Sukses

Transaksi Tabungan Emas Pegadaian Naik 22,5 Persen

Kumlah nasabah baru pemilik Tabungan Emas Pegadaian tumbuh 29,2 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Program April Belanja Emas yang digelar PT Pegadaian (Persero) membuahkan pertumbuhan baik bagi perseroan. Baik jumlah nasabah baru maupun jumlah transaksi mengalami peningkatan yang cukup baik.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Harianto Widodo menyatakan, jumlah nasabah baru pemilik Tabungan Emas Pegadaian tumbuh 29,2 persen berkat progam tersebut.

"Program ini dapat menambah 90.394 rekening tabungan emas nasabah baru," ungkapnya di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Sementara untuk jumlah transaksi naik sebesar 22,5 persen atau sebesar 412.133 transaksi. Dari perolehan angka ini, Pegadaian optimis kinerja perusahaan akan terus meningkat, ditambah dengan adanya aplikasi Pegadaian Digital.

Untuk transaksi secara umum di Pegadaian sendiri, diakui Harianto, meningkat meski belum signifikan.

"Biasanya menjelang puasa memang naik tapi tidak terlalu terlihat. Jelang lebaran justru turun," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ulang Tahun Ke-118, Pegadaian Bagi-Bagi Emas dan Tiket Kapal Pesiar

Dalam rangka perayaan ulang tahun ke-118, PT Pegadaian (Persero) berbagi hadiah emas pada para nasabah. Hadiah diberikan pada nasabah yang membuka rekening dan melakukan top up produk Tabungan Emas Pegadaian selama periode 1-30 April 2019.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Harianto Widodo menyatakan, Pegadaian memang sedang gencar-gencarnya mendorong pertumbuhan transaksi tabungan emas.

"Bagi kami, program Tabungan Emas adalah titipan. Nasabah membeli emas, kemudian dititipkan pada kami, diadministrasi dengan baik. Jadi kita ingin mendorong nasabah lama Pegadaian untuk tetap loyal dan menggaet nasabah baru," ungkapnya di Jakarta, Kamis (2/5/2019). 

Sementara, untuk hadiah yang diundi dalam program ini terbagi menjadi 3 grand prize. Grand prize III yaitu paket wisata kapal pesiar reguler ke Singapore-Penang untuk 5 pemenang masing-masing senilai Rp 15 juta serta kapal pesiar executive dengan rute yang sama bagi 2 orang pemenang masing-masing senilai Rp 20 juta untuk grand prize II.

Untuk grand prize I, hadiahnya adalah Tabungan Emas seberat 118 gram senilai Rp 76,7 juta bagi 1 orang pemenang.

Selain grand prize, Pegadaian juga memberikan hadiah Tabungan Emas dengan berat total 2.088 gram untuk 1.770 nasabah yang akan diundi setiap dua hari. Dengan begitu, di setiap pengundian terdapat 118 pemenang hadiah Tabungan Emas seberat 1,18 gram per orangnya.

3 dari 3 halaman

Bidik 12 Juta Nasabah, Pegadaian Luncurkan 3 Produk Baru

Sebelumnya, pada puncak HUT ke-118, PT Pegadaian (Persero) meluncurkan tiga produk andalan, yakni Gadai on Demand (GoD), Branch Transformation Office, dan Rahn Tasjily Tanah. Hadirnya ketiga produk baru ini diharapkan mampu bantu perseroan menarik 12 juta nasabah pada 2019.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, tiga produk layanan tersebut merupakan wujud nyata dari kinerja perusahaan yang terus melakukan inovasi produk dan sistem layanan secara digital untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

"Kami menyadari bahwa nasabah semakin ingin dilayani dengan cepat, aman, dan nyaman dengan menggunakan teknologi digital. Oleh karena itu, hari ini kami meluncurkan tiga produk layanan untuk mempermudah nasabah menggunakan fasilitas dari Pegadaian," ujar dia dalam sebuah pernyataan tertulis, Senin (29/4/2019).

Kuswiyoto menjelaskan, Gadai on Demand (GoD) merupakan layanan yang membantu nasabah yang ingin menggadaikan perhiasan atau barang berharga lainnya, tetapi tidak memiliki waktu ke gerai Pegadaian.

Dalam hal ini, Pegadaian bekerjasama dengan perusahaan berbasis digital di sektor transportasi on demand yang bertugas untuk menjemput barang yang akan digadaikan.

"Dengan GoD, nanti petugas ojek online akan menjemput barang yang akan digadaikan, selanjutnya dana hasil gadai akan ditransfer ke rekening nasabah," terang dia.

Sementara itu, Rahn Tasjily Tanah merupakan produk dari Pegadaian Syariah dengan jaminan berupa sertifikat tanah atau bukti kepemilikan tanah yang ditujukkan kepada pengusaha mikro dan petani.

"Cara kerja dan prinsipnya pun disesuaikan dengan prinsip syariat Islam. Selain itu, marhun bih atau pinjaman yang diberikan juga terbilang tinggi, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 200 juta dengan aturan angsuran yang sangat fleksibel," ungkap Kuswiyoto.

Sedangkan Branch Transformation Office merupakan peluncuran standarisasi outlet baik dari sisi fisik bangunan, maupun sistem layanan.

Dari sisi penjualan, layanan ini akan meningkatkan sistem kerja seperti penetapan sales model, penetapan standar penjualan di cabang, peningkatan produktifitas outbond sales, pengembangan sales tools, dan sebagai customer relationship management yang terintegrasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bisnis utama Pegadaian adalah pemberian pinjaman dengan jaminan barang bergerak baik secara konvensional maupun syariah.

    Pegadaian

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • Tabungan Emas