Bandara Baru Yogyakarta Layani Penerbangan Tambahan Saat Mudik

Oleh Septian Deny pada 06 Mei 2019, 17:15 WIB
Diperbarui 06 Mei 2019, 18:16 WIB
Banner Infografis Bandara Baru Yogyakarta Segera Beroperasi

Liputan6.com, Yogyakarta - Penerbangan tambahan (extra flight) selama mudik Lebaran untuk tujuan Yogyakarta akan dilayani melalui bandara baru Yogyakarta atau yang dinamakan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Extra flight tersebut merupakan peralihan dari Bandara Adisutjipto.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji memperkirakan akan ada 32 extra flight dalam mudik Lebaran nanti.‎ Hal ini jika pemerintah memberikan slot penerbangan tambahan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Yang jelas semua extra flight lebaran masuknya ke YIA. Jadi enggak masuk ke Adisutjipto," ujar dia di Bandara Internasional Yogyakarta, Senin (6/5/2019).

‎Devy menambahkan, selain pengalihan penerbangan tambahan tersebut, AP I juga tengah mempersiapkan pembukaan penerbangan internasional. 

Pihaknya memperkirakan penerbangan internasional akan terlaksana dalam waktu delapan minggu ke depan dengan mempertimbangkan kesiapan masing-masing maskapai.

"Penerbangan internasional, jadi airline asing itu butuh waktu 8 minggu untuk mendapatkan slotnya. Karena kan walaupun Angkasa Pura I ready, mereka kan juga ada pairing country dan pairing city-nya. Nah itulah di mana membutuhkan waktu untuk mendapatkan slot dari arah negara sebelah sana untuk berangkat ke Indonesia terutama ke YIA karena hitungannya YIA ini adalah rute baru buat mereka," tambahnya.

Namun demikian, Devy memastikan telah ada maskapai yang akan memindahkan penerbangan internasionalnya dari Adisutjipto ke YIA, yaitu Silk Air dan AirAsia.

"Yang jelas dari Silk Air sama dari AirAsia. Karena mereka adalah maskapai yang eksisting ada di Adisutjipto Internasional Airport. Kalau Silk Air itu Singapura, kalau AirAsia Kuala Lumpur," tandas dia.

2 dari 3 halaman

Terbang Perdana, Citilink Bawa 92 Penumpang ke Bandara Baru Yogyakarta

Citilink Terapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat
Citilink tercatat sebagai maskapai Indonesia pertama yang menerapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat.

Citilink menjadi maskapai pertama yang melakukan penerbangan komersil dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), yang berlangsung pada Senin (6/5/2019) ini.

Penerbangan Citilink menuju YIA berangkat dari Halim Perdanakusuma pukul 11.30 WIB dan mendarat pukul 12.30 WIB, dengan nomor penerbangan QG 132.

Penerbangan dengan menggunakan Airbus 320-200 tersebut mengangkut 96 penumpang. Sedangkan untuk penerbangan dari YIA ke Halim Perdanakusuma membawa 52 penumpang dengan nomor penerbangan QG 133 pukul 13.10 WIB.

"Yang tadi (dari Halim ke YIA) sebanyak 96 penumpang. Yang ke Halim sebanyak 52 penumpang," ujar General Manajer Angkaa Pura I, Agus Pandu Purnama di Bandara YIA, Yogyakarta.

Layaknya penerbangan perdana, para penumpang yang tiba dan berangkat di YIA mendapatkan sambutan dan pelepasan khusus dari pihak Angkasa Pura I selaku pengelola bandara.

Saat tiba di YIA, para penumpang QG 132 disambut dengan tarian khas setempat. Begitu pula untuk penumpang yang akan berangkat dari YIA.

"Ini penumpang komersial perdana yang melalui YIA. Yang landing 96 orang, yang berangkat tercarar 52 orang," ungkap Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura 1 Devy Suradji.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