Mendag Pastikan Harga Cabai dan Bawang Putih Stabil di Bulan Ramadan

Oleh Liputan6.com pada 03 Mei 2019, 15:50 WIB
Gaya Mendag Enggartiasto Lukita Saat Pemotretan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memastikan harga sejumlah komoditas pangan di pasar stabil memasuki bulan Ramadan. Misalnya harga cabai dan bawang merah.

Ini disampaikan Enggar usai menghadiri rapat terbatas Persiapan Menghadapi Idul Fitri 1440 H/2019 M di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (3/5/2019). "Aman. Tiada soal stok juga tersedia, harga juga," jelas dia.

Saat ini, harga bawang putih melonjak hingga Rp 100 ribu per kg. Padahal, sebelumnya bawang putih dihargai Rp 60 ribu -Rp 70 ribu per kg.

Enggar yakin harga bawang putih akan turun menjadi Rp 70 ribu per kg, memasuki bulan Ramadan. 

"Tadi juga sudah dilaporkan Rp 80 ribu sudah masuk. Dan diperkirakan minggu depan masuk ke pasar. Jadi akan terjadi penurunan," kata dia.

Sementara persediaan beras di bulan Ramadan, Enggar memastikan juga sudah aman. Tidak akan ada lonjakan harga beras selama umat Islam menjalankan ibadah puasa.

"Jadi tidak ada masalah. Insya Allah lah kalau dari bahan pokok tidak ada kekhawatiran," ujarnya.

Senada dengan Enggar, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan persediaan bawang putih dan beras selama bulan Ramadan akan aman.

"Aman. Semua pangan Alhamdulillah aman, yang mengkhawatirkan kemarin cuma satu, bawang putih. Tapi kemarin sudah masuk 100 ribu ton," sebutnya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

2 of 2

Harga Tomat dan Cabai Merah Turun di Pasar Kelapa Gading

Jelang Puasa, Harga Bahan Pokok Stabil
Pedagang memilah tomat di pasar induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (26/4). Kementerian Perdagangan siap menjaga harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang Puasa dan Lebaran 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jelang akhir pekan dan Ramadan 2019, harga komoditas sayuran masih stabil dan belum meningkat. Meski begitu, ada beberapa bahan pokok yang harganya turun hingga Rp 2.000 ribu per kilogram (kg), yaitu cabai merah besar dan tomat.

Pantauan Liputan6.com di Pasar Kelapa Gading, Jakarta Utara, harga cabai merah besar turun menjadi Rp 38 ribu per kg dari Rp 40 ribu per kg. Sementara, harga tomat turun menjadi Rp 18 ribu per kg, yang semula Rp 20 ribu per kg.

Pedagang sayuran Pasar Kelapa Gading, Toto (30) menyatakan fluktuasi harga sayuran jelang puasa memang sudah biasa terjadi. Apalagi, harga bawang putih saja sudah mendekati angka Rp 60 ribu per kg.

"Bawang putih sudah semingguan naik jadi Rp 60 ribu per kilogram, sempat turun jadi Rp 50 ribuan tapi naik lagi," ujar dia kepada Liputan6.com, Jumat (3/5/2019).

Pedagang lain Eni (46) mengatakan kalau harga bawang putihnaik. Untuk komoditas lainnya masih stabil, seperti cabai merah keriting di angka Rp 30 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp 30 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 35 ribu per kg dan bawang merah Rp 40 ribu per kg.

"Cabai merah dan hijau jarang naik turun, yang sering bawang putih ini," ujarnya.

Para pedagang menduga, selama bulan puasa dan menjelang Lebaran harga komoditas pasti akan lebih fluktuatif. Mereka mengaku telah siap menghadapi itu semua.

"Tiap mau puasa begini, jadi nggak kaget. Pembeli, mah, ada terus," tambah Eni.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by