Ingin ke Bulan, Miliarder Yusaku Maezawa Malah Bangkrut?

Oleh Tommy Kurnia pada 07 Mei 2019, 21:01 WIB
Yusaku Maezawa dan Elon Musk

Liputan6.com, Tokyo - Miliarder artistik Yusaku Maezawa mengaku akan menjual sejumlah barang artistik miliknya. Ia pun mengaku "bangkrut" ketika ditanya alasan penjualan itu. Padahal, ia rencananya akan berwisata ke bulan bersama roket Elon Musk.

Rencananya, ia akan menjual sejumlah lukisan berharga di rumah lelang Sotheby's. Lukisan yang ia akan jual adalah karya Ed Ruscha dan Andy Warhol. Estimasi harga berkisar USD 1,5 juta hingga USD 3 juta atau Rp 21,4 miliar hingga 42,9 miliar (USD 1 = Rp 14.326).

Penggemarnya pun menanyakan alasan dibalik keputusan ini. Respons Maezawa adalah dirinya tidak punya uang.

"Ya, saya tidak pernah punya uang karena saya selalu menghabiskannya," ujar Maezawa seperti dikutip Reuters.

Namun, kemungkinan besar sang miliarder hanya bercanda bila melihat caranya tertawa di akhir twit tersebut.

Yusaku Maezawa memang terkenal royal menghamburkan hartanya. Januari lalu ia sempat bagi-bagi uang sebesar Rp 13 miliar di Twitter ke para pengikutnya.

Namun bulan lalu, kekayaannya tergerus USD 700 juta atau sekitar Rp 9,8 triliun (kurs saat itu, USD 1 = Rp 14.123). Penyebabnya adalah harga saham yang menurun sebesar 26 persen dalam setahun terakhir.

Miliarder lulusan SMA ini adalah orang terkaya di depan dan hobi mengoleksi barang seni. Ketika berangkat ke bulan nanti, ia berjanji akan membawa para seniman bersamanya. Belum ada kejelasan tanggal keberangkatan hingga saat ini.

2 of 4

Kehilangan Rp 9,8 Triliun

Yusaku Maezawa
Yusaku Maezawa, miliarder Jepang yang akan dikirim terbang ke Bulan oleh Elon Musk (Foto: The Verge)

 Miliarder Jepang Yusaku Maezawa harus mengikhlaskan kerugian finansial sebelum bisa pergi ke bulan. Kerugian ini juga mengalahkan capaian penjualan tahun baru perusahaannya.

Dilaporkan Forbes, Maezawa yang merupakan pemilik ritel pakaian Zozo telah kehilangan harta hingga USD 700 juta atau Rp 9,8 triliun (kurs saat itu USD 1 = Rp 14.123). Ini diakibatkan jatuhnya saham Zozo sebesar 26 persen dalam setahun terakhir sehingga menghapus kekayaan Maezawa.

Posisi Maezawa pun ikut turun empat peringkat di daftar orang terkaya Jepang dari nomor 18 ke nomor 22. Total hartanya kini adalah USD 2 miliar (Rp 28,2 triliun).

Kerugian yang ditanggung sang miliarder hampir menyamai keuntungan terakhir yang dilaporkan Zozo, yakni sebesar 98 miliar yen atau setara Rp 12,3 triliun (1 yen = Rp 126).

Maezawa menjadi terkenal karena terpilih menjadi miliarder yang akan mengunjungi bulan dengan menunggai roket SpaceX milik Elon Musk. Belum ada tanggal pasti keberangkatan, tetapi Maezawa berjanji akan membawa sejumlah seniman bersamanya.

Di awal tahun ini, Maezawa sempat menyebarkan uang 100 juta yen (Rp 12,6 miliar) di Twitter sebagai tanda syukur karena penjualan tahun baru Zozo mencapai 10 miliar yen (Rp 14,1 triliun). Lebih dari dua juta orang mengikuti undian yang ia langsungkan di Twitter.

Sebelum jadi miliarder, Maezawa pernah bekerja sebagai penjual CD musik. Maezawa yang seorang lulusan SMA mendirikan Zozo pada tahun 1998 lalu.

3 of 4

Pecinta Seni yang Akan ke Bulan

Elon Musk menunjuk miliarder Jepang Yusaku Maezawa sebagai penumpang perdana perjalanan wisata ke Bulan (AP)
Elon Musk menunjuk miliarder Jepang Yusaku Maezawa sebagai penumpang perdana perjalanan wisata ke Bulan (AP)

Pebisnis dan miliarder Yusaku Maezawa akan menjadi orang pertama yang akan terbang ke bulan, meski dia bukan astronot. Ia tidak akan pergi sendiri, melainkan ditemani beberapa seniman.

Dikutip dari Business Insider, Maezawa telah membeli semua bangku penumpang Big Falcon Rocket, dan dia akan memilih enam sampai delapan seniman untuk menemaninya ke bulan. Belum diketahui siapa saja yang akan ia ajak.

Maezawa memang seorang pecinta seni. Ketika muda, ia adalah pemain drum di sebuah grup rock indie bernama Switch Style, nama panggungnya kala itu adalah YOU X SUCK. Ia memutuskan tidak ingin menjadi pekerja kerah putih setelah melihat wajah-wajah letih dalam perjalanan kerjanya di pagi hari.

Pada tahun 2017 kemarin, Maezawa menjadi sorotan media karena membeli lukisan karya Jean-Michel Basquiat senilai USD 110 juta.

Maezawa akan terbang mengelilingi bulan setidaknya pada 2023. Uniknya dia ingin membawa serta sejumlah seniman untuk mengubah seluruh perjalanan menjadi proyek seni bernama #dearmoon.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