Alami Hal Ini? Itu Tandanya Anda Butuh Piknik

Oleh Fitriana Monica Sari pada 07 Mei 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 07 Mei 2019, 06:00 WIB
stres
Perbesar
Ilustrasi stres (iStockphoto/BrianAJackson)

Liputan6.com, Jakarta Terlalu banyak bekerja sangat menyita waktu sehingga membuat Anda jenuh dan bosan. Apalagi, kalau kebanyakan bekerja tidak baik untuk kesehatan Anda, lo. Sekalipun hanya duduk tenang menghadap ke komputer atau laptop. Karena yang Anda gunakan untuk berpikir adalah otak. Jadi, ketika rasa lelah itu datang, Anda merasa ingin resign dari tempat kerja.

Padahal, ketika Anda merasa lelah bekerja yang diperlukan bukannya malah mengundurkan diri, tapi juga membahagiakan diri. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari tempat Anda bekerja.

Kalau tanda-tanda ini yang terjadi, itu sebenarnya Anda hanya butuh istirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan atau Anda butuh piknik!

Tanda-Tanda Butuh Piknik dari Rutinitas

Seringkali tubuh kita akan memberi tahu kapan harus beristirahat. Sayangnya, mungkin Anda tidak mempedulikannya. Padahal, Anda tahu bahwa terlalu memaksa diri untuk bekerja justru tidak akan memberikan hasil yang baik.

Terlalu memaksa diri akan berakibat buruk untuk kesehatan. Nah, berikut tanda bahwa Anda terlalu sibuk dan butuh piknik, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Tidak Menemukan Semangat dalam Bekerja

Mengerjakan rutinitas yang itu-itu saja memang terasa bosan. Padahal pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang awalnya begitu kamu inginkan. Namun, seiring berjalannya waktu, dan pekerjaan sudah memasuki usia tahunan, semangat yang dulu Anda miliki mulai luntur. Tapi, jangan langsung berpikir Anda sudah tidak cocok lagi sama pekerjaan dan langsung ingin resign.

Bisa jadi Anda hanya lelah dan perlu istirahat sejenak. Anda bisa melakukan beberapa inovasi untuk membunuh rasa bosan. Mulai dari menata ulang meja kerja, menentukan target baru, sampai mengajukan cuti untuk berlibur sejenak.

2 dari 6 halaman

2. Kian Hari Bekerja Semakin Tidak Maksimal

stres
Perbesar
Ilustrasi stres (iStockphoto)

Selama lima hari dalam seminggu selalu berkutat dengan tumpukan pekerjaan yang membuat otak dipaksa bekerja dengan kerasnya. Belum lagi, jika ada jam lembur yang memaksa Anda untuk pulang lebih larut dari biasanya, sudah bisa dibayangkan rasanya pasti lelah luar biasa, apalagi pagi harinya Anda sudah harus kembali bekerja lagi, kan. Begitu bangun pagi dan membuka mata, rasanya pasti tidak ingin bangkit dari tempat tidur dan ingin lanjut tidur saja bukan?

Jika hal ini mulai dirasakan setiap pagi, Anda bisa mencoba untuk menyempatkan jalan-jalan setiap pagi walaupun hanya sekitar rumah saja. Bangunlah lebih awal dan sempatkan jalan-jalan walau hanya sekitar 15 menit, itu akan membuat Anda lebih bersemangat setelahnya.

3. Menjadi Pelupa

Jika Anda terus menerus melupakan rencana atau janji yang telah dibuat, ada kemungkinan bahwa mental Anda sedang tertekan, lo!

Riset membuktikan bahwa stres kronis dapat mendatangkan dampak negatif langsung pada memori spasial, yang bertanggung jawab untuk membantu mengingat lokasi dan menghubungkan objek.

Jika Anda melewatkan rencana yang Anda janjikan untuk ketiga kalinya, maka ini saatnya Anda untuk mengambil waktu istirahat sejenak untuk melemaskan pikiran.

3 dari 6 halaman

4. Mudah Merasa Lelah

Stres
Perbesar
Ilustrasi stres.

Jika Anda terus-menerus bekerja sepanjang hari tanpa henti, tentu tubuh akan mudah merasa lelah. Kelelahan yang Anda rasakan bisa berakibat fatal pada kesehatan tubuh. Anda akan mudah terkena penyakit, misalnya mudah terkena flu, demam, batuk.

Sesibuk apapun Anda, harus menyempatkan untuk perbanyak minum air putih dan makan makanan yang bergizi.

