Kalahkan Titanic, Avengers: Endgame Raup Rp 30 Triliun

Oleh Ayu Lestari Wahyu PuranidhiTommy Kurnia pada 07 Mei 2019, 04:30 WIB
Avengers: Endgame (Marvel)

Liputan6.com, New York - Avengers: Endgame terus melambungkan rekornya sebagai film terlaris sepanjang masa. Film kolosal seperti Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 2 dan Titanic sudah berhasil dilampau.

Dilansir dari laman CNBC, film Avengers: Endgame yang saat ini telah berada di akhir pekan kedua di bioskop telah meraup USD 2,1 miliar atau Rp 30 triliun (USD 1 = Rp 14.329)  di seluruh dunia. Film ini juga menjadi yang tercepat dalam meraup angka USD 2 miliar di box office.

Pemegang rekor sebelumnya adalah Avatar. Film arahan James Cameron itu membutuhkan 47 hari untuk mendapatkan keuntungan tersebut dalam satu dekade yang lalu.

Pada perhitungan Minggu, Avengers: Endgame telah melampaui Jurrasic Park, Avengers: Infinity War, Star Wars: The Force Awakens dan Titanic.

Hanya tinggal Avatar saja yang belum dapat terkalahkan oleh Avengers: Endgame. Film fiksi ilmiah itu berhasil meraup total keuntungan mencapai USD 2,78 miliar (Rp 39,8 triliun).

Namun ternyata, Endgame pada akhir pekan ini hanya menghasilkan USD 145,8 juta (Rp 2 triliun). Angka ini menurun sebanyak 60 persen dari minggu pertama. Untuk di Amerika Serikat (AS), film ini sudah meraup USD 629 juta (Rp 9 triliun) sejak debutnya.

Sementara, secara internasional, film superhero ini menghasilkan USD 282,2 juta (Rp 4 triliun) selama akhir pekan dan menjadikan total perhitungan internasional jadi USD 1,5 miliar (Rp 21,4 triliun).

Avengers: Endgame masih memiliki kesempatan untuk menjadi film terlaris sepanjang masa . Pasalnya, dalam kurun waktu dua minggu 'Endgame' sudah berhasil meraup keuntungan yang hampir sama dengan Avatar.

2 of 3

Raup Rp 17 Triliun, Avengers: Endgame Masuk Film Terlaris Sepanjang Masa

Poster Avengers: Endgame
Poster Avengers: Endgame edisi Tiongkok. (Marvel Studios)

Sebelumnya dilaporkan, Avengers: Endgame terus menorehkan pencapaian di dunia perfilman Amerika Serikat (AS) dan dunia. Terkini, seri keempat Avengers berhasil menjadi film pertama yang meraup USD 1 miliar hanya dalam waktu kurang dari seminggu.

Dilaporkan PolygonAvengers: Endgame meraup USD miliar atau Rp 14,4 triliun (USD 1 = Rp 14.194) dalam lima hari. Dengan ini, film tersebut menjadi film pertama dalam sejarah yang berhasil mencapai hal itu.

Berdasarkan data Box Office MojoAvengers: Endgame sedang berada di posisi 17 film terlaris sepanjang masa. Pendapatannya sejauh ini adalah USD 1,2 miliar (Rp 17 triliun). Posisi ini pun masih sementara, dan ada kemungkinan peringkat film naik terus naik.

Disney menyebut Avengers sudah mengalahkan pendapatan Avengers: Inifity Wars dalam pendapatan di minggu pertama secara domestik. Pendapatan Infinity Wars adalah sebesar USD 256,7 juta (Rp 3,6 triliun), sementara Endgame mendapat USD 350 juta (Rp 4,9 triliun).

Pencapaian Avengers: Endgame di seluruh dunia juga menjadi sorotan, terutama karena pencapaiannya di China. Pada hari pembukanya, film itu meraup USD 107,8 juta (Rp 1,5 triliun).

Selain itu, Avengers: Endgame juga memiliki debut global terbesar dalam IMAX, yakni USD 91,5 juta (Rp 1,2 triliun).

Avengers: Endgame juga menandakan film ke delapan Marvel Studios yang meraup USD 1 miliar (Rp 14,1 triliun). Sebelumnya ada Captain Marvel yang juga menembus angka tersebut.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