Sukses

Kongko Tak Harus Mahal, Ajak Temanmu Bersantai di Taman ini

Berikut ini adalah beberapa pilihan taman kota yang ada di kawasan Jakarta dan bisa kamu jadikan tempat bersantai bersama teman

Liputan6.com, Jakarta Tingkat kesibukan yang sangat tinggi di Jakarta memang bisa memengaruhi kehidupan pribadi penduduknya, mungkin kamu salah satunya. Menikmati waktu santai bersama teman tentu menjadi hal yang menarik, apalagi jika sepanjang minggu sibuk dengan berbagai urusan pekerjaan.

Tidak harus selalu nongkrong di kafe atau bahkan restoran mahal, sesekali kamu juga bisa bersantai di taman kota yang cukup banyak tersebar di bilangan Jakarta. Kamu dan teman-temanmu bisa menikmati suasana taman yang cukup nyaman saat akhir pekan.

Berikut ini adalah beberapa pilihan taman kota yang ada di kawasan Jakarta dan bisa kamu jadikan tempat bersantai bersama teman, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. RPTRA Kalijodo

Beberapa tahun lalu, kawasan ini masih dikenal sebagai pusat berbagai hiburan malam di ibukota. Namun sejak 2016 lalu, kawasan ini mulai ditata dan dialih fungsikan menjadi ruang terbuka hijau yang ramah terhadap semua usia, termasuk anak-anak.

Berbagai aktivitas menyenangkan bisa dilakukan di taman yang memiliki luas sekitar 3,9 hektare ini, sebab kawasan ini memiliki sejumlah sarana pendukung yang cukup memadai.

Taman ini dilengkapi dengan arena skateboard dan juga sepeda rintang yang sangat layak untuk dicoba, terutama untuk kamu yang menyukai olahraga yang membutuhkan adrenalin tinggi.

Selain itu, berbagai sarana permainan anak juga tersedia, seperti ayunan dan perosotan yang akan membuat anak-anak betah bermain di sini.

Fasilitas taman ini memang terbilang lengkap, bahkan didukung dengan sejumlah aula memadai yang bisa digunakan untuk beragam hiburan dan aktivitas belajar.

2. RTH Ria Rio

Taman kota yang terdapat di kawasan Pulo Gadung, Jakarta timur ini pada awalnya merupakan kawasan kumuh yang dipenuhi dengan tanaman eceng gondok dan rerumputan liar lainnya.

Bebarapa waktu yang lalu, kawasan seluas 1,6 hektare ini diubah menjadi sebuah taman kota yang indah, lengkap dengan beragam tanaman yang membuatnya semakin sejuk.

RTH Ria Rio kini sudah begitu asri dan dilengkap dengan fasilitas yang memadai, termasuk bangku-bangku taman yang nyaman dan bisa membuat betah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Taman Suropati

Taman yang pada awalnya bernama Burgemeester Bisschopplein ini terletak di kawasan Menteng dan menjadi salah satu taman kota yang paling tua di kawasan Jakarta.

Berada tepat di sekitaran jalan utama Ibukota, Taman Suropati akan menjadi area bersantai yang tepat untuk kamu yang suka menikmati nuansa kota dengan cara berbeda.

Di sini, kamu bisa menikmati pertunjukan musik terbuka, atau bahkan sekaligus mengikuti kelas belajar yang kerap diadakan oleh para seniman yang beraktivitas di sana.

Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai ornamen seni yang menarik, termasuk monumen dari para tokoh pendiri negara ASEAN.

4. Taman Ayodya

Jika kamu termasuk orang yang senang berolahraga, maka taman yang satu ini akan menjadi pilihan yang tepat. Taman Ayodya terletak di Barito, Jakarta Selatan dan menjadi salah satu yang terbesar dengan luas sekitar 7.500 meter persegi.

Taman yang pada awalnya merupakan lokasi pertokoan bunga dan juga pasar ikan ini memiliki jogging track seluas 1.700 meter. Taman ini menjadi indah dan unik, sebab dikelilingi dengan danau buatan yang membuatnya seperti sebuah pulau kecil yang menarik.

Selain itu, Taman Ayodya juga dilengkapi dengan berbagam fasilitas pendukung yang bisa memberikan kenyamanan lebih, seperti: kursi taman, gazebo, Wi-Fi, pendopo, dan yang lainnya.

3 dari 4 halaman

5. Taman Situ Lembang

Masih di kawasan Menteng, Taman Situ Lembang juga menjadi lokasi taman kota indah lainnya yang bisa kamu kunjungi untuk bersantai, terutama jika kamu sangat menikmati nuansa air yang tenang.

Taman ini dilengkapi dengan air mancur, danau buatan, bunga-bunga teratai dan juga tanaman hias indah lainnya. Di sini kamu bisa menikmati udara sejuk dengan duduk bersantai atau bahkan melakukan olahraga ringan bersama dengan teman-temanmu.

6. Taman Menteng

Taman Menteng menjadi salah satu yang paling dikenal dan banyak dikunjungi di kawasan Jakarta. Kawasan yang pada awalnya merupakan stadion ini beralih fungsi menjadi ruang terbuka hijau yang asri sejak tahun 2007 lalu.

Taman ini dilengkapi dengan baragam fasilitas olehraga yang memadai, seperti: jogging track, lapangan futsal, lapangan badminton, dan yang lainnya.

Selain itu, kawasan ini juga diramaikan dengan berbagai aktivitas menarik dari para pengunjung, terutama di akhir pekan yang pada umumnya banyak menghadirkan beragam pelatihan unik dan menarik.

4 dari 4 halaman

7. Taman Tabebuya

Berada di wilayah Jagakarta, Jakarta Selatan, Taman Tabebuya memberikan nuansa sejuk dan nyaman bagi sepanjang hari. Pepohonan yang rindang dan juga berbagai aktivitas olahraga menarik menjadi hal unik yang bisa kamu temui di taman indah ini.

Taman Tabebuya dilengkapi dengan beragam fasilitas jogging track yang memadai. Selain itu, beragam aktifitas olehraga lainnya juga bisa kamu nikmati bersama teman-teman, termasuk yoga, bulutangkis, dan olehraga ringan lainnya.

Nikmati Akhir Pekan yang Santai di Taman Kota Pilihan

Menikmati akhir pekan dengan nuansa taman yang sejuk bukan lagi hal yang sulit, meskipun kamu tinggal di kawasan ibukota. Ada banyak teman kota yang bisa kamu kunjungi bersama teman-teman, termasuk sejumlah aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana.

Pilih taman kota yang tepat dan nikmati waktu santai kamu dengan lebih berkualitas, sehingga kamu memiliki banyak energi untuk kembali melakukan rutinitas harian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.