Hati-Hati, 8 Pekerjaan ini Berisiko bagi Kesehatan Pekerja

Oleh Fitriana Monica Sari pada 13 Mei 2019, 06:00 WIB
Ilustrasi Kesehatan Jantung

Liputan6.com, Jakarta Punya pekerjaan yang sesuai dengan minat merupakan impian banyak orang. Bekerja akan lebih nyaman dan menyenangkan, apalagi jika diimbangi dengan sejumlah penghasilan yang sesuai harapan.

Namun pada dasarnya, setiap pekerjaan tentu akan ada risikonya. Beberapa pekerjaan bahkan bisa saja memiliki risiko yang cukup besar atau bisa memberi dampak kesehatan yang buruk bagi pekerjanya.

Hal ini mungkin cukup mengejutkan, terutama untuk jenis pekerjaan yang pada dasarnya terlihat menarik dan cukup diminati. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa jenis pekerjaan yang berisiko pada kesehatan pekerjanya.

1. Kerja Sebagai Pemadam Kebakaran

Atrium Senen Terbakar, 20 Pemadam Dikerahkan
Ilustrasi kebakaran.

Pekerjaan mulia yang satu ini memang memiliki risiko yang sangat tinggi, baik itu untuk kesehatan atau bahkan keselamatan pekerjanya. Inilah salah satu alasan mengapa para pekerja pemadam kebakaran harus melalui serangkaian pelatihan yang terbilang berat.

Dalam berbagai kasus kebakaran, sejumlah material bisa saja terbakar, termasuk jenis zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan jiwa manusia. Hal-hal seperti inilah yang harus dihadapi oleh petugas pemadam kebakaran di dalam menjalankan tugas mereka.

Bukan hanya itu saja, petugas pemadam kebakaran juga berisiko tertimpa reruntuhan atau bahkan terjebak di dalam kobaran api ketika menjalankan tugas mereka.

2 of 8

2. Sebagai Pekerja Tambang

Ilustrasi Pekerja Tambang 3 (Liputan6.com/M.Iqbal)
Ilustrasi Pekerja Tambang 3 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Tak ada pekerja tambang yang menjalankan tugas mereka di kantor nyaman dan ber-AC, sehingga mereka bisa bekerja dengan aman. Sebaliknya, pekerja tambang bekerja di area pertambangan yang dipenuhi dengan berbagai material dan zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan.

Paparan radiasi serta berbagai zat-zat yang ditemukan selama proses penambangan ini bisa saja membuat kualitas kesehatan menurun secara siginifikan. Sebab paru-paru dan organ tubuh mereka bekerja dengan sangat keras sepanjang waktu.

Bukan hanya itu saja, keselamatan jiwa pekerja tambang juga sangat rentan. Sebab lokasi tambang yang berada jauh di bawah permukaan tanah bisa saja memiliki kandungan oksigen sangat rendah dan sewaktu-waktu bisa runtuh menimpa mereka.

3 of 8

3. Kerja Sebagai Petugas Imigrasi

Operasi Imigrasi Temukan Izin 45 TKA Tiongkok Kedaluarsa
Para pekerja tambang batu bara sistem pengeboran bawah tanah atau Underground diperiksa petugas Imigrasi terkait kelengkapan dokumen keimigrasian di lokasi tambang (LIputan6.com/Yuliardi Hardjo)
  1. Petugas imigrasi akan bekerja dan melakukan pengecekan terhadap ratusan atau bahkan ribuan orang asing sepanjang minggu. Hal ini berisiko membuat mereka terpapar virus dan juga gangguan kesehatan lainnya.

Selain itu, proses pemeriksaan seperti ini juga bisa saja membuat petugas imigrasi menjadi orang pertama yang terpapar virus dari orang-orang yang diperiksa olehnya.

4 of 8

4. Bekerja Sebagai Pilot

Ilustrasi pilot
Ilustrasi pilot. (iStock)

Pilot memang jadi salah satu pekerjaan impian banyak orang. Tapi siapa sangka jika seorang pilot memiliki risiko kesehatan yang cukup berbahaya.

Kondisi pekerjaan yang harus dilakukan dengan duduk seharian serta konsentrasi yang tinggi membuat pilot rentan pada berbagai gangguan kesehatan sekaligus, seperti: cedera punggung, otak, leher, bahu, dan yang lainnya.

