Sukses

Sebelum Berhenti Operasi di Indonesia, Intip Kinerja Rabobank

PT Bank Rabobank International Indonesia mengumumkan berhenti beroperasi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rabobank International Indonesia mengumumkan berhenti beroperasi di Indonesia.

Sebelumnya bank asal Belanda ini telah beroperasi selama 29 tahun. Pengumuman tersebut telah dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Keputusan ini merupakan keputusan yang sulit namun merupakan bagian utama dari strategi global Rabobank Group terkait visi Banking for food yang terfokus kepada rantai pasok internasional untuk sektor pangan dan agrikultur," tulis manajemen dalam keterangan tertulisnya.

Penghentian operasional bank akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, beberapa kantor cabang bakal ditutup. Saat ini izin penutupan kantor cabang telah disampaikan kepada OJK. Atas hal itu, Rabobank meminta para nasabah untuk menutup rekening di kantor cabang tempat pembukaan.

Bila melihat laporan kinerja keuangan hingga September 2018 yang dikutip dari laman Rabobank, seperti ditulis Sabtu (4/5/2019), perseroan alami rugi bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 132,21 miliar dari periode sama tahun sebelumnya untung Rp 10,26 miliar.

Selain itu, perseroan alami penurunan pendapatan bunga 2,29 persen menjadi Rp 670,30 miliar hingga September 2018 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 686,07 miliar. Pendapatan bunga bersih merosot 9,35 persen menjadi Rp 340,70 miliar hingga September 2018.

Total aset perseroan tercatat naik menjadi Rp 12,58 triliun pada 30 September 2018 dari periode 31 Desember 2017 sebesar Rp 11,88 triliun.

Rabobank Indonesia mencatatkan kenaikan non performing loan (NPL) gross menjadi 3,58 persen hingga September 2018 dari periode sama tahun sebelumnya 2,86 persen. NPL net tercatat naik menjadi 2,17 persen pada 30 September 2018 dari periode sama tahun sebelumnya 0,34 persen.

Selain itu, biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) naik menjadi 119,22 persen hingga 30 September 2018 dari periode sama tahun sebelumnya 102,04 persen. BOPO ini gambarkan efisiensi bank dalam melakukan kegiatannya. Makin kecil nilai BOPO maka semakin efisien.

Sementara itu, Loan to deposit ratio (LDR) atau rasio penyaluran kredit naik menjadi 126,29 persen pada 30 September 2018 dari periode sama tahun sebelumnya 102,26 persen.

Karyawan Rabobank pun juga makin menyusut. Dari 1.564 karyawan pada 2013 menjadi 722  karyawan pada 2017. Di Indonesia, Rabobank memiliki kantor di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Rabobank Indonesia merupakan bagian dari grup Rabobank asal Belanda. Rabobank adalah penyedia layanan finansial internasional yang beroperasi berdasarkan prinsip koperasi.

Layanan yang ditawarkan adalah bank ritel, perbankan korporasi, private banking serta real estate dan leasing. Rabobank melayani sekitar 8,7 juta nasabah dan beroperasi di 38 negara. Rabobank group terdiri dari cooperatieve rabobank U.A dan anak perusahaan terkonsolidasi di Belanda dan luar Belanda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rabobank Berhenti Operasi di Indonesia

Seperti diberitakan, PT Bank Rabobank International Indonesia dalam suratnya kepada nasabah mengumumkan penghentian operasional Rabobank Indonesia atas wewenang pemegang saham pengendali.

Pihak manajemen mengatakan, hal tersebut telah dilaporkan oleh bank kepada pengawas yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

"Keputusan ini merupakan keputusan yang sulit namun merupakan bagian utama dari strategi global Rabobank Group terkait visi Banking for food yang terfokus kepada rantai pasok internasional untuk sektor pangan dan agrikultur," tulis manajemen dalam keterangan tertulisnya.

Adapun penghentian operasional Rabo Nank akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, beberapa kantor cabang bakal ditutup. Saat ini izin penutupan kantor cabang telah disampaikan pula ke OJK. Atas hal itu, Rabo Bank meminta para nasabah untuk menutup rekening di kantor cabang tempat pembukaan.

"Selama penutupan kantor cabang, secara bertahap kami akan mengurangi layanan produk dan jasa perbankan yang selama ini diberikan kepada nasabah Rabo Bank. Pemberitahuan lebih rinci akan kami sampaikan secara terpisah," tulis manajemen.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Kantor Cabang Rabobank yang Tutup

PT Bank Rabobank International Indonesia (Rabobank Indonesia) mengumumkan penghentian operasionalnya di Indonesia. Penutupan bank asal Belanda ini akan dilakukan secara bertahap. Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jumat, 3 Mei 2019.

Bank Rabobank pusat yang berlokasi di Abdul Muis, Jakarta Pusat masih ramai dikunjungi oleh para nasabahnya.  Salah satu security, Supriyono (50) menuturkan, keramaian Rabobank di sini disebabkan gedungnya yang merupakan kantor pusat.

Sedangkan kantor-kantor cabang Rabobank akan menyusul untuk ditutup dalam waktu dekat. Kami pun mendapati beberapa daftar kantor cabang Rabobank yang akan tutup. Rencananya kantor cabang ini hanya akan beroperasi sampai pada 28 Juni 2019 dan 26 Juli 2019.

Untuk kantor cabang Rabobank yang melayani hingga 28 Juni 2019 ialah kantor di Jakarta-Cipinang, Jakarta-Muara Karang, Jakarta-Gading Serpong, Surabaya-Kembang Jepun, dan Malang-Semeru. Kemudian kantor cabang Jember-Johar Baru, Lampung-Teluk Betung, Magelang-Tentara Pelajar, serta Yogyakarta-Diponegoro.

Sementara itu, untuk kantor cabang Rabobank yang melayani hingga 26 Juli 2019 adalah kantor di Jakarta-Krekot, Jakarta-Jatinegara, Jakarta-Perniagaan, Jakarta-Palmerah, dan Jakarta-Kelapa Gading.

Kemudian kantor di Karawang-Tuparev, Cirebon-Karang Getas, Kudus-Ahmad Yani, Medan-Asia. Adapun kantor cabang Rabobank Lampung-Metro dan Surabaya-HR Muhammad tengah dalam proses persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyusul kantor cabang lain yang akan tutup.

Anda masih tetap dapat melakukan aktivitas perbankan di kantor cabang Rabobank Indonesia selain daripada yang disebutkan diatas (termasuk kantor cabang Rabobank Abdul Muis dan kantor cabang pembantu Mega Kuningan) hingga tanggal yang ditentukan kemudian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.