahunan. Kita makin bergantung pada barang dari impor untuk memenuhi kebutuhan khususnya jelang Ramadan dan Lebaran," ungkapnya.

"Pengaruhnya kinerja net ekspor pada kuartal II diperkirakan masih tumbuh negatif. Ekonomi sepanjang tahun akan terimbas pelemahan net ekspor. Outlook ekonomi 2019 hanya tumbuh 5 persen," dia menambahkan.

Bhima juga menyatakan, dampak perang dagang ke stabilitas jangka pendek tercermin dari pelemahan kurs rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Investor mengantisipasi memburuknya perang dagang dengan memindahkan aset berisiko tinggi ke aset rendah risiko. 

"Ini terlihat dari kenaikan yen Jepang terhadap dolar sebesar 2,26 persen, dan kenaikan dolar index 0,38 persen sebulan terakhir (RTI). Rupiah diperkirakan menyentuh level psikologis baru di Rp 14.700. Sementara IHSG di 5.800-5.900 hingga akhir kuartal II 2019," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Neraca Dagang April Defisit USD 2,5 Miliar

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada April 2019 sebesar USD 2,50 miliar. Defisit dipicu defisit sektor migas dan non migas masing masing sebesar USD 1,49 miliar dan USD 1,01 miliar.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, defisit pada April tersebut merupakan terbesar sejak Juli 2013. Defisit yang hampir sama pernah terjadi pada Juli 2013 sebesar USD 2,33 miliar.

"Menurut data kami, yang sekarang ada, itu terbesar di Juli 2013 sekitar USD 2,33 miliar. Lalu April ini, sebesar USD 2,50 miliar," ujar Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.

Adapun pada April ekspor Indonesia naik sebesar 10,8 persen menjadi USD 12,6 miliar sedangkan impor naik lebih tajam sekitar 12,25 persen menjadi USD 15,1 miliar jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Penyebab defisit neraca perdagangan tersebut utamanya, disebabkan oleh defisit migas sebesar 2,76 miliar. Sedangkan non migas mengalami surplus sebesar USD 0,2 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.