Sukses

Produktif Tanpa Korbankan Waktu Luang? Coba Ikuti 4 Tips Ini

Produktif tak melulu habiskan banyak waktu. Begini caranya!

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu memiliki kegiatan setiap harinya. Baik itu bekerja maupun bersekolah, pastinya Anda punya jadwal tersendiri di tiap harinya. Namun sebagai manusia pada biasanya, tentu Anda memiliki hobi yang harus Anda lakukan untuk mengurangi stres Anda.

Atau, Anda mungkin memiliki pekerjaan yang harus Anda selesaikan untuk kantor Anda, tapi hingga hari libur tiba, pekerjaan tersebut belum juga selesai dan Anda harus mengerjakannya.

Jangan khawatir. Jika Anda kesulitan untuk mengatur produktivitas dan waktu bersantai, berikut cara agar Anda tetap produktif tanpa mengorbankan waktu luang Anda, dilansir dari Fast Company:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Menerapkan Prinsip Pareto

Prinsip Pareto sendiri adalah prinsip yang dipopulerkan oleh seorang ekonom bernama Vilfredo Pareto. Dalam prinsip Pareto, untuk tidak membuang-buang waktu, ambillah kesempatan yang menurut Anda akan menghasilkan sesuatu paling besar.

Menurut Pareto sendiri selaku pencetus prinsip ini, 20 persen dari tindakan yang kita lakukan memberikan persentase sebesar 80 persen untuk hasil. Jadi, Anda perlu bijak untuk mengambil keputusan agar Anda bisa mendapatkan yang terbaik dengan mengefektifkan waktu yang Anda miliki.

2. Istirahat dengan Baik

Banyak milyarder yang menyarankan untuk selalu tidur 7 jam setelah bekerja. Jangan paksa untuk menjadi 3 atau 4 jam, karena secara psikologis, tidur memang akan mempengaruhi kinerja kita. Cukupkan waktu tidur Anda untuk bisa menjadi produktif tanpa mengganggu waktu luang Anda.

3 dari 3 halaman

3. Organisir Pekerjaan

Hal yang seringkali dilupakan oleh banyak orang yang ingin produktif tapi tetap santai adalah mengorganisir pekerjaan, memilah pekerjaan lengkap dengan batas akhir pengerjaan.

Ini sangat penting karena dengan mengorganisir pekerjaan, Anda akan membuat skema pengerjaan yang Anda usahakan untuk tidak menyentuh waktu santai Anda.

4. Fokus pada tujuan

Akan selalu ada tujuan dari setiap langkah. Jika Anda sudah cukup lama bekerja, coba tanyakan pada diri Anda, apakah pekerjaan tersebut memang sebuah jalan untuk mencapai tujuan Anda atau tidak.

Begitupun dengan produktivitas. Jika Anda memang ingin tetap produktif tanpa mengorbankan waktu luang, Anda harus bertanya pada diri Anda apakah Anda siap menerima risiko yang ada atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini