Sukses

Serap Aspirasi Pengusaha, Dirjen IKM Sambangi Industri Mainan

Saat ini 20 persen dari total produk mainan PT SHP sudah dipasarkan ke luar negeri alias diekspor.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Gati Wibawaningsih berkunjung ke pabrik mainan anak, PT Sinar Harapan Plastik (PT SHP) di Jakarta Barat. Kunjungan kerja ini merupakan sebagai agenda rutin untuk mengetahui kondisi di lapangan, yang kali ini industri mainan.

Melalui kunjungan ini, dia mengaku dapat melihat secara langsung kondisi industri mainan anak. Selain itu, dapat menyerap aspirasi para pelaku usaha secara langsung.

"Saya kan nggak tahu (kebutuhan industri). Yang tahu kan pelaku-pelaku Industri. Makanya saya datang. Butuhnya apa, nanti saya akan bikin list," kata Gati, di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Sebagai informasi, PT Sinar Harapan Plastik, merupakan produsen mainan anak dengan merek 'SHP Toys' untuk pasar dalam negeri. Sementara untuk untuk pasar luar negeri, merek yang digunakan yaitu 'Winny Will'.

Produk yang dihasilkan antara lain, mobil-mobilan dan sepeda mainan tunggang berbahan baku plastik atau sering disebut dengan plastic injection. Kapasitas produksi PT SHP saat ini mencapai sekitar 120.000 pcs/bulan dan menyerap tenaga kerja sekitar 500 orang yang sebagian besar lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Gati mengatakan, pihaknya cukup puas dengan kinerja yang dicatatkan industri. Saat ini 20 persen dari total produk mainan PT SHP sudah dipasarkan ke luar negeri alias diekspor. Sisanya 80 persen, untuk memenuhi permintaan dalam negeri.

"Ekspor baru 20 persen. Ini berarti demand dalam negeri bagus. Kami sih bukan semata mendorong ekspor. Tapi industri ini bisa berjalan baik. Makanya saya datang ke sini, kalau bisa ekspor, ya silakan," dia menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Industri Mainan Diprediksi Tumbuh 10 Persen Tahun Ini

Industri mainan dalam negeri diprediksi tumbuh sebesar 10 persen secara di 2019. Terlebih, potensi bisnis mainan di Tanah Air cukup prospektif.

Ketua Asosiasi Mainan Anak (AMI) Sutjiadi Lukas mengatakan, saat ini Indonesia merupakan negara dengan populasi penduduk terbesar di kawasan ASEAN. Hal ini menjadi pasar yang sangat menjanjikan bagi industri mainan dalam negeri.

“Dengan angka kelahiran rata-rata 4,5 juta jiwa per tahun, Indonesia dapat menjadi pasar terbesar se-Asia Tenggara,” ujar dia dikutip dari keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Selain memenuhi kebutuhan pasar domestik, lanjut, Sutjiadi, AMI pun menggenjot industri mainan nasional agar semakin agresif mempeluas pasar ekspor. Tutupnya beberapa pabrik mainan di Vietnam membuat peluang industri mainan di Indonesia kelimpahan pesanan.

“Kemungkinan, pasar mainan akan lebih tancap gas mulai kuartal kedua setelah Pemilu,” kata dia.

Pada tahun lalu, AMI telah meneken nota kesepakatan (MoU) dengan Chaiyu Exhibition berkenaan dengan kerja sama antara pengusaha Indonesia dan China. Dengan kolaborasi ini, diharapkan perusahaan mainan asal China berinvestasi membangun pabrik di Indonesia, terutama untuk memproduksi komponen seperti gear box, baut dan keypad.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, industri mainan mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

Ini tercermin dari capaian nilai ekspor mainan anak-anak pada 2018 yang menembus hingga USD 319,93 juta atau naik 5,79 persen dibanding perolehan periode sebelumnya sebesar USD 302,42 juta.

“Industri mainan nasional telah menunjukkan daya saingnya di kancah global. Hal ini sekaligus mampu membuktikan bahwa Indonesia termasuk dalam negara-negara produsen utama untuk beberapa produk mainan unggulan yang telah mendunia,” ungkap dia.

 

3 dari 3 halaman

Produsen Boneka Merek Barbie Terbesar di Dunia

Untuk itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu pengembangan industri mainan di dalam negeri. Terlebih, sektor tersebut tergolong padat karya dan berorientasi ekspor.

Pada 2017, nilai investasi industri mainan di Indonesia mencapai Rp 410 miliar dengan jumlah tenaga kerja yang diserap sebanyak 23.116 orang.

“Contohnya, PT Mattel Indonesia yang telah menyerap tenaga kerja sebanyak 10 ribu orang dengan nilai ekspor dalam kurun lima tahun terakhir rata-rata di atas USD150 juta per tahun,” papar Airlangga.

Dia pun mengaku bangga karena Indonesia adalah produsen boneka merek Barbie terbesar di dunia yang dihasilkan oleh PT Mattel Indonesia. Perusahaan ini memasok 60 persen ke seluruh pasar global atau telah mengungguli produksi China.

“Jadi, enam dari 10 boneka yang beredar di dunia itu berasal dari Indonesia, dibuat dengan tangan-tangan terampil anak bangsa kita,” ujarnya.

Menariknya lagi, Indonesia memiliki pabrik mobil mainan yaitu Hot Wheels dengan kapasitas produksi yang cukup besar mencapai 50 juta unit per tahun. Hot Wheels merupakan mobil mainan diecast atau dibuat dari bahan logam yang dicetak.

“Pabrik Hot Wheels di Cikarang milik PT Mattel Indonesia adalah industri mobil mini yang kapasitasnya lebih besar 50 kali dari industri otomotif beneran,” tutur dia.

Tak cuma dari segi jumlah produksinya yang mencengangkan, Menperin menuturkan, pabrik ini juga sudah mengaplikasikan teknologi industri 4.0 pada proses produksinya.

“Selain mampu memproduksi Barbie dan Hot Wheels yang berkualitas, perusahaan ini juga memiliki kemampuan engineering lokal yang punya inovasi luar biasa membuat mesin canggih sendiri,” ungkap dia.

Dalam upaya memacu daya saing industri mainan nasional, pemerintah telah berupaya melindungi produk dan pasar dalam negeri serta menghindari gempuran produk impor yang tidak berkualitas melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI). “Implementasi SNI ini mampu meningkatkan competitiveness produk dalam negeri,” lanjut dia.

Selain itu, pemberlakuan SNI memberikan jaminan terhadap produk yang masuk ke pasar domestik merupakan yang berkualitas dan aman bagi konsumen serta menembus pasar ekspor. “Standar produk merupakan technical barrier yang dapat diterima oleh seluruh negara, karena memberikan efek positif, antara lain menjamin keamanan, keselamatan dan kualitas produk,” tandas Airlangga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.