Sukses

Biar Puasa Lancar, Siapkan 5 Hal ini di Bulan Ramadan

5 hal ini harus segera disiapkan dalam menyambut bulan istimewa umat muslim agar puasa berjalan lancar

Liputan6.com, Jakarta Menyambut datangnya bulan Ramadan, banyak hal yang harus disiapkan agar puasa tahun ini lebih bermakna dan lancar. Aktivitas menyiapkan di sini ternyata tidak semudah kelihatannya.

Buktinya masih banyak hal yang sering terlupakan, sehingga jalannya bulan Ramadan kerap menjadi kurang maksimal. Hal-hal yang perlu disiapkan sebenarnya tergantung dari tipe masing-masing orang.

Tapi pada umumnya, 5 hal ini harus segera disiapkan dalam menyambut bulan istimewa umat muslim agar puasa berjalan lancar, sebagaimana dikutip dari Cermati.com.

1. Pastikan Kondisi Fisik Tidak Terganggu

Sebelum menjalankan puasa, pastikan kondisi tubuh fit sehingga terhindar dari gangguan saat berpuasa. Bagi yang bekerja sambil berpuasa, cobalah untuk lebih memerhatikan menu sahur yang disantap setiap pagi.

Menu yang dikonsumsi memberikan pengaruh besar terhadap baik tidaknya stamina tubuh dalam berpuasa. Hindari menu sahur yang mengandung minyak, lemak, dan gas yang tinggi. Selain tidak bagus bagi kesehatan, makanan ini tidak memberikan rasa kenyang dalam jangka waktu lama.

Sebagai gantinya, konsumsi lemak baik, protein, dan serat yang terdapat pada buah dan sayur. Sehingga badan tetap bugar selama seharian berpuasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Siapkan Hati dan Pikiran yang Bersih

Rasa kesal, cemburu, iri hati, atau dendam sebaiknya mulai dikikis secara perlahan dalam menghadapi bulan suci ini. Suasana hati yang kotor menyebabkan momen puasa menjadi tidak nyaman, karena hatimu dipenuhi oleh hal-hal jelek kepada sesama umat manusia.

Belajarlah untuk mengampuni kesalahan orang-orang di sekitar Anda karena tidak ada satu manusia pun yang luput dari kesalahan. Mintalah pertolongan Tuhan agar hati semakin tergerak untuk memaafkan, sehingga suasana hati jauh lebih tenang.

3. Pilih Menu Makanan Favorit Keluarga

Siapapun pasti bosan dengan menu sahur dan berbuka yang itu-itu saja. Maka dari itu, mulailah memikirkan menu-menu puasa apa saja yang enak untuk disantap bersama keluarga tercinta.

Mintalah masukan dari anggota keluarga agar Anda bisa mengombinasikannya dengan ide-ide masakan. Tidak perlu makanan ribet dan mewah, yang pasti menu makanannya sehat dan terjaga kebersihannya.

Dengan begini, kebutuhan gizi dalam tubuh selalu terpenuhi sehingga kondisi kesehatan tetap terjaga. Makanan favorit juga bisa membuat semakin bersemangat untuk menyantapnya saat berbuka maupun sahur.

3 dari 3 halaman

4. Mencari tempat bukber paling asyik

Bosan makan masakan rumah? Tenang saja, Anda dan keluarga bisa menyantap menu makanan di restoran atau rumah makan di sekitar tempat tinggal.

Buatlah daftar tempat berbuka paling asyik yang cocok untuk keluarga, sehingga momen berbuka puasa nanti terasa seperti di rumah sendiri. Khusus untuk tempat berbuka favorit, sebaiknya berikan tanda centang.

Bila perlu, sertakan nomor telepon pemilik restoran atau rumah makan tersebut untuk memudahkan proses booking. Sebab, tempat bukber favorit selalu ramai didatangi pengunjung.

5. Mulai ‘Hunting’ Baju-Baju Baru

Seperti yang kita ketahui, harga barang pada detik-detik menyambut hari Lebaran sangat mahal. Hal ini dapat memicu terjadinya pemborosan.

Bagi yang ingin berhemat, sebaiknya cicil barang-barang yang ingin dibeli saat menyambut Lebaran nanti. Mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, hingga perabotan rumah tangga.

Manfaatkan diskon atau promo yang disediakan oleh toko. Bila perlu, gunakan pembayaran virtual yang menawarkan potensi cashback yang menggiurkan.

Persiapan yang Matang Memberikan Ketenangan Ekstra

Mengingat Ramadan adalah momen yang luar biasa penting bagi umat muslim, sebaiknya persiapkan hal-hal yang dianggap penting. Persiapan yang matang membuat hidup Anda jauh lebih tenang saat menjalankan Ramadan tahun ini dan semakin berkesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini