Sukses

Deretan E-Commerce Favorit Orang Indonesia , Apa Saja?

Dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 269 juta jiwa, Indonesia memang menjadi pangsa pasar terbesar di Asia Tenggara bagi pemain e-commerce.

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan industri e-commerce nasional semakin kompetitif. Masing-masing platform belanja online berlomba-lomba memberikan berbagai promo menarik serta inovasi yang memanjakan penggunanya di Indonesia.

Dengan kompetisi ini, seperti apa persaingan di industri tersebut saat ini?

Dikutip dari data kuartal I 2019 iPrice yang merupakan situs perbandingan harga produk-produk di online marketplace, memperlihatkan platform belanja online lokal masih merajai pasar Indonesia.

Dalam data tersebut, Tokopedia meraih posisi teratas sebagai platform belanja online dengan jumlah pengunjung aktif bulanan tertinggi, disusul dua pesaing terbesarnya Shopee dan Bukalapak, masing-masing di posisi ke-2 dan ke-3.

"Yang tidak kalah menarik, di Asia Tenggara Tokopedia adalah satu-satunya aplikasi mobile e-commerce yang paling aktif digunakan di negara asalnya. Sebagai gambaran, Shopee berada di posisi ke-2 di negara asalnya Singapura, sementara di Tiki.vn berada di posisi ke-3 di negara asalnya Vietnam," seperti dikutip laporan iPrice berjudul The Biggest E-Commerce Website and Apps in Indonesia.

Dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 269 juta jiwa dan tingginya adopsi telepon pintar, Indonesia memang menjadi pangsa pasar terbesar di Asia Tenggara bagi pemain e-commerce.

Lebih lanjut, laporan State of Internet di kuartal I 2017 dari Akamai menyatakan, Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan adopsi digital tertinggi di dunia, mengalahkan India dan China. Hal ini menjadi peluang besar bagi pemimpin pasar di Indonesia untuk turut memiliki posisi strategis di industri e-commerce dalam skala regional.

"Tahun lalu, Tokopedia menjadi platform e-commerce paling banyak dikunjungi ketiga di Asia Tenggara meskipun hanya tersedia di satu negara, dengan rata-rata 125 juta pengunjung pada tahun 2018," tutup laporan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar E-Commerce yang Paling Banyak Dikunjungi

Berikut daftar platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi konsumen Indonesia di kuartal I 2019:

1. Tokopedia‎

2. Shopee

3. Bukalapak

4. ‎Lazada

5. JD.id

6. Blibli

7. ‎Zalora

8. Aliexpress

9. Zilingo Shopping

10. Amazon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.