Sukses

Pergi ke Luar Negeri? Cek Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Petugas Imigrasi

Inilah pertanyaan yang sering ditanyakan petugas imigrasi di bandara saat ke luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Urusan dengan pihak imingrasi bandara menjadi hal yang kerap kurang diharapkan oleh kebanyakan orang. Tak bisa dimungkiri jika sebagian orang memang memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan terkait dengan hal ini.

Apalagi jika ternyata urusan ini tidak berjalan mulus dan lancar. Sementara di lain sisi, proses di bagian imigrasi memang wajib dijalani dalam setiap rencana perjalanan ke luar negeri.

Lalu, kenapa Anda tidak mencoba untuk belajar menikmati proses ini dengan cara yang lebih mudah dan nyaman? Mempersiapkan diri untuk menghadapi petugas imigrasi bukanlah sesuatu yang sulit, jika sejak awal Anda memang sudah memahami dengan baik apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh petugas tersebut.

Pada dasarnya, petugas imigrasi bandara akan menanyakan pertanyaan yang hampir sama kepada setiap orang yang akan bepergian ke luar negeri, sehingga hal ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk diatasi.

Meski begitu, sebagian orang memang justru sering memberikan jawaban yang kurang tepat. Alih-alih selesai dengan lancar, berbagai jawaban seperti ini bisa saja membuat masalah di dalam perjalanan atau bahkan membuat perjalanan menjadi batal.

Pastikan Anda memahami dengan baik berbagai pertanyaan petugas imigrasi, termasuk jawaban yang paling tepat, sehingga rencana perjalanan Anda bisa lancar.

Seperti dikutip dari Cermati.com, inilah pertanyaan yang sering ditanyakan petugas imigrasi di bandara saat ke luar negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tujuan Perjalanan

Pertanyaaan ini menjadi yang paling umum dan biasanya ada di urutan pertama yang ditanyakan oleh petugas imigrasi bandara. Tujuan perjalanan Anda ini berkaitan dengan jenis visa yang dibutuhkan untuk perjalanan tersebut.

Jika jenis visa Anda tidak sesuai dengan tujuan perjalanan yang akan dilakukan, maka bukan tidak mungkin hal ini akan menjadi masalah di dalam perjalanan Anda.

Pastikan Anda selalu mengatakan dengan jujur tujuan perjalanan Anda kepada petugas imigrasi, sehingga petugas tersebut bisa memastikan kelayakan perjalanan dan juga berbagai aturan yang mungkin harus Anda penuhi terkait dengan tujuan Anda ke negara tersebut.

Berbagai jawaban yang tidak jujur sejak awal sangat mungkin membuat Anda berada dalam masalah, seperti terjadinya penahanan atau bahkan deportasi. Bukan hanya membuat perjalanan tidak lancar, kondisi seperti ini tentu akan membuat Anda dalam masalah yang serius.

2. Lama Tinggal di Negara Tujuan

Setelah tujuan perjalanan, lama tinggal Anda di negara tujuan juga akan menjadi hal yang ditanyakan berikutnya. Pertanyaan ini pada umumnya akan berhubungan dengan keamanan Anda selama berada di sana.

Selain itu, petugas imigrasi juga akan membutuhkan informasi tersebut utuk menyesuaikan visa yang Anda gunakan dalam perjalanan. Penting bagi petugas untuk memastikan bahwa Anda benar-benar menggunakan visa yang tepat, mengingat hal ini juga bisa menimbulkan masalah di dalam perjalanan Anda.

Aturan masing-masing negara terkait dengan masa tinggal ini juga berbeda-beda dan pastinya Anda wajib mematuhi aturan yang dimiliki oleh negara tujuan. Berikan jawaban yang tepat dan sesuai kepada petugas imigrasi, sehingga pertanyaan ini tidak menimbulkan masalah bagi perjalanan Anda.

3 dari 4 halaman

3. Tempat Tinggal Selama Melakukan Perjalanan

Tempat tinggal Anda selama berada di negara tujuan juga merupakan pertanyaan wajib yang bakal ditanyakan oleh petugas imigrasi. Biasanya hal ini ditanyakan untuk memastikan keamanan Anda selama berada di sana, termasuk memastikan risiko keamanan yang mungkin saja Anda timbulkan.

Jawaban yang tidak spesifik pada umumnya akan menimbulkan masalah, apalagi jika Anda hanya melontarkan jawaban yang sangat umum, seperti asrama atau bahkan apartemen teman.

Hindari jawaban-jawaban yang seperti ini dan pastikan Anda memberikan jawaban detail yang jelas, misalnya alamat hotel yang Anda gunakan, alamat lengkap teman/kerabat, dan lainnya. Jawaban yang lengkap seperti ini akan membuat proses imigrasi menjadi lebih lancar.

4. Pekerjaan Anda saat ini

Pekerjaan Anda juga menjadi pertanyaan lainnya yang biasanya ditanyakan oleh petugas imigrasi. Bukan untuk memastikan urusan Anda di negara tujuan, namun hal ini biasanya ditanyakan untuk memastikan kemampuan keuangan yang Anda miliki.

Hal ini tentu penting, mengingat kondisi keuangan Anda akan sangat memengaruhi kelancaran perjalanan Anda di negara tujuan. Jangan lupa untuk memberi jawaban yang jelas dan cepat, sehingga petugas imigrasi yakin dan tidak meragukan hal tersebut.

4 dari 4 halaman

Lakukan Proses di Bagian Imigrasi dengan Siap

Menjawab berbagai pertanyaan di bagian imigrasi bandara kerap menjadi hal yang tidak menyenangkan, apalagi jika berjalan dengan tidak lancar.

Namun jika Anda sudah siap untuk berbagai pertanyaan tersebut, maka proses ini bukanlah sebuah masalah lagi. Cobalah untuk menikmati proses ini dengan nyaman dan benar-benar siap, sehingga urusan Anda di bagian imigrasi bisa berjalan lancar dan menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini