Jangan Sepelekan 8 Pengeluaran Kecil Ini!

Oleh Fitriana Monica Sari pada 08 Mei 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 08 Mei 2019, 08:00 WIB
Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi uang rupiah. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Pada hakikatnya manusia memang diharuskan bekerja untuk mendapatkan penghasilan, demi memenuhi kebutuhannya. Ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, misalnya untuk makan, bayar kosan, cicilan motor, cicilan KPR, listrik, dan masih banyak yang lainnya.

Pernahkah terpikir apakah Anda sudah memasukkan beberapa pengeluaran kecil, yang ternyata bisa menguras pengeluaran?

Banyak yang tidak menyadari bahwa pengeluaran kecil, malah bisa menghabiskan uang. Nah, berikut ulasan mengenai beberapa hal pengeluaran yang tidak bisa Anda sepelekan dan perlu disiapkan biayanya, seperti dikutip dari TunaiKita. Pengeluaran apa saja ya kira-kira?

Pengeluaran Kecil yang Sering Anda Sepelekan

1. Acara Pernikahan

Sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia untuk menghadiri acara pernikahan yang biasa disebut kondangan. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa kamu harus memberikan amplop atau kado sebagai hadiah. Menyiapkan budget khusus kondangan penting banget, lo.

Misalkan saja setiap weekend ada satu undangan yang harus dihadiri. Bayangkan jika mendapatkan empat undangan dalam sebulan, berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan?

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk menyiapkan budget khusus untuk menghadiri acara pernikahan. Besaran amplop bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan masing-masing, Anda tidak perlu memaksakan untuk memberi jumlah amplop dengan nominal yang besar.

2 dari 5 halaman

2. Hadiah Kelahiran Anak

[Bintang] Baru Melahirkan, Perempuan Ini Buat 13 Aturan untuk Tamu yang Ingin Melihat Anaknya
Perbesar
Ingin anaknya sehat, perempuan yang baru melahirkan ini buat 13 aturan untuk para tamu yang ingin melihat anaknya. (Ilustrasi/iStockphoto)

Nah, setelah mendapat banyak undangan pernikahan. Tidak lama Anda juga akan mendapat kabar ada teman yang sudah melahirkan. Tentu Anda akan datang menjenguk dan kasih kado, kan? Biasanya kado yang diberikan dalam bentuk baju bayi, gendongan bayi, peralatan makan bayi, dan lainnya.

Harga perlengkapan bayi pun tidak bisa dibilang murah, lo. Tidak ada salahnya, jika Anda mulai memasukkan anggaran untuk kado kelahiran bayi ke dalam daftar anggaran. Agar lebih hemat, Anda bisa mengajak teman-teman untuk patungan beli kado.

3. Baru Ikut Asuransi

Semakin bertambahnya umur, ada baiknya Anda harus mempertimbangkan untuk bergabung dalam program asuransi. Anda akan merasakan manfaatnya, walaupun memang gaji bulanan harus mendapatkan potongan agak banyak.

Polis yang bermacam-macam bisa membantu Anda lebih leluasa memilih sesuai kebutuhan. Anda bisa mengikuti program asuransi kesehatan, jiwa, jaminan hari tua, atau untuk pendidikan.

Kalau dihitung-hitung, mengikuti program asuransi bisa menghemat pengeluaran, lo! Bahkan bisa Anda jadikan untuk investasi atau tabungan di masa depan. Untung banget kan ikut asuransi?

3 dari 5 halaman

4. Biaya Hangout

[Bintang] Bukan Sekadar Nongkrong, Ini 3 manfaat Buka Puasa Bareng Teman Lama
Perbesar
Kamu hobi buka puasa bareng teman-teman lama? Lakukanlah sebisa mungkin karena ternyata buka puasa bareng teman lama banyak manfaatnya lho. (Ilustrasi: iStockphoto)

Ini penting untuk Anda menyiapkan anggaran untuk hangout. Pasalnya, untuk nongkrong di sebuah cafe membutuhkan biaya, kan? Untuk segelas kopi saja paling tidak Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp35 ribu, itu belum termasuk makanannya. Untuk menjangkau ke tempat nongkrong tentu membutuhkan transportasi. Nah, ini juga Anda harus siapkan biayanya.

