Sukses

Harga Daging Sapi Cenderung Turun di Awal Puasa

Seperti dengan daging sapi dan ayam, para penjual telur mengaku jika saat ini harga telur ayam sedikit menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Senin lalu merupakan awal puasa yang biasanya akan mendorong kenaikan harga bahan pangan seperti daging ayam dan daging sapi. Kenaikan ini terjadi karena meningkatnya permintaan.

Namun, pada awal puasa di 2019 ini, para pedagang daging ayam dan sapi mengaku bahwa harga komoditas yang mereka jual cukup stabil. Bahkan beberapa pedagang mengaku harga mengalami penurunan sejak tiga hari lalu.

Salah satunya Robi yang merupakan pedagang dagng sapi yang ada di Pasar Pondok Gede, Bekasi. Menurutnya, saat ini harga daging di warung miliknya sudah menurun dan berada di kisaran Rp 110 ribu per kilogram (kg). Sebelumnya harga daging di toko miliknya mencapai Rp 120 ribu per kg.

“Harga daging sudah turun dan sekarang cenderung stabil kayaknya sampai pertengahan puasa,” ujarnya kepada Liputan6.com di Bekasi, Jumat (10/5/2019).

Meskipun sudah menurun dan cenderung stabil, namun ia mengaku jika penjualannya tidak seramai saat hari pertama puasa. “Sekarang mulai sepi, paling nanti ramainya H-7 Lebaran,” tambahnya.

Sementara harga daging di beberapa penjual daging sapi yang ada di pasar tersebut mengaku masih stabil di kisaran Rp 120 ribu per kg. “Sekarang masih stabil di Rp 120 ribu per kg,” kata Ade, pedagang di Pasar Pondok Gede.

Menurutnya harga ini akan terus stabil hingga menjelang H-3 Lebaran. Sama halnya dengan Rovi, Ade mengatakan jika penjualannya saat ini tidak seramai hari pertama puasa. “Paling rame nanti mba pas mau lebaran h-7 atau h-3,” imbuhnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daging Ayam

Tidak hanya daging sapi saja, harga harga daging ayam terpantau masih stabil atau hanya mengalami kenaikan tipis di kisaran Rp 55 ribu per ekor yang biasanya hanya Rp 50 ribu per ekor untuk ayam berukuran besar. Sementara ayam berukuran sedang saat ini dibandrol seharaga Rp 32 ribu per ekor, sebelumnya Rp 30 ribu per ekor.

Namun sama seperti daging sapi, penjualan daging ayam juga mengalami penurunan dan tidak seramai saat hari perrama puasa.

“Penjualan kembali lesu mba ngga seramai pas puasa pertama,” ujar Tardi salah satu penjual daging ayam yang ditemui Liputan6.com.

Berbeda dengan daging ayam, para penjual telur mengaku jika saat ini harga telur ayam sudah sedikit menurun. “Sekarang sudah kembali Rp 24 ribu per kg, sebelumnya kan bisa Rp 25 ribu per kg,” ungkap Ipin.

Namun para pedagang memprediksikan jika harga telur akan naik mendekati hari lebaran, karena keterbatasan stok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.