Miliarder Ini Bayar Rp 92 Miliar agar Anak Diterima Kampus Elit

Oleh Tommy Kurnia pada 04 Mei 2019, 21:00 WIB
Stanford University

Liputan6.com, Stanford - Miliarder China Tao Zhao terlibat skandal untuk memuluskan jalan putrinya menjadi mahasiswi kampus elit. Total pembayarannya mencapai USD 6,5 juta atau Rp 92,7 miliar (USD 1 = Rp 14.257).

Dilaporkan The LA Times, uang diberikan pihak keluarga kepada pelaku bernama William Rick Singer untuk mengamankan bangku di Universitas Stanford. Putri miliarder itu belajar psikologi dan studi Asia Timur, statusnya sudah D.O. sejak 30 Maret lalu.

Skema Singer adalah memalsukan rekam jejak sang putri seakan ia pernah ikut kompetisi pelaut. Sebagai informasi, pihak Universitas Stanford menjelaskan bakat seperti olahraga dan seni turut dipertimbangkan sebagai faktor penentu penerimaan.

Stanford Daily mencatat belum ada kejelasan apakah sang miliarder di bidang Farmasi ini mengetahui bahwa skema yang pelaku lakukan adalah ilegal.

Sang bapak dan putrinya sama-sama bungkam terhadap kasus ini. Mereka juga belum menghadapi tuntutan hukum. Meski demikian, pihak Universitas Stanford menyebut tidak menerima USD 6,5 juta tersebut dari pelaku.

Stanford mengakui program pelayaran mereka menerima USD 770 ribu (Rp 10,9 miliar) dari yayasan milik pelaku. Uang itu mengalir dari tiga calon mahasiswa, tetapi dua di antaranya tidak diterima Stanford, sementara satu lagi tidak terkait program pelayaran.

Kasus penyogokan di kampus elit di Amerika Serikat (AS) mulai terkuak pada bulan Maret lalu. Sebelum kasus miliarder ini terkuak, ada aktris Lori Loughlin dan Felicity Huffman yang ketahuan curang agar anak mereka diterima di kampus.

 

2 of 4

Universitas Pencetak Miliarder Terbanyak di Dunia, Apa Saja?

Stanford University
Stanford University

Setelah Forbes merilis daftar nama orang terkaya di dunia, tentunya banyak orang yang berpikir dari universitas mana sajakah mereka berasal?

Jumlah miliarder tahun ini mencapai 2.153, meskipun angka ini turun 250 orang dibanding tahun lalu, namun nama beberapa miliarder lama masih tetap menduduki posisi terkaya di dunia diantaranya Jeff Bezos, Bill Gates, dan Warren Buffet.

Dilansir dari laman Entrepreneur, platform pendaftaran situs domain web UK melakukan penelitian mengenai latar belakang pendidikan para miliarder dunia ini.

Terdapat 128 universitas di seluruh dunia yang menjadi tempat bagi 250 miliarder mengejar gelar sarjananya.

Adapun universitas yang paling banyak menghasilkan lulusan sebagai miliarder, antara lain Universitas Harvard sebanyak 7 orang; Universitas Pennsylvania 6 orang; Universitas Yale 5 orang; Sweden’s Lund University sebanyak 5 orang.

Sementara terdapat tiga jurusan yang paling banyak dipilih oleh para miliarder dunia, antara lain jurusan Teknik (22 persen), Bisnis (17,6 persen), dan ekonomi keuangan (17 persen).

3 of 4

10 Universitas Termahal di Dunia, Mana Saja?

University of Oxford, perguruan tinggi tertua Inggris
University of Oxford, perguruan tinggi tertua Inggris

Dilansir dari laman Luxatic, berikut 10 universitas termahal di dunia:

10. Nanyang Technological Univesity - USD 5.791 atau Rp 82,3 juta

9. Bond University - USD 8.000 atau Rp 113,8 juta

8. Toronto University - USD 20 Ribu atau Rp 284,5 juta

7. University of Melbourne - USD 20.431 atau Rp 290,6 juta

6. Regent’s University London - USD 22,3 Ribu atau Rp 318,1 juta 

5. Queen's University - USD 27,102 atau Rp 385,5 juta

4. Oxford university - USD 42,100 atau Rp 598,8 juta

3. Harvey Mudd - USD 56 Ribu atau Rp 809 juta

2. University of Chicago - USD 57 Ribu atau Rp 810 juta

1. Columbia University - USD 59 Ribu atau Rp 845,3 juta

4 of 4

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by