Sukses

4 Hal yang Sering Bikin Usaha Kecil Gagal

Berikut 4 alasan kegagalan paling umum dalam usaha kecil

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan bisnis bukan untuk menjadi lemah hati, karena kewirausahaan berkaitan erat dengan risiko. Pemilik bisnis harus memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko spesifik perusahaan sambil membawa produk atau layanan ke pasar dengan harga yang memenuhi tingkat permintaan konsumen.

Meskipun ada sejumlah usaha kecil di berbagai industri yang berkinerja baik dan terus menguntungkan, sebagian besar perusahaan gagal dalam 18 bulan pertama operasi. Tanpa strategi yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis, usaha kecil dapat mengalami kegagalan yang tak terelakkan.

Untuk melindungi bisnis baru atau yang sudah mapan agar tidak jatuh ke dalam perusahaan yang gagal, perlu untuk memahami apa yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis dan bagaimana setiap hambatan dapat dikelola atau dihindari.

Alasan kegagalan paling umum dari usaha kecil adalah kurangnya modal atau pendanaan, mempertahankan tim manajemen yang tidak memadai, infrastruktur atau model bisnis yang salah, dan inisiatif pemasaran yang gagal.

Dikutip dari Laruno.id, berikut 4 alasan kegagalan paling umum dalam usaha kecil:

1. Kekurangan Modal

Dari sejumlah besar bisnis kecil yang gagal setiap tahun, hampir setengah dari pengusaha menyatakan kurangnya dana atau modal kerja adalah penyebabnya.

Dalam banyak kasus, pemilik bisnis sangat sadar berapa banyak uang yang diperlukan untuk menjaga operasi berjalan setiap hari, termasuk penggajian dana, membayar biaya overhead tetap dan beragam seperti sewa dan utilitas.

Namun, pemilik perusahaan yang gagal kurang selaras dengan berapa banyak pendapatan yang dihasilkan oleh penjualan produk atau layanan. Hubungan ini mengarah ke kekurangan pendanaan yang dengan cepat membuat usaha kecil tidak beroperasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Manajemen yang tidak memadai

Alasan umum lainnya usaha kecil gagal adalah kurangnya ketajaman bisnis yang dimiliki oleh tim manajemen atau pemilik bisnis.

Dalam beberapa kasus, pemilik bisnis adalah satu-satunya personel tingkat senior dalam suatu perusahaan, terutama ketika suatu bisnis berada pada tahun pertama atau kedua operasinya.

Meskipun pemilik bisnis mungkin memiliki keterampilan yang diperlukan untuk membuat dan menjual produk atau layanan yang layak, tetapi sering kali kurang memiliki skill untuk mengelola karyawan lain dengan sukses.

Tanpa tim manajemen yang berdedikasi, pemilik bisnis memiliki potensi lebih besar untuk salah mengelola aspek-aspek tertentu dari bisnis, apakah itu keuangan, perekrutan atau pemasaran.

Tim manajemen yang kuat adalah salah satu tambahan pertama yang perlu dilakukan oleh bisnis kecil untuk melanjutkan operasi ke masa depan.

3. Rencana Bisnis dan Infrastruktur

Usaha kecil sering mengabaikan pentingnya perencanaan bisnis yang efektif sebelum memulai bisnis. Rencana bisnis yang sehat harus mencakup uraian yang jelas tentang bisnis, karyawan saat ini dan masa depan dan kebutuhan manajemen, peluang dan ancaman di pasar yang lebih luas, kebutuhan modal termasuk proyeksi arus kas dan berbagai anggaran, inisiatif pemasaran dan analisis pesaing.

Dengan demikian, bisnis yang tidak secara teratur meninjau rencana bisnis awal, atau yang tidak siap untuk beradaptasi dengan perubahan di pasar atau industri, peluang untuk gagal akan semakin besar.

Untuk menghindari perangkap terkait dengan rencana bisnis, seorang pengusaha harus memiliki pemahaman yang kuat tentang industri dan persaingannya sebelum memulai sebuah perusahaan.

Model dan infrastruktur pesifik perusahaan harus ditetapkan jauh sebelum produk atau layanan ditawarkan kepada publik, dan aliran pendapatan potensial harus diproyeksikan secara realistis jauh sebelumnya. Membuat dan mempertahankan rencana bisnis adalah kunci untuk menjalankan perusahaan yang sukses untuk jangka panjang.

3 dari 3 halaman

4. Kesalahan Pemasaran

Pemilik bisnis sering gagal untuk mempersiapkan kebutuhan pemasaran perusahaan dalam hal modal yang diperlukan dan jangkauan prospek yang akurat.

Ketika perusahaan meremehkan total biaya pemasaran awal, seringkali sulit untuk mendapatkan pembiayaan modal dari departemen bisnis lain untuk menutupi kekurangan tersebut.

Karena pemasaran merupakan aspek penting dari setiap bisnis, maka perlu bagi perusahaan untuk memastikan mereka telah menetapkan anggaran realistis untuk kebutuhan pemasaran saat ini dan masa depan.

Demikian pula, memiliki proyeksi realistis dalam hal jangkauan target sangat penting untuk keberhasilan pemasaran. Bisnis yang tidak memahami aspek-aspek strategi pemasaran yang sehat lebih cenderung gagal daripada perusahaan yang meluangkan waktu yang diperlukan untuk membuat kampanye yang efektif dan sukses.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.