Sukses

BRI Peroleh Sertifikat ISO 27001 untuk Produk BRIAPI

Terapkan Open Banking Platform, Bank BRI raih ISO 27001 dengan BRIAPI.

Liputan6.com, Jakarta Bank Rakyat Indonesia (BRI) kembali mendapatkan sertifikat ISO 27001 untuk product Open Banking BRI, yaitu BRI Application Programming Interface (BRIAPI). BRIAPI merupakan produk perseroan yang memungkinkan pihak ketiga untuk menggunakan fitur atau fungsi layanan finansial dari Bank BRI dalam platform milik mereka dengan cepat dan aman. Penerapan BRIAPI dengan ISO 27001 mengukuhkan Bank BRI menjadi bank dengan system open API pertama di Indonesia yang bersertifikasi ISO 27001.

Sertifikasi ISO 27001 menjadi pembuktian bahwa BRIAPI memiliki kejelasan flow operasional (clarity), pengajuan dan peran dari bisnis BRIAPI menjadi lebih cepat (agility), data yang tersimpan di BRIAPI terjamin aman dan tidak akan bocor ke pihak lain (safety), meningkatkan kepatuhan akan keamanan sistem informasi terhadap aturan yang berlaku (compliance), menyiapkan penanganan atas risiko yang dapat terjadi pada sistem BRIAPI (risk management), serta menekan potensi timbulnya fraud yang dapat membahayakan reputasi dari BRI (reputation).

Direktur IT dan Operasi Bank BRI, Indra Utoyo, mengaku bersyukur BRIAPI berhasil meraih sertifikasi ISO 27001. Capaian tersebut akan menjadi pemberi semangat pihak BRI untuk terus mengembangkan produk-produk berbasis digital teknologi lainnya dan mengarahkan Bank BRI menjadi Open Banking platform.

“Saat ini sudah tersedia 40 API yang siap untuk digunakan, dengan fitur andalan seperti direct debit, fund transfer, dan bill payment. Platform BRIAPI sendiri telah digunakan oleh beberapa rekanan BRI, mulai dari instansi pemerintahan hingga digital startup seperti Tokopedia, Gojek, Lazada, TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan), dan KJMIS (Koperasi Jaringan Masyarakat Indonesia Sejahtera). Kami berharap sertifikasi ini juga dapat menjadikan Bank BRI tumbuh semakin cepat di dunia digital dan semakin maju dengan teknologi, guna melayani nasabah dengan lebih baik lagi” ujarnya.

Sebagai informasi, BRI mendapatkan sertifikasi ISO 27001 dari British Standards Institution (BSI), sebuah lembaga sertifikasi internasional yang berbasis di London, Inggris. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.