5. Tidak Merawat Diri

Masih ingatkah Anda kapan terakhir kali merawat diri sendiri? Jika Anda membiarkan diri tak terawat dan tidak pernah meluangkan waktu untuk bersantai, maka semua pekerjaan Anda mungkin menjadi sia-sia.

Rata-rata orang yang bahagia hidupnya akan lebih lama dan lebih sehat hidupnya. Jadi, tidak peduli seberapa keras Anda bekerja, sangat berharga jika Anda menikmati hidup.

Luangkanlah waktu akhir pekan untuk merawat diri sendiri, baik itu dengan menghabiskan waktu di salon, menonton film di tempat tidur, atau berkumpul bersama teman-teman.

4 dari 6 halaman

6. Lupa Kapan Terakhir Liburan

Berpikir
Perbesar
Ilustrasi Foto Lamban Berpikir (iStockphoto)

Salah satu tanda butuh sering-sering piknik, ketika Anda sudah mulai lupa kapan terakhir kali Anda liburan. Ketika ditanya teman kapan terakhir liburan, Anda akan bingung dan kesulitan menjawab. Karena Anda sendiri tidak ingat kapan terakhir kali pergi berlibur.

Coba cek lagi deh, kapan terakhir Anda liburan dan semakin seru kalau Anda coba untuk liburan yang lumayan jauh, bahkan sampai keluar negeri. Tidak perlu yang jauh dari Indonesia, Anda bisa mulai dari yang dekat, misalnya Singapura.

7. Iri Melihat Teman Liburan

Banyak yang tidak menyadari, tapi setiap Anda melihat teman yang pergi berlibur, pasti bakal bikin iri dan ingin ikut berlibur juga. Itu juga bisa jadi tanda kalau Anda butuh piknik, lo! Nah, Anda juga bisa kok liburan kayak teman-teman Anda. Tidak cuma sekali, bahkan berkali-kali, lo.

Nah, biasanya hampir semua perusahaan memberikan hak cuti ke karyawannya dalam kurun waktu satu tahun dengan jumlah cuti yang bervariasi.

Jatah cuti ini bisa Anda manfaatkan. Biasanya waktu cuti mau habis, tapi jatah cuti Andi masih utuh dan belum diambil sama sekali. Kalau jatah cuti Anda tinggal 6 bulan lagi, berarti bisa dibilang sudah saatnya Anda mulai sering-sering piknik.

5 dari 6 halaman

8. Kehabisan Stok Foto untuk Diupload di Instagram

Ilustrasi Instagram
Perbesar
Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Jika Anda orang yang aktif di sosial media, coba cek feed Instagram Anda. Kalau postingan terlalu banyak hal-hal di sekitar, seperti lokasi di rumah, di kantor saja. Artinya Anda butuh sekali untuk meluangkan waktu untuk sering-sering piknik.

Setidaknya agar fotonya bisa di-posting di Instagram dan Instagram Anda jadi semakin berwarna. Kan lebih seru jika Anda bisa menghabiskan waktu liburan ke luar negeri, seperti Singapore, Malaysia, bahkan Amerika Serikat.

9. Orang-orang di Sekitar Menyuruh Liburan

Meskipun Anda cuek dan tidak peduli sama diri sendiri, tetapi kalau sampai orang-orang di sekitar Anda menyuruh untuk liburan, itu berarti memang tanda bahwa Anda sudah butuh sering-sering piknik. Jangan diabaikan, ya!

Anda bisa mengajak teman atau sahabat untuk menemani liburan. Apalagi kalau ada promo yang bisa memberikan Anda diskon atau potongan harga.

6 dari 6 halaman

10. Terlewat Info Tempat Liburan yang Happening

Indahnya The Lodge Maribaya, Bikin Gagal Move On dari Bandung
Perbesar
Indahnya The Lodge Maribaya, Bikin Gagal Move On dari Bandung

Yang satu ini juga merupakan salah satu tanda kalau Ada butuh piknik, lo! Saking tidak pernah liburan, Anda jadi kelewatan kalau banyak tempat-tempat baru yang seru dan sayang sekali kalau untuk dilewatkan. Bahkan, Anda juga tidak tahu kalau tempat-tempat baru dan keren itu sedang happening. Yuk, segera liburan!

Manfaatkan Waktu untuk Berlibur

Nah, yuk manfaatkan waktu untuk segera sering-sering piknik ke tempat yang Anda inginkan. Agar Anda bisa merilekskan pikiran dan istirahat sejenak dari rutinitas yang padat.

Lanjutkan Membaca ↓