Sukses

Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Ini Saat Akhir Pekan Bersama Keluarga

Akhir pekan tak melulu dihabiskan dengan bermalas-malasan.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan biasanya diasosiasikan dengan malas-malasan. Orang-orang memanfaatkan waktu luang untuk sekadar beristirahat dan menyiapkan diri lebih baik untuk aktivitas esok harinya.

Namun, bukan berarti waktu luang di akhir pekan tidak bisa edukatif. Anda dapat menambah wawasan namun tetap bersantai dengan beberapa kegiatan edukatif berikut. Dilansir dari Family Education, berikut lima kegiatan edukatif untuk Anda dan keluarga:

1. Main Treasure Hunt

Anda tahu treasure hunt? Permainan harta karun sederhana. Anda bisa rencanakan apa harta karunnya, dimana disimpannya dan buat peta harta karunnya. Permainan ini pasti seru, apalagi untuk anak-anak.

Mereka bisa mengasah fisik dan otak dalam permainan edukatif ini. Jika tidak bersama keluarga, Anda bisa bermain dengan teman atau kerabat dekat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ikut Kegiatan Sosial

Banyak kegiatan sosial sederhana yang bisa Anda ikuti saat akhir pekan, mulai dari aksi bersih-bersih sampah hingga long march. Kegiatan ini, selain bisa meningkatkan kepekaan sosial, juga bisa menambah banyak teman.

Anda akan belajar banyak tentang kemanusiaan dan bisa memahami pemikiran orang lain lebih baik.

3. Nonton Film Jadul

Kenapa harus fim jaman dulu? Biasanya, banyak kesan dan pesan yang film jaman dulu berikan dan bisa kita ambil sebagai pelajaran. Misalnya, film edukasi seperti 3 Idiots, Waiting for Superman, Freedom of Writers dan lainnya.

Anda tidak hanya terhibur dengan sinematografinya, namun dapat mengambil pelajaran dari film itu.

3 dari 3 halaman

4. Nonton Konser Musik Klasik

Konser musik klasik biasanya diadakan saat malam akhir pekan. Lagu-lagu yang dibawakan, tentu saja musik klasik karangan Beethoven, Mozart, Vivaldi dan lainnya.

Jangan salah, meski tiketnya mahal, pengetahuan musik akan bertambah. Ditambah aksi pemain musik klasik seperti biola dan cello yang lihai pasti akan sangat menghibur.

5. Berkemah

Siapa yang tidak suka berkemah? Dengan berkemah, hubungan Anda dan keluarga bisa lebih erat dan kuat. Tidak perlu jauh-jauh, pergi saja ke bumi perkemahan terdekat dan siapkan peralatannya sebelum pergi.

Anda dan keluarga akan belajar banyak tentang kerjasama dan bisa memahami lebih dekat satu sama lain. Anda juga bisa terapkan permainan treasure hunt saat berkemah. Akan lebih seru dan edukatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.