Perjalanan ke berbagai negara sepanjang waktu juga bisa saja memberi dampak risiko terpapar virus dan gangguan kesehatan lainnya. Bukan hanya itu saja, risiko kematian akibat kecelakaan juga tentu menjadi hal lainnya yang sangat rentan terjadi, bukan?

5 of 8

5. Berprofesi Sebagai Dokter Gigi

Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)
Ilustrasi dokter gigi (iStockphoto)

Pekerjaan dokter gigi akan memberikan kesempatan yang tinggi terhadap paparan virus yang berasal dari pasien-pasien yang ditanganinya. Proses pemeriksaan dan penanganan pasien memungkinkan dokter gigi terpapar berbagai virus yang berbahaya sekaligus, seperti: herpes, flu, dan lainnya.

Kondisi ini tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan, mengingat sepanjang hari seorang dokter gigi bisa saja menangani puluhan hingga ratusan pasien yang berbeda.

6 of 8

6. Bekerja Sebagai Tim SAR

Perjuangan Tim SAR Mencari Korban Longsor Sukabumi
Polisi dan warga sekitar mencari korban musibah tanah longsor di Dusun Cimapag, Sirnaresmi, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (1/1). Sebanyak 38 warga belum ditemukan dan masih dalam proses pencarian. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Tingkat kesulitan kerja yang sangat tinggi menjadi salah satu tantangan bagi para pekerja Tim SAR. Lokasi yang sulit dijangkau, penanganan yang rumit, waktu kerja yang panjang dan melelahkan merupakan berbagai hal berbahaya yang harus mereka hadapi sepanjang waktu.

Pekerja Tim SAR juga harus siap dengan jadwal kerja penuh sepanjang minggu, bahkan lokasi kerja yang berpindah-pindah sepanjang waktu. Bukan hanya itu saja, berbagai bencana dan kecelakaan sangat mungkin membutuhkan penanganan yang panjang (berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu).

Di mana petugas Tim SAR sangat mungkin terpapar berbagai zat dan virus yang berhaya bagi kesehatan. Hal ini bahkan akan semakin buruk ketika Tim SAR harus menangani korban yang terluka atau bahkan sudah meninggal cukup lama dan berisiko menyebarkan virus dan penyakit.

7 of 8

7. Berprofesi Sebagai Dokter Hewan

Eva Harimau Sumatera di Tempat Penampungan Sementara
Dokter hewan yang juga aktivis ASTI memeriksa Eva Harimau Sumatera di tempat Pusat Transit Satwa Gadog ASTI Bogor, Senin (11/3). Eva yang berumur 8 tahun ini sudah 7 tahun tinggal di tempat penangkaran sementara. (merdeka.com/arie basuki)

Bekerja menangani berbagai jenis hewan, dokter hewan memang sangat rentan dengan paparan berbagai infeksi virus dan penyakit lainnya. Hal ini bahkan akan semakin memburuk jika seorang dokter hewan harus bertugas di lapangan atau bahkan alam bebas yang dihuni dengan berbagai jenis hewan liar yang belum pernah ditangani secara medis.

8 of 8

8. Pekerja di Laboratorium Nuklir

Ilustrasi Lipsus Nuklir
Ilustrasi Lipsus Nuklir

Pekerjaan di bidang nuklir juga menjadi salah satu yang paling berbahaya, baik itu untuk kesehatan ataupun keselamatan pekerjanya. Paparan radiasi nuklir yang terdapat di laboratorium tempat para ahli nuklir bekerja menjadi area yang sangat berbahaya.

Sebab bisa memicu terjadinya berbagai penyakit mengerikan, seperti: kanker, kelainan reproduksi, kardiovaskuler, imunitas, bahkan mutasi gen yang menakutkan.

Pertimbangkan Risikonya Ketika Memilih Pekerjaan

Berbagai jenis pekerjaan dengan risikonya, termasuk risiko kesehatan yang tinggi pada umumnya menawarkan gaji yang terbilang besar. Tentu wajar saja, mengingat pekerjaan-pekerjaan seperti ini bisa menimbulkan masalah kesehatan atau bahkan keselamatan jiwa. Pastikan untuk selalu mempertimbangkan berbagai risiko yang ada dengan baik, sebelum akhirnya memilih pekerjaan.

Lanjutkan Membaca ↓