Sukses

5 Jurus Reguk Untung Besar dari Bisnis di Bulan Ramadan

Lakukan hal berikut agar Anda bisa menikmati peningkatan keuntungan.

Liputan6.com, Jakarta - Berpikir kreatif dan terus berinovasi adalah kunci penting untuk menyukseskan bisnis yang dikelola. Di tengah ketatnya persaingan di dunia bisnis, Anda diwajibkan untuk selalu berpikiran kreatif dan lebih maju ketimbang para kompetitor bisnis Anda.

Hal ini tentu bertujuan agar usaha yang Anda kelola mampu memberikan daya tarik yang lebih nyata guna memikat konsumen di bisnis Anda.

Dengan meningkatnya daya tarik konsumen pada bisnis Anda, hal ini tentu akan berbanding lurus dengan meningkatnya keuntungan yang dapat Anda terima.

Dalam beberapa momen tertentu, seperti saat perayaan hari nasional maupun hari keagamaan, Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Agar dapat menarik konsumen sebanyak mungkin, Anda perlu memberikan penawaran yang selaras dengan momen yang sedang dirayakan.

Menyambut datangnya bulan suci Ramadan, momen ini dapat Anda manfaatkan untuk dapat meraih untung lebih dari bisnis yang Anda kelola. Untuk itu, lakukan hal berikut agar Anda bisa menikmati peningkatan keuntungan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pahami Prospek Bisnis Anda

Jika bisnis yang Anda kelola berada di bidang penjualan produk atau jasa, pahami dengan baik kebutuhan calon customer Anda. Di bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang bisa mengubah rutinitas sehari-hari dibanding pada bulan biasanya dan mungkin akan membutuhkan penawaran dari bisnis Anda.

Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis katering sehat di kota besar. Anda tentu harus merubah jadwal memasak dan pengiriman makanan kepada pelanggan Anda di bulan Ramadhan.

Anda juga perlu memikirkan calon customer yang mungkin hanya muncul pada perayaan bulan Ramadan saja. Banyaknya kegiatan seperti buka bersama dan sahur on the road yang dilakukan oleh masyarakat membuka peluang Anda untuk meraup untung lebih di bulan Ramadan.

Adapun para wisatawan yang sedang berlibur ke kota tempat bisnis Anda berada dapat memberikan prospek tambahan dibidang bisnis Anda. Tentu Anda perlu membuat promosi bisnis dengan menggandeng beberapa orang yang memiliki pengaruh signifikan pada produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Anda dapat menggunakan influencer, seperti food blogger, jasa travel luar kota, maupun para owner tempat kumpul kekinian sebagai sarana promosi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buatlah Rencana Bisnis dengan Dasar Tujuan

Saat Anda membuat rencana promosi pada bisnis Anda, pastikan juga untuk memasukkan tujuan yang ingin diraih. Rencana bisnis yang Anda buat pada momen Ramadan hendaknya tidak melulu tentang mendapatkan keuntungan jangka pendek saja, namun juga keuntungan jangka panjang.

Sebagai contoh ketika Anda berencana membuat menu baru, seperti es buah dan es campur di bulan Ramadan. Saat akan menawarkan produk tersebut ke konsumen, Anda dapat melakukan survey terlebih dahulu dengan menanyakan tentang daya tarik produk tersebut kepada orang terdekat.

Anda dapat menanyakan pada teman dan tetangga Anda tentang kesesuaian harga dengan porsi maupun rasa dari produk tersebut. Setelah melakukan survei, dapat dipastikan Anda bisa melakukan penyesuaian lebih lanjut pada produk yang akan Anda pasarkan saat bulan Ramadan tiba.

Dengan perencanaan yang matang seperti ini, Anda dapat menjadikan produk baru yang awalnya hanya untuk kebutuhan saat puasa saja sebagai produk andalan Anda di bulan-bulan selanjutnya.

3. Sajikan Konten Promosi Unik dan Menarik

Konten iklan yang unik dan menarik sangat mungkin untuk memikat calon konsumen Anda agar melihat produk atau jasa yang Anda tawarkan. Konten yang menarik dapat menjadi first impression yang positif pada profil bisnis Anda.

Di bulan Ramadhan, Anda dapat memanfaatkan promosi bisnis dengan tema amal maupun keagamaan yang identik dengan bulan suci umat Islam ini. Jika Anda memiliki bisnis fesyen, Anda dapat membuat promo diskon special hari raya ataupun pemberian voucher belanja.

Sebagai pemilik toko online, Anda juga dapat membuat sebuah website maupun akun social media yang bertugas untuk mengenalkan produk ataupun jasa serta promosi yang dapat menarik minat pelanggan. Dengan kemudahan untuk share informasi di internet, calon pembeli akan dapat dengan mudah mengetahui produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Untuk itu, kenali strategi marketing dalam memperluas jaringan bisnis Anda, serta sajikan konten yang dapat memikat konsumen saat melakukan promosi.

3 dari 3 halaman

4. Maksimalkan Kekuatan Media Sosial

Seperti yang telah disinggung sedikit di poin sebelumnya, social media dapat menjadi platform promosi yang paling berpengaruh bagi progress bisnis Anda. Selain bisa digunakan secara cuma-cuma, pemanfaatan social media sebagai sarana promosi juga dapat membuat bisnis Anda semakin dikenal oleh banyak orang.

Akun social media yang berisi tentang informasi bisnis Anda tentu akan memberikan keuntungan yang positif jika memiliki konten yang menarik dan persuasif. Kembali pada pembahasan di poin pertama, Anda juga perlu mengetahui siapa calon konsumen bisnis Anda untuk memilih provider media sosial apa yang akan bisa memberikan dampak paling signifikan.

Hal ini perlu Anda pertimbangkan karena berbeda sosial media, berbeda pula kalangan pengguna media sosial tersebut. Sebagai contoh, jika bisnis Anda menargetkan konsumen dari kalangan anak muda dan milenial, mungkin Anda akan membuat akun di Instagram karena banyak masyarakat kekinian yang menggunakan media sosial tersebut.

5. Bangun Relasi dengan Konsumen

Komunikasi yang benar adalah yang memiliki timbal-balik dua arah. Setelah akun social media dari bisnis Anda memiliki pengikut yang cukup banyak, usahakan untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda guna membangun relasi yang positif.

Tidak hanya memberikan informasi mengenai produk maupun promosi terbaru, Anda juga dapat memberikan respon pada komentar maupun pertanyaan dari para pelanggan Anda. Tak jarang juga Anda akan mendapatkan saran maupun ide baru dari konsumen yang bisa digunakan untuk mengembangan bisnis Anda.

Contoh lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan kontes like and share akun media sosial bisnis Anda dengan hadiah produk maupun voucher diskon. Hal ini tentu dapat menumbuhkan rasa loyal bagi pelanggan Anda serta dapat memperluas prospek konsumen bisnis.

Meski bisa dibilang bisnis akan “merugi” karena memberikan produk atau voucher secara cuma-cuma, Anda dapat menerima keuntungan jangka panjang pada bisnis dengan meluasnya jaringan konsumen Anda. Jadi, manfaatkan momen Ramadhan untuk dapat menggaet pasar konsumen yang lebih luas.

Pahami Peluang di Setiap Momen dan Eksekusi dengan Cermat

Membuat bisnis memiliki konsumen yang luas memang tidak mudah. Anda perlu memutar otak untuk dapat menambah prospek pelanggan pada bisnis Anda. Untuk itu, pahami segala peluang yang ada pada momen-momen tertentu seperti saat bulan Ramadan.

Lakukan promosi pada bisnis Anda dengan menyesuaikan keunikan dari momen hari besar secara cermat. Poin terpenting adalah Anda harus memahami prospek dari bisnis Anda serta melakukan perencanaan yang mengedepankan keuntungan jangka panjang. Dengan begitu, dapat dipastikan bisnis Anda dapat berkembang secara signifikan dan terus memberikan keuntungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini