Citilink Bakal Tambah Jam Terbang ke Bandara Baru Yogyakarta

Oleh Septian Deny pada 06 Mei 2019, 15:25 WIB
Diperbarui 06 Mei 2019, 16:16 WIB
Citilink Terapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat

Liputan6.com, Jakarta Citilink Indonesia optimis penerbangan melalui bandara baru Yogyakarta atau yang dinamai Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) akan dipenuhi penumpang seperti di Bandara Adisutjipto saat ini. Meski jarak YIA ke pusat kota Yogyakarta terhitung cukup jauh.

Direktur Utama Citilink Indoensia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, mulai hari ini, Citilink mulai mengoperasikan pesawat dari dan menuju YIA dengan frekuensi 1 penerbangan per hari.

"Kita daily, tiap hari. Sehari sekali," ujar dia di Bandara Halim Perdanakusuma, Senin (6/5/2019).

Namun demikian, penerbangan tersebut akan terus ditambah seiring dengan kebutuhan di YIA tersebut. Dirinya optimis bandara baru Yogyakarta akan menarik banyak penumpang untuk terbang melalui bandara ini.

‎"Harus yakin lah. Yang jelas kita kan enggak sendirian, pemerintah punya program, termasuk Angkasa Pura-nya pasti punya program‎. Ya kan kita tahu rute Jogja kan‎ bagus sebenarnya. Ini kan bagian dari Yogyakarta juga," kata dia.

 

2 dari 4 halaman

Target Jumlah Penumpang

Bandar Udara Internasional Yogyakarta
Beberapa petugas mengecek area apron Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, Selasa (23/4). Beragam simulasi dilakukan untuk memastikan kelayakan dan keamanan Bandara Internasional Yogyakarta yang rencananya beroperasi, 29 April. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Untuk jumlah penumpang di awal pengoperasiannya, Juliandra menyatakan, belum memasang target di awal penerbangan ini. Sebab, pada awal Ramadan biasanya jumlah penumpang pesawat relatif tidak begitu banyak.

"Kita enggak bisa melihat target awal bagaimana gitu, karena di bulan Ramadan ini kan memang lagi low season ya. Tapi kita akan punya target sama seperti Yogyakarta (Adisutjipto), itu targetnya di saat yang normal," tandas dia.

3 dari 4 halaman

Terbang Perdana, Citilink Bawa 92 Penumpang ke Bandara Baru Yogyakarta

Layanan Kargo di Bandara Kertajati Lebih Murah Dari Soetta
Penerbangan komersial perdana Maskapai Citilink di Bandara Kertajati Majalengka Jawa Barat. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Citilink menjadi maskapai pertama yang melakukan penerbangan komersil dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), yang berlangsung pada Senin (6/5/2019) ini.

Penerbangan Citilink menuju YIA berangkat dari Halim Perdanakusuma pukul 11.30 WIB dan mendarat pukul 12.30 WIB, dengan nomor penerbangan QG 132.

Penerbangan dengan menggunakan Airbus 320-200 tersebut mengangkut 96 penumpang. Sedangkan untuk penerbangan dari YIA ke Halim Perdanakusuma membawa 52 penumpang dengan nomor penerbangan QG 133 pukul 13.10 WIB.

"Yang tadi (dari Halim ke YIA) sebanyak 96 penumpang. Yang ke Halim sebanyak 52 penumpang," ujar General Manajer Angkaa Pura I, Agus Pandu Purnama di Bandara YIA, Yogyakarta.

Layaknya penerbangan perdana, para penumpang yang tiba dan berangkat di YIA mendapatkan sambutan dan pelepasan khusus dari pihak Angkasa Pura I selaku pengelola bandara.

Saat tiba di YIA, para penumpang QG 132 disambut dengan tarian khas setempat. Begitu pula untuk penumpang yang akan berangkat dari YIA.

"Ini penumpang komersial perdana yang melalui YIA. Yang landing 96 orang, yang berangkat tercarar 52 orang," ungkap Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura 1 Devy Suradji.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Terkait Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

TWICE dan Isyana Masuk Daftar Forbes Sosok Berpengaruh