Sukses

Mau Produktif saat Puasa? Lakukan Hal Ini

Lima hal ini akan bantu Anda untuk lebih produktif saat berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta - Puasa terkadang membuat sebagian orang merasa lemah, lemas, lesu bahkan lunglai. Tentunya hal ini membuat banyak orang yang merasa produktivitasnya menurun saat puasa.

Perubahan pola hidup dan kebiasaan dalam sehari-hari selama bulan Ramadan membawa pengaruh pada stamina dan konsentrasi bagi yang sedang menjalankan puasa.

Namun seharusnya, hal ini tidak perlu terjadi jika Anda melakukan beberapa hal berikut. Mau tahu hal apa sajakah itu?

Dilansir dari laman Metro, berikut merupakan 7 hal yang harus Anda lakukan saat berpuasa untuk tetap produktif:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Perhatikan Makanan Anda ketika Sahur dan Berbuka

Makanan yang kita makan tentunya memiliki dampak yang begitu besar bagi tubuh kita terlebih saat bulan Ramadan tiba. Untuk itu, perhatikan makanan Anda ketika sahur maupun berbuka.

Hindarilah berbukan dengan makanan yang berminyak karena iini akan membuat ada mudah merasa lesu dan malas sepanjang hari hingga malam. Pilihlah makanan yang bergizi, yang mampu memberikan energi yang baik bagi Anda.

Untuk sahur, Anda bisa makan semangkuk oatmeal daripada harus memakan semangkuk sereal manis. Kemudian jangan lupa untuk memakan buah dan segelas susu.

Sedangkan saat berbuka, makanlah perlahan dan makanlah makanan yang ringan dan bukan berat. Karena ini nantinya akan merasa kenyang dengan cukup cepat. Jika Anda masih lapar, makanlah setelah shalat malam.

 

3 dari 4 halaman

2. Lakukan Tugas Penting Setelah Sahur

Jika Anda memiliki beberapa tugas penting, maka kerjakan dan lakukanlah saat setelah sahur karena energi masih banyak pada saat ini.

Ingatlah segala tugas yang Anda miliki pada sepanjang hari tersebut. Mulailah menyicilnya setelah sahur dan ini akan membuat Anda lebih cepat untuk menyelesaikannya.

3. Buatlah Daftar Kegiatan yang Perlu Anda Kerjakan Tiap Harinya

Sebagian orang lebih suka membuat jadwal kegiatan karena ini akan membuat mereka lebih cepat untuk menyelesaikan setiap tugas yang ada.

Untuk itu, buatlah daftar kegiatan Anda selama puasa, jangan lupa urutkan dari yang terpenting yang harus dilaksanakan terlebih dahulu.

 

4 dari 4 halaman

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup juga dapat membantu menjaga produktivitas saat berpuasa. Jangan memforsir diri Anda untuk bekerja keras.

Selain itu, jaga pola tidur selama puasa. Usahakanlah untuk tidur cukup, meskipun kurang dari 7 jam per hari agar Anda tetap dapat fokus dan tidak lemas di siang harinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini