Intip Destinasi Liburan Seru tapi Murah Meriah

Oleh Fitriana Monica Sari pada 07 Mei 2019, 09:30 WIB
Diperbarui 07 Mei 2019, 09:30 WIB
Ilustrasi Travel
Perbesar
Ilustrasi Travel (iStockphoto)​

Liputan6.com, Jakarta - Padatnya kegiatan yang Anda jalani sehari-hari, memulai rutinitas dari pagi hingga sore hari, baik itu bekerja, kuliah, ataupun sekolah dengan berbagai kegiatan yang dilakukan selama seharian. Sudah pasti akan sangat menguras tenaga dan pikiran.

Untuk itu, berlibur menjadi hal yang sangat diperlukan untuk menyegarkan kembali kepenatan yang selama ini Anda rasakan.

Dengan padatnya rutinitas, Anda bisa mencari waktu yang tepat untuk istirahat sejenak dari rutinitas yang dijalani dan berlibur dengan mengunjungi destinasi-destinasi yang menarik untuk liburan.

Nah, namun terkadang budget menjadi alasan untuk Anda tidak pergi liburan. Karena biasanya berlibur membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tenang! Liburan tidak selalu harus menghabiskan biaya yang banyak. Saat ini, sudah banyak destinasi liburan murah meriah yang bisa Anda kunjungi, dengan begitu akan sangat menghemat biaya liburan.

Destinasi liburan murah mana sajakah yang bisa Anda kunjungi? Simak ulasan berikut ini, ya!

Liburan Murah yang Bisa Anda Nikmati

Rehat sejenak dari rutinitas yang Anda jalani memang sangat diperlukan. Untuk itu, manfaatkan waktu cuti untuk berlibur ke destinasi favorit Anda.

Khawatir dengan budget? Tenang! Anda masih bisa menikmati liburan murah dengan budget yang minim kok, Anda bisa liburan dengan aman dan nyaman.

Ini dia daftar destinasi liburan murah yang bisa Anda kunjungi, seperti dikutip dari TunaiKita:

2 dari 6 halaman

1. Thailand

Tempat Wisata di Bangkok
Perbesar
Ilustrasi Tempat Wisata di Bangkok (sumber: unsplash)

Siapa bilang liburan dengan budget murah meriah gak bisa ke luar negeri? Nah, negara Thailand bisa Anda jadikan destinasi liburan murah, lo!

Negara yang terkenal dengan julukan negara gajah putih, kalau ingin liburan tapi budget yang Anda punya terbatas, cobalah ke Thailand. Negara ini memiliki keindahan negeri yang eksotis seperti Indonesia.

Banyak wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di sini, mulai dari wisata alam hingga keindahan kotanya. Berlibur ke Thailand tidak harus keluar banyak budget kok. Untuk menghemat ongkos transportasi, Anda bisa mencari hotel yang strategis jadi Anda bisa menghemat biaya liburan.

Anda bisa mengunjungi Chatuchak Market, yang merupakan pasar terbesar di Thailand dan menjual berbagai macam barang mulai dari souvenir, baju, hingga alat elektronik. Nah serunya lagi, di sini Anda bisa menawar harga untuk mendapat harga yang lebih murah, lo. Seru banget kan?

3 dari 6 halaman

2. Yogyakarta

Malioboro Yogyakarta
Perbesar
Jalan Malioboro Yogyakarta terus dipercantik (Liputan6.com / Switzy Sabandar)

Yogyakarta masih menjadi destinasi favorit liburan murah semua orang. Pasalnya, selain kotanya yang nyaman dan bersih, keramahan warga Yogyakarta yang membuat wisatawan selalu rindu dengan Yogyakarta. Selain itu, Anda bisa menikmati tempat wisata yang ada di sana.

Ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata bersejarah, wisata belanja, sampai wisata kuliner. Jangan khawatir, untuk mengunjungi setiap tempat wisata tidak mahal kok, biasanya harga tiket setiap tempat wisata sebesar Rp3 ribu-Rp5 ribu.

Selain itu, banyak pilihan hotel murah dengan lokasi strategis dengan kisaran harga Rp50 ribu hingga Rp100 ribu per malam. Dengan uang Rp5 ribu kita sudah bisa menikmati kuliner Yogyakarta yaitu Angkringan.

Kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi Malioboro saat ke Yogyakarta, Malioboro merupakan nama sebuah jalan yang terkenal di Yogyakarta. Di sana Anda bisa belanja, wisata kuliner, ataupun hanya menikmati suasana malam. Anda bisa berbelanja souvenir khas Yogyakarta dengan harga yang murah, lo!

4 dari 6 halaman

3. Bandung

20151118-Gedung-Sate
Perbesar
Gedung Sate (oier.upi.edu)

Untuk Anda yang tidak ingin liburan jauh dari Jakarta, kota Bandung menjadi salah satu pilihan liburan murah yang tepat!

Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan, bisa menggunakan bus, travel, ataupun kereta api. Biaya transportasi yang dihabiskan pun tidak lebih dari Rp 200 ribu, lo!

Selama perjalanan menuju Bandung pun Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijau yang indah, dijamin perjalanan Anda tidak akan bosan.

Liburan murah meriah selama di Bandung, Anda bisa mengunjungi Masjid Raya Bandung, masjid yang dibangun pada 1810 silam ini, terletak di ruas Jl. Asia Afrika. Masjidnya sangat luas dan megah sekaligus unik. Sayang banget kalau Anda tidak mampir ke masjid ini.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi ikon dari Kota Kembang, yaitu Braga Street, selain bisa belanja dan wisata kuliner, tempat ini cukup instagramable untuk mengisi feeds Instagram.

Anda juga bisa mengunjungi Gedung Sate, yang merupakan bangunan ikonik Kota Bandung yang terkenal dengan ornamen tusuk sate di atasnya. Dan masih banyak lagi wisata di Bandung yang bisa Anda eksplor dengan budget murah meriah.

5 dari 6 halaman

4. Ujung Kulon

[Bintang] Banten
Perbesar
Sungai Cigenter di Pulau Handeleum, Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. (Instagram/mamduh.j)

Tidak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat untuk menikmati indahnya alam bawah laut Indonesia, Anda bisa mengunjungi Ujung Kulon, lo! Birunya air laut, putihnya pasir, dan anggunnya ombak di Pulau Panaitan bisa dinikmati dengan biaya Rp400 ribu saja.

Jika ingin berkunjung ke sana, jangan lupa menengok keragaman aneka biota laut di Pulau Badul. Untuk menghemat biaya, ajak teman-teman untuk berlibur bersama.

Tidak hanya bisa menikmati keindahan bawah lautnya saja. Anda juga bisa menikmati sensasi seperti di sungai Amazon dengan menyusuri aliran sungai Cigenter yang terletak di Pulau Handeleum.

Memang membutuhkan nyali yang besar untuk menyusuri aliran sungai ini, pasalnya Anda akan disuguhi pemandangan hewan-hewan liar di bantaran sungai Cigenter ini hingga ular-ular yang bergelantungan di pepohonan pinggir sungai.

6 dari 6 halaman

5. Malang

Kampung Jodipan Malang
Perbesar
Kampung Warna-warni Jodipan di Malang. (dok.Instagram @lingkarmalang/https://www.instagram.com/p/Bok99DUnOkm/Henry

Kota ini juga termasuk murah sebagai destinasi liburan murah. Malang memiliki segudang objek wisata murah, seperti kampung warna-warni, kampung 3D, pantai, alun-alun, museum, dan masih banyak lagi lainnya. Kulinernya pun juga beragam, dan tidak perlu diragukan lagi rasanya. Ada rawon, pecel, bakso, dan lainnya.

Kalau Anda ingin menikmati liburan yang lebih bervariasi, pergilah ke Kota Wisata Batu. Anda akan menemukan beragam tempat liburan yang santai dan ekstrim di sana.

Menikmati Liburan Gak Selalu Mahal Kok

Untuk menikmati liburan tidak selalu membutuhkan biaya yang mahal. Anda bisa memilih destinasi seru dengan budget murah untuk pilihan liburan. Yang terpenting adalah bisa rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan dan menikmati liburan dengan nyaman dan aman.

Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya! Selamat berlibur!

Lanjutkan Membaca ↓