Sukses

5 Usaha Ini Bakal Bikin Kamu Sejahtera di Hari Tua

Apa saja sih inspirasi usaha yang bisa dilakukan? Berikut pembahasannya.

Liputan6.com, Jakarta Sibuk di masa muda mungkin sudah biasa kita lihat di kehidupan sehari-hari. Masa muda memang sangat baik dimanfaatkan untuk terus eksplorasi diri, pasalnya dalam usia produktif Anda masih banyak memiliki tenaga dan semangat yang membara. Untuk itu, aktif di usia muda bukan hal yang sulit dilakukan demi hari tua yang terjamin.

Walau masa muda identik dengan bekerja, bukan tidak mungkin Anda akan tetap bekerja di usia senja nanti. Selain tetap memperoleh penghasilan bulanan dan mempertahankan rupiah yang dimiliki, Anda pun akan tetap bugar karena tubuh dan pikiran masih secara aktif digunakan. Bagi sebagian orang, pensiun merupakan hal yang cukup membuat gelisah. Karena biasanya banyak orang yang tidak memiliki persiapan di hari tua.

Nah, berikut ulasan mengenai bisnis hari tua yang bisa Anda siapkan atau bahkan Anda bisa informasikan ke orangtua atau keluarga terdekat. Salah satu pekerjaan yang cocok di usia senja adalah membuka usaha setelah pensiun.

Apa saja sih inspirasi usaha yang bisa dilakukan? Berikut pembahasannya, seperti dikutip dari TunaiKita:

Ide Bisnis Hari Tua yang Tidak Akan Buat Bosan di Rumah

1. Membuka Usaha Properti

Pilihan lain yang cocok bagi pensiunan adalah bidang property. Bisnis ini merupakan salah satu dari kebutuhan yang diperlukan oleh banyak orang.

Membuka usaha properti sudah menjadi bisnis andalan dari masa ke masa dalam menambah pundi-pundi rupiah ke dalam tabungan Anda. Rahasianya, tentu saja karena nilai properti akan selalu meningkat seiring berjalannya waktu. Keuntungan besar pastinya akan Anda dapatkan.

Jika memiliki bangunan yang tidak dihuni, mulailah membuat bisnis penyewaan rumah, ini tentu bisa menjadi solusi untuk masa depan apalagi bila akan pensiun nanti. Bisnis penyewaan rumah/kontrakan kini mulai banyak diminati oleh banyak orang. Anda dapat menjalankan bisnis hari tua ini dengan santai dari rumah saja. Investasi properti tidak ada ruginya, karena nilai jualnya selalu meningkat setiap tahun. Tanpa harus kehilangan bangunan dan tanah, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan yang stabil.

Lakukanlah perawatan yang baik, karena jika Anda memiliki bangunan yang rapi dan terawat, itu akan menjadi nilai plus bagi penyewa. Dengan bisnis hari tua ini, walaupun Anda sudah tidak bekerja, tetapi masih ada pemasukan yang signifikan. Walau terlihat menjanjikan, memang butuh modal yang cukup besar dalam membuka bisnis setelah masa pensiun yang satu ini. Tidak perlu khawatir, kini telah tersedia beragam cara untuk memperoleh bangunan baik dengan KPR maupun sistem lainnya.

Jika memang belum tertarik memiliki properti sendiri, Anda bisa menjadi pihak ketiga/penjual juga bisa dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Rental Mobil

Sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat dewasa ini. Membuka bisnis sarana transportasi juga merupakan pilihan bisnis yang menjanjikan bagi pensiunan.

Sama seperti bisnis properti, bisnis ini pun dapat Anda jalankan dari rumah saja. Jika Anda memiliki lebih dari satu mobil, jangan coba untuk menjualnya. Nilai jual mobil selalu turun, daripada rugi lebih baik disewakan saja. Bisnis rental mobil bakal tetap prospektif sepanjang masyarakat masih membutuhkan kendaraan untuk bepergian. Untuk yang memiliki modal lebih, tidak ada salahnya menambah kendaraan dengan membeli mobil baru. Kebanyakan penyewa mencari mobil dengan tipe mini bus.

Mobil tersebut dianggap memiliki berbagai kelebihan yang menjadi satu. Dari mulai daya tampung besar, kenyamanan, dan irit BBM. Soal harga sewa, tetapkan di angka Rp300 ribu-Rp400 ribu per 24 jam. Harga tersebut di luar bensin dan supir bila diperlukan.

3 dari 5 halaman

3. Argobisnis

Untuk Anda yang memiliki hobi merawat tanaman, ini merupakan bisnis hari tua yang tepat. Bila tanaman yang dulu hanya menjadi pemanis halaman rumah dan terkadang terabaikan karena kesibukan kantor, di usia lanjut nanti, justru bisa Anda jadikan salah satu sumber penghasilan, lo!

Menanam sayuran menjadi salah satu ide usaha setelah pensiun yang bisa dilakukan. Selain mudah, menanam sayuran tidak memakan waktu yang lama dalam pertumbuhannya. Dengan begitu, menanam sayuran pada halaman rumah akan sangat mudah untuk dirawat.

Namun, jika Anda tidak memiliki halaman yang cukup, memanfaatkan lantai dua rumah bisa menjadi solusinya.

4 dari 5 halaman

4. Peternakan

Selain tanaman, usaha peternakan bisa kamu lakukan setelah melewati pensiun, lo. Modal usaha setelah pensiun misalnya berternak tidak akan memakan biaya yang banyak, sehingga Anda tidak perlu khawatir pada saat pendanaan. Anda dapat mengembangkan ternak bebek atau ayam yang tidak sulit dalam penangannya.

Usaha ini bisa dijalankan dengan membuat/membeli kandangan di belakang halaman rumah. Kemudian, hanya tinggal membeli induk ayam atau bebek dengan pejantannya agar dapat berkembang biak dengan cepat. Dijamin, bisnis ini tidak akan membuat Anda jenuh setelah pensiun.

5 dari 5 halaman

5. Investasi Asuransi

Usaha setelah pensiun selanjutnya yaitu investasi asuransi, yang dapat menjamin masa tua. Sedini mungkin Anda harus mengambil keputusan untuk merencanakannya, sebab akan berdampak besar untuk hidup Anda kelak. Sehingga walaupun sudah tidak memiliki penghasilan, Anda masih memiliki uang pegangan.

Dengan begitu setelah pensiun dari perusahaan, masa usia senja pun akan terjamin cepat atau lambat setiap orang akan mengalami masa pensiun, mempersiapkannya sedini mungkin merupakan langkah terbaik. Dengan perencanaan dana pensiun, Anda pun akan merasa aman dan nyaman menikmati hari tua.

Persiapkan Masa Pensiun dari Sekarang

Penting untuk mempersiapkan masa pensiun dari sekarang dengan melakukan ide bisnis hari tua yang bisa dilakukan nantinya. Untuk itu, mulailah berinvestasi dan menyisihkan sebagian penghasilan Anda sebagai modal bisnis di hari tua nanti. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menginspirasi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini