Sukses

Selama Puasa, Harga Bawang Putih Turun hingga 50 Persen

Sedangkan untuk komoditas sayur lain seperti bawang merah, cabai merah keriting hingga tomat buah harganya cenderung tak berubah.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak masuk bulan puasa Ramadan 1440 H hingga awal pekan ini, harga bawang putih dan beberapa komoditas sayuran lain di pasar tradisional terus mengalami penurunan.

Seperti yang diungkapkan Dita (27), salah seorang pedagang sayur di Pasar Kwitang Dalam, Jakarta. Dia mengatakan, harga bawang putih sudah terpotong 50 persen pada bulan suci ini.

"Bawang putih udah mulai turun sejak awal puasa. Bawang putih bulat tadinya bisa sampai Rp 100 ribu per kg, yang cutting Rp 120 ribu per kg. Kalau sekarang yang bulat Rp 55 ribu per kg, cutting Rp 60 ribu per kg," tutur dia kepada Liputan6.com, Senin (13/5/2019).

Adapun sebelumnya, ia mengatakan, harga bawang putih bisa melonjak lantaran nihilnya stok di pasar induk. "Barangnya tadinya kosong. Saya biasa dapat di Pasar Senen, itu kosong," sambungnya.

Seorang pedagang sayuran lain di pasar yang sama bahkan menurunkan harga bawang putih lebih rendah. Junaedi (29) menyatakan, ia telah menurunkan harga jualnya sejak sebelum puasa.

"Kalau yang bawang putih bulat Rp 40 ribu (per kg), bawang putih cutting Rp 50 ribu (per kg). Tadinya bisa Rp 90 ribu (per kg). Harga udah segini dari sebelum puasa," ujar dia.

Selain bawang putih, beberapa produk sayuran lain yang secara harga juga terpangkas yakni lain cabai rawit. Dita dan Junaedi kompak menawarkannya Rp 40 ribu per kg sejak sekitar 3-4 hari lalu, turun dari harga semula Rp 55 ribu per kg.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komoditas Lain

Sedangkan untuk komoditas sayur lain seperti bawang merah, cabai merah keriting hingga tomat buah harganya cenderung tak berubah. Dita menawarkan bawang merah dan cabai merah keriting Rp 40 ribu per kg, serta tomat buah Rp 15 ribu per kg.

Sementara Junaedi menjajakan bawang merah yang dijualnya pada angka Rp 35 ribu per kg, cabai merah keriting Rp 40 ribu per kg, dan tomat buah Rp 14 ribu per kg.

Di lain sisi, harga komoditas sayur yang mulai cenderung stabil ini rupanya tak diikuti satu produk lain, yakni cabai rawit hijau. Hal tersebut disampaikan Dita, yang menyebut harga cabai rawit hijau yang dijualnya kini naik.

"Cabai rawit hijau yang biasanya stabil sekarang naik. Biasa Rp 35 ribu per kg, sekarang Rp 60 ribu per kg. Soalnya yang sekarang jenisnya beda sih, jadi lebih mahal," tukas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.