Sukses

Kuasai 10 Kemampuan Ini agar Karier Makin Cemerlang

Milenial harus miliki 10 kemampuan ini agar bisa sukses di masa depan. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta - Untuk sukses, orang membutuhkan dua kemampuan, yaitu kemampuan teknis dan soft skill. Kadang, orang-orang terlalu fokus pada kemampuan teknis dan melupakan soft skill yang sebenarnya berperan penting dalam pencapaian karier.

Agar nantinya memiliki masa depan karier yang sukses, para milenial harus memahami setidaknya 10 kemampuan ini, dilansir dari Business Insider:

1. Kemampuan Mengendalikan Ketidakpastian

Kenyataan tidak melulu berjalan sesuai rencana dan harapan. Oleh karena itu, generasi milenial disarankan untuk "memeluk erat ketidakpastian". Artinya, ketika nanti ada yang berubah, misalnya perpindahan karier, mereka harus bisa mengendalikannya.

2. Kemampuan Jujur

Sekarang ini, kejujuran menjadi hal yang langka. Milenial mungkin bisa sukses dan memiliki uang yang banyak, tapi jujur dan integritas tetap harus dipegang agar karier ke depan tidak tersandung.

3. Kemampuan Menerima Kritik

Kadang, sebagian orang merasa sudah melakukan langkah yang benar sehingga mereka tidak terima jika ada yang mengkritik. Mereka akan menganggap disalahkan, padahal kritik tersebut dapat membangun karier ke depannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Kemampuan Memulai Percakapan Menarik

Milenial yang sukses tidak akan bercakap hal-hal tidak penting yang sudah diketahui jawabannya. Mereka akan membahas topik yang inspirasional dan isu-isu yang sedang hangat.

5. Kemampuan Memegang Janji

Semua orang sering berjanji, tapi hanya sedikit yang menepati janji mereka. Jika ingin sukses dalam berkarier, menepati janji adalah keharusan, apalagi jika ingin menjadi pemimpin. Pemimpin yang baik selalu menepati omongannya.

6. Kemampuan Mengendalikan Emosi

Dalam perjalanan karier, ada saja hal yang bisa membuat kita sedih, marah, kecewa dan lainnya. Meski begitu, milenial yang sukses harus bisa mengendalikan emosi dan selalu bersikap profesional.

3 dari 3 halaman

7. Kemampuan Menerima Kegagalan

Tidak semua hal yang dilakukan berujung pada keberhasilan. Namun, orang yang sukses pasti akan tahan banting terhadap kegagalan dan selalu menerimanya dengan semangat yang baru lagi. Milenial yang ingin sukses tentu tidak boleh pantang menyerah.

8. Kemampuan Membuat Keputusan

Jika milenial ingin menjadi pemimpin yang hebat, tentu harus bisa membuat keputusan di saat sulit dengan minimnya pilihan. Pemimpin yang plin plan tentu tidak akan membuat kelompok berhasil mencapai targetnya.

9. Kemampuan Menjual Diri Sendiri

Milenial yang tidak bisa memperlihatkan kelebihan diri tidak akan dipilih untuk berkompetisi di dunia kerja. Oleh karena itu, anak muda sekarang harus bisa meyakinkan bagaimana dirinya bisa bermanfaat dan berguna bagi lingkungan profesionalnya.

10. Kemampuan Bernegosiasi

Bernegosiasi untuk mendapatkan kesepakatan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak tentu ada ilmunya, dan inilah yang harus dikuasai milenial agar sukses nantinya. Milenial yang mampu bernegosiasi akan mencapai jalur kariernya dengan cepat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.