Belum lagi, pasti ada saja yang ajak Anda untuk nonton atau karaoke. Anda pun harus mengeluarkan biaya lagi, belum lagi untuk transportasi pulang ke rumah, Untuk itu, jangan sampai melupakan biaya nongkrong, ya. Memang terkesan sepele, namun penting untuk disiapkan.

5. Biaya Servis Kendaraan

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapat dengan mempunyai kendaraan pribadi. Apalagi untuk Anda yang tinggal jauh dari keluarga atau perantau. Anda bisa menghemat biaya pengeluaran yang kadang banyak habis di transportasi. Kalau punya kendaraan sendiri, Anda hanya tinggal isi bensin dan bisa langsung mendatangi tempat yang menjadi tujuan.

Kadang karena sudah terlalu nyaman menggunakan motor atau mobil pribadi. Anda lupa kalau kendaraan juga butuh perawatan secara rutin. Seperti oli, aki, kampas dan semua bagiannya harus sering-sering dicek dan diganti. Jika Anda lupa, biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki jumlahnya lebih besar daripada servis rutin, kan.

Jadi, lebih pilih mana? Servis rutin atau sekali masuk bengkel tapi langsung mengeluarkan biaya yang banyak karena banyak komponen yang harus diperbaiki?

4 dari 5 halaman

6. Biaya Beli Obat

Medcare 3
Perbesar
Ilustrasi obat-obatan.

Yang namanya musibah tidak bisa diduga, apalagi ketika Anda jatuh sakit. Saat ini, mungkin Anda sedang baik-baik saja, bisa jadi Anda tiba-tiba flu atau batuk karena cuaca yang sering berganti-ganti. Jangan sampai kejadian ya.

Akan tetapi, untuk mengantisipasi hal ini Anda harus selalu siap di segala keadaan. Kalau tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan, paling tidak ada biaya darurat untuk mengobati penyakit yang Anda derita. Apalagi biaya untuk membeli obat tidak bisa dibilang murah. Untuk itu, jangan lupa segera masukkan ke dalam anggaran bulanan, ya.

7. Biaya Laundry

Tentunya siapapun bisa untuk menyempatkan waktu cuci baju, tergantung Anda ada kemauan atau tidak. Mencuci baju memang sangat menguras tenaga dan waktu. Paling tidak Anda harus menyempatkan minimal seminggu sekali untuk berkutat dengan cucian yang menumpuk di keranjang baju kotor. Namun, terkadang rasa malas yang menghampiri membuat Anda merasa berat untuk mencuci baju.

Untuk itu, Anda perlu menyiapkan anggaran bulanan untuk biaya laundry. Jangan anggap remeh, cucian seminggu banyak sekali, lo! Jeans dan blazer bisa bikin timbangan membengkak. Untuk itu, pentingnya menyiapkan anggaran khusus untuk biaya laundry.

5 dari 5 halaman

8. Biaya Internet

Ilustrasi penggunaan internet
Perbesar
Kepraktisan internet membuat penggunanya jadi lebih mudah untuk mengakses segala informasi

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, seakan manusia tidak bisa hidup tanpa internet. Apalagi sangat dibutuhkan internet yang serba cepat buat browsing. Apalagi untuk Anda yang bosan dengan tontonan di tv. Sudah pasti cari hiburan dari streaming atau baca berita.

Untuk itu, Anda harus merogoh kocek tambahan untuk biaya kuota internet yang tidak murah, lo! Tentu biaya ini penting untuk dicatat pada anggaran keuangan Anda.

Cerdas Mengatur Keuangan, Hidup Jadi Lebih Nyaman

Menjaga keuangan agar tetap stabil memang terdengar mudah, namun realitanya tidak begitu. Ada banyak pengeluaran kecil yang sering kita lupakan bahwa itu penting untuk dimasukkan ke dalam anggaran keuangan bulanan.

Cerdas dalam mengatur setiap pemasukan dan pengeluaran adalah kuncinya, tentu itu akan membuat hidup lebih nyaman.

Lanjutkan Membaca ↓