Sukses

5 Lokasi yang Bisa Jadi Ibu Kota Baru RI, Pilih Mana?

Lima lokasi ini pernah disebut sebagai calon ibu kota baru RI. Mana saja lokasinya?

Liputan6.com, Jakarta - Wacana pemindahan ibu kota kembali disebut. Kali ini, nama Jonggol di Provinsi Jawa Barat sempat kembali digaungkan, meski Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan memindahkan ibu kota ke luar Jawa.

Sebelumnya, ada sejumlah kota yang pernah diajukan sebagai ibu kota. Rata-rata memang berlokasi di luar pulau Jawa. Ambil contoh Palangka Raya yang pernah digagas Presiden Soekarno sebagai lokasi ibu kota.

Pulau Reklamasi pun sempat disebut sebagai potensi menjadi pusat ibu kota. Hal itu sempat disampaikan Joko Widodo pada tahun 2016 silam.

Mana saja lokasi yang sempat disebut sebagai lokasi ibu kota baru? Berikut Liputan6.com tampilkan informasi dari lima lokasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Palangka Raya

Lokasi: Kalimantan Tengah

Palangka Raya adalah yang paling santer disebut sebagai lokasi ibu kota yang paling potensial Ide ini bahkan pernah muncul sejak zaman Presiden Soekarno.

Pada tahun 2017, nama Palangka Raya kembali disebut sebagai calon ibu kota baru. Kota ini memiliki luas 2.400 kilometer persegi, tetapi jumlah penduduknya masih relatif sedikit.

3 dari 6 halaman

2. Balikpapan

Lokasi: Kalimantan Timur

Kalimantan Timur pernah mengajukan diri sebagai ibu kota baru Indonesia. Gubernur Awan Faroek menyampaikan bahwa Balikpapan memiliki lokasi strategis dan infrastruktur mumpuni untuk menjadi ibu kota baru.

"Kami memiliki semua yang dibutuhkan," ujar Gubernur Awang Faroek seperti dikutip Antara pada tahun 2013. "Kami juga memiliki pelabuhan laut dan bandara yang sangat representatif," ujarnya.

4 dari 6 halaman

3. Tanah Bumbu

Lokasi: Kalimantan Selatan

Tanah Bumbu (Tanbu) sempat muncul sebagai pilihan untuk ibu kota Indonesia. Dilaporkan Antara, pada tahun 2017 daerah ini sempat masuk pertimbangan sebagai ibu kota karena tanahnya.

Berdasarkan laporan tersebut, Palangka Raya boleh memenuhi syarat karena wilayahnya didominasi daerah gambut, sementara kabupaten Tanah Bumbu memiliki tanah yang keras sehingga dinilai lebih layak.

5 dari 6 halaman

4. Mamuju

Lokasi: Sulawesi Barat 

Dalam rapat terbatas pada Senin (29/4/2019),  Presiden Jokowi menyatakan jika Jusuf Kalla mengusulkan kabupaten Mamuju menjadi ibu kota baru. Hal tersebut diungkapkan saat rapat terbatas di Kantor Presiden, Senin (29/4/2019).

"Pak Wapres silakan, tadi bisik-bisik mengusulkan Mamuju," ujarnya setelah berbicara di Kantor Presiden. 

Namun, usulan Mamuju juga bukanlah hal baru. Pada tahun 2017 lalu JK juga pernah menyebut nama Mamuju sebagai salah satu lokasi ibu kota baru.

6 dari 6 halaman

5. Jonggol

Lokasi: Jawa Barat

Apabila pemindahan ibu kota justru terjadi di pulau Jawa, maka ada daerah yang dulu sempat disebut sebagai calon ibu  kota.

Tak jauh dari ibu kota, kabupaten Jonggol juga sempat disebut sebagai calon ibu kota baru. Gagasan ini berasal dari Presiden kedua, yakni Soeharto.

Jonggol berlokasi di kabupaten Bogor, atau tepatnya di tenggara Cileungsi. Luas daerah ini mencapai 97,2 kilometer persegi dan merupakan daerah perbukitan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini