Sukses

BBM Satu Harga Kini Hadir di Ayamaru Utara Papua

Kehadiran penyalur BBM satu harga ini adalah salah satu bukti betapa besarnya perhatian pemerintah terhadap masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Penyalur ke-133 Program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga kini hadir di Kampung Yukase Distrik Ayamaru Utara, Kabupaten Maybrat, Propinsi Papua Barat.

Penyalur BBM Satu Harga di Ayamaru Utara ini merupakan Penyalur BBM Satu Harga kedua yang diresmikan di Kabupaten Maybrat setelah sebelumnya telah diresmikan satu Penyalur di Kampung Kambuaya, Distrik Kayamaru Timur pada tahun 2018 silam.

Keberadaan penyalur ini diresmikan langsung Komite BPH Migas, M Ibnu Fajar. Turut hadir pula pada acara peresmian ini antara lain, Wakil Bupati Maybrat, Paskalis Kocu, serta Manager Retail Marketing Region VIII PT. Pertamina (Persero), Fanda Chrismianto.

SPBU 86.98416 yang melayani masyarakat dengan jenis BBM Premium dan Solar ini mendapatkan pasokan BBM dari TBBM Sorong yang berjarak kurang lebih 173 kilometer (km) dengan sekali pengiriman memerlukan waktu sekitar 3 jam.

Komite BPH Migas, M Ibnu Fajar mengatakan kehadiran penyalur BBM satu harga ini adalah salah satu bukti betapa besarnya perhatian pemerintah terhadap masyarakat.

"Semoga dengan hadirnya Penyalur BBM Satu Harga ini dapat memberikan banyak berkah bagi masyarakat dengan selaras dengan perkembangan ekonomi dan perkembangan kehidupan yang lebih baik lagi," kata dia.

Dia pun menyampaikan bahwa pemerintah tentu akan terus berupaya agar masyarakat dapat menikmati energi yang berkeadilan.

Manager Retail MOR VIII PT Pertamina (Persero), Fanda Chrismianto mengatakan realisasi program BBM Satu Harga sampai dengan saat ini sebanyak 133 lokasi, 30 lokasi diantaranya berada di wilayah tanah Papua dan Papua Barat.

"Kami berharap agar semua pihak turut menjaga lembaga penyalur ini agar berjalan dengan baik dan dengan semestinya," tambah dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Sementara Wakil Bupati Maybrat, Paskalis Pocu mengatakan pihaknya mengapresiasi kehadiran penyalur BBM satu harga. Kehadiran penyalur BBM satu harga bakal diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Maybrat sangat mengapresiasi akan hadirnya Penyalur ini, kami targetkan penyalur ini adalah untuk sebesar besarnya kebutuhan masyarakat," ungkapnya.

"Tidak untuk industri, tidak diperkenankan untuk menaikan harga semaunya, harus satu harga sama seperti tema peresmian kita hari ini," tandasnya.

Sebagai informasi, sebelum hadirnya Penyalur BBM Satu Harga di Ayamaru Utara ini, masyarakat sekitar harus mengeluarkan uang sejumlah Rp 10.000 per liter BBM untuk dapat memenuhi kebutuhannya, namun sekarang masyarakat dapat membeli BBM dengan harga yang jauh lebih murah yaitu Rp 6.450 per liter Premium dan Rp 5.150 per liter Solar.

Selain peresmian di Ayamaru Utara, dihari yang sama juga telah diresmikan langsung oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan satu Penyalur BBM Satu Harga (SPBU 55.86514) ke-132 di Kelurahan Mandiswa, Kecamatan Pocoranaka, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT.

3 dari 3 halaman

Pemerintah Bakal Bangun 8 Lembaga Penyalur BBM Satu Harga di NTT

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan, delapan lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga atau BBM satu harga akan dibantu tahun ini di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jonan mengatakan, dari target pembangunan lembaga penyalur BBM satu harga di NTT sebanyak 16 titik, sampai saat ini yang sudah beroperasi ada delapan titik.

Dengan rincian ‎dua penyalur telah dibangun pada 2017, lima penyalur pada 2018 dan satu penyalur beroperasi pada pertengahan 2019.

"Delapan penyalur sudah beroperasi, sisanya delapan akan dibangun," kata Jonan, saat meresmikan lembaga pnyalur‎ BBM satu harga, di Poco Ranaka, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (10/5/2019).

Pembangunan delapan lembaga penyalur BBM Satu Harga di NTT yang tersebar di Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Kecamatan Kodi Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende.

Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembatan Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Kecamatan Alor Timur Laut, Kabupaten Alor, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat; dan Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Dari 2017 hingga 2019 dibangun 170 Penyalur BBM satu harga. Pada 2017 telah terbangun 57 Penyalur, dengan rincian 54 Penyalur oleh PT Pertamina (Persero) dan tiga Penyalur oleh PT AKR Corporindo Tbk.

Sementara, pada  2018 telah dibangun 74 lembaga penyalur, dengan rincian 68 penyalur oleh PT Pertamina (Persero) dan 6 penyalur oleh PT AKR Corporindo, Tbk. 

Pada  2019, akan dibangun 39 lembaga penyalur BBM Satu Harga, terdiri dari 38 Lembaga Penyalur oleh PT Pertamina (Persero) dan satu Lembaga Penyalur oleh PT AKR Corporindo Tbk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.