Terkuak, 12 Harta Karun Milik Orang Terkaya No.1 di Dunia

Oleh Tommy Kurnia pada 02 Mei 2019, 07:20 WIB
Diperbarui 02 Mei 2019, 07:20 WIB
Jeff Bezos

Liputan6.com, Seattle - CEO Amazon Jeff Bezos tercatat sebagai orang terkaya di dunia. Saat artikel ini ditulis, Forbes mencatat kekayaan Bezos sebesar USD 159,9 miliar atau Rp 2.269 triliun (USD 1 = Rp 14.194).

Bezos menjadi orang terkaya berkat perusahaan Amazon yang ia dirikan sebagai platform jual-beli pada tahun 1994 lalu. Saham perusahaan terus meroket hingga melewati Microsoft yang didirikan Bill Gates.

Menjadi orang terkaya di dunia tentunya membuka akses bagi Bezos untuk mendapat apa yang miliarder lainnya tak bisa dapatkan. Beberapa di antaranya ialah "robot anjing" dan jam 10 ribu tahun.

Apa lagi "harta karun" yang dimiliki sang orang terkaya di dunia? Dilansir dari Gadgets Now, berikut daftarnya:

2 dari 6 halaman

Rumah di Berbagai Penjuru AS

Rumah megah milik orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, menempati dua bangunan yang dulunya berfungsis ebagai museum (AP)
Rumah megah milik orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, menempati dua bangunan yang dulunya berfungsis ebagai museum (AP)

1. Rumah Museum

Jeff Bezos memiliki rumah di Washington, DC yang dulunya merupakan museum tekstil yang ia beli pada tahun 2016 seharga USD 23 juta. Bila disesuaikan dengan inflasi, harga rumahnya kini setara Rp 24,3 miliar. Rumah ini masih direnovasi dan jika selesai akan memiliki 11 kamar tidur, 25 kamar mandi, lima ruang keluarga, dan dua elevator.

2. Apartemen di New York

Selain punya rumah mewah di ibu kota Amerika Serikat, Bezos juga punya tiga apartemen yang saling tersambung di daerah Central Park.

Luas apartemennya adalah 929 meter persegi dan seharga USD 17 juta (Rp 241,3 miliar).

3. Mansion di Hollywood

Sudah punya rumah di Washington D.C., dan New York, Jeff Bezos juga punya rumah mewah di Beverly Hills, California. Harganya USD 25 juta (Rp 354,8 miliar).

Rumah ini memiliki tujuh kamar mandi dan kamar tidur, lalu ada rumah kaca, lapangan tenis, kolam renang, empat air mancur, dan enam garasi mobil.

4. Lahan di Texas

Sepertinya Jeff Bezos punya lahan di berbagai penjuru AS. Ia punya lahan di Texas seluas 30 ribu aker atau 12.140 hektar.

Lokasi lahannya berdekatan dengan pabrik roket Blue Origin yang ia bangun. Ketika muda, Bezos suka berlibur di Texas bersama kakeknya, ia pun ingin memberikan anak-anaknya pengalaman yang sama.

3 dari 6 halaman

Rumah di Tepi Danau

Jeff Bezos
Jeff Bezos (AP PHOTO)

5. Rumah di Seattle

Bezos punya rumah di New York, Washington, D.C., dan Beverly Hills, dan ia masih punya rumah lagi di Seattle dengan luas tanah 5,3 ekar atau 21 hektar.

Rumahnya di Seattle berada di tepi danau dan ia juga bertetangga dengan Bill Gates. Ia membeli rumah ini pada tahun 1998 dengan harga USD 10 juta.

4 dari 6 halaman

Jam 10 Ribu Tahun dan Koran Antik

Jeff Bezos
Jeff Bezos, pendiri Amazon, dengan jam raksasa ciptaannya senilai Rp 574 triliun. (Foto: Wired)

6. Jam 10 Ribu Tahun 

Jeff Bezos tidak hanya memiliki jet istimewa, ia membangun jam yang bisa terus hidup sampai 10 ribu tahun.

Jam ini sedang dibangun di Texas, dan Bezos berinvestasi dana sebsar USD 42 juta (Rp 596,1 miliar).

Ide jam ini muncul pada tahun 1989 dan merupakan simbol dari berpikir dengan jangka panjang.

7. Koran berusia 141 tahun

Bezos tampaknya tidak hanya bersemangat pada masa depan, ia pun menghargai sejarah. Ini terbukti lewat koran The Washington Post berusia 141 tahun yang ia beli.

Bezos merogok kocek hingga USD 230 juta (Rp 3,2 triliun) untuk mendapatkan koran itu. Tak hanya korannya, Bezos juga membeli The Washington Post pada tahun 2016.

5 dari 6 halaman

Robot Anjing

Anjing robotik milik Jeff Bezos
Anjing robotik milik Jeff Bezos. Dok: @JeffBezos

8. Robot anjing

Pada tahun 2018, Jeff Bezos kedapatan berjalan-jalan bersama seekor robot anjing. Nama robot itu adalah SpotMini dan dibuat oleh Boston Dynamics.

Bezos memamerkan SpotMini pada konferensi kecerdasan buatan pada tahun 2019 di California. Acara konferensi Mars bersifat tertutup dan diadakan sejak tahun 2016.

9. Pabrik Roket

Sama seperti Elon Musk, sang bos Amazon juga tertarik pada eksplorasi luar angkasa.

Dua tahun sebelum SpaceX milik Musk berdiri, Bezos mendirikan Blue Origin pada 8 September 2000. Ia berharap Blue Origin bisa membawa pelanggan berkelana ke luar bumi.

11. Amazon Sphere.

Bagi orang awam, Amazon yang identik dengan hutan di Amerika Selatan. Jeff Bezos pun punya ide agar markas Amazon memiliki tema hijau.

Markas Amazon di Seattle mengumpulkan bermacam tanaman dari seluruh dunia. Bangunan ini resmi dibuka pada 30 Januari 2018 dan memakan biaya USD 4 miliar (Rp 56,7 triliun).

6 dari 6 halaman

Kendaraan

Jeff Bezos and Amazon
Amazon

11. Jet pribadi

Bagi seleb dan miliarder, jet pribadi mungkin bisa mudah dibeli, tetapi jet milik Bezos lebih istimewa.

Jeff Bezos bepergian dengan Gulfstream G-650ER yang merupakan salah satu jet pribadi paling cepat di dunia. Harganya mencapai USD 65 juta (Rp 922,6 miliar).

12. Mobil biasa?

Entah mengapa Jeff Bezos tidak memiliki mobil mewah. Pilihannya adalah sebuah Honda Acord dan Chevrolet Blazer tua.

Lanjutkan Membaca ↓