Sukses

Hadapi Krisis Keuangan dengan 4 Langkah Ini

Krisis keuangan bisa terjadi kapan saja. Hadapi dengan tenang lewat 4 langkah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah merasa mengalami krisis keuangan? Saat dimana Anda serba salah dalam mengatur keuangan. Kalau tidak dibayar, maka aktivitas terganggu. Kalau dibayar, menguras dompet dan membuat prioritas lain tidak terurus.

Jangan khawatir, krisis finansial memang bisa terjadi pada siapa saja. Untungnya, ini bukan akhir dari segalanya. Ada berbagai cara untuk menghadapi krisis keuangan, seperti dilansir dari CNBC:

1. Jangan Lupakan Menabung

Krisis keuangan bisa membuat Anda bingung, manakah yang harus dipentingkan? Meski banyak prioritas yang harus diselesaikan, Anda tidak boleh lupa menabung, sesedikit apapun jumlahnya. Alokasikan dana di sela-sela pembiayan kepentingan yang Anda punya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jangan Makan di Luar

Setidaknya hingga keuangan Anda stabil, jangan makan atau jajan di luar. Selain harganya lebih mahal, jajan di luar membuat Anda ingin selalu membeli barang yang lain lagi dan lagi.

Masaklah makanan sederhana di rumah, yang penting sehat dan bergizi. Kurangi juga membeli cemilan karena harganya juga cukup mahal.

3 dari 4 halaman

3. Cari Alternatif Termurah

Katakanlah Anda punya beberapa prioritas keuangan. Misalnya, makan sehari-hari, lalu transportasi dan komunikasi. Untuk makan, jangan beli di luar tapi masak sendiri di rumah.

Untuk transportasi, naiklah kendaraan umum, atau jika Anda punya kendaraan, belilah bahan bakar termurah.

Untuk komunikasi, belilah paket data yang murah dan manfaatkan wifi untuk mengunduh video dan game yang ingin dimainkan. Gunakan data ponsel hanya untuk aplikasi sosial seperti Whatsapp.

4 dari 4 halaman

4. Rencanakan Pengeluaran

Terdengar sepele, namun hal ini sangat membantu ketika Anda harus berhemat dalam satu hari. Tulis apa saja kegiatan Anda dan berapa biaya yang keluar dari kegiatan itu, sedetail mungkin.

Siapkan uang sesuai dengan rencana yang Anda buat, dan simpan sisa uang di tas bagian paling dalam, tujuannya agar Anda tidak mudah mengambilnya untuk jajan namun bisa menggunakannya di saat darurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini