Cetak Sejarah, Avengers: Endgame Raup Rp 14,1 Triliun di Pekan Pertama

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 28 Apr 2019, 20:23 WIB
Diperbarui 30 Apr 2019, 20:13 WIB
Avengers: Endgame (Marvel)

Liputan6.com, New York - Meskipun sempat pesimistis jika Avengers: Endgame bakal raup USD 300 juta atau Rp 4,2 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.180) dalam sepekan penayangan perdananya, namun ternyata film garapan Marvel Cinematic Universe ini telah berhasil memecahkan rekor dalam sepekan pertama.

Film terbaru karya Marvel Cinematic Universe (MCU) ini bakal bisa meraup lebih dari US$ 1 miliar atau setara Rp 14 triliun di pekan pertama penayangannya.

Dilansir dari laman CNBC, analis telah merevisi perkiraan awal mereka akan seri terakhir Avengers ini menjadi USD 400 juta atau Rp 5,6 triliun.

Film ke-22 garapan Marvel Cinematic Universe ini telah begitu lama dinantikan oleh para pecinta Avengers. Bahkan, menjelang perilisan film ini pada akhir pekan lalu, 8.000 tiket telah habis terjual. Tentunya ini semakin membuat para pemilik teater bioskop bersemangat untuk lebih banyak membuka studio untuk pemutaran film yang berdurasi tiga jam ini.

Dalam hari pertama penayangannya di Amerika Utara, 'Endgame' telah berhasil mengantongi USD 156,7 juta atau Rp 2,2 triliun. Bahkan angka ini telah berhasil mengalahkan 'Star Wars: The Force Awakens' yang mencapai USD 119 juta atau Rp 1,6 triliun pada 2015 lalu.

Berkat ini, Disney memperkirakan meraup sebanyak USD 310 juta hingga USD 340 juta untuk di AS.

Diperkirakan pendapatan film ini akan terus meningkat dan menembus rekor pembukaan film dari 'Avengers: Infinity War' yang hanya capai USD 257,6 juta . Sementara saat ini saja, 'End Game' sudah capai USD 285 juta.

 

2 dari 2 halaman

Analis Prediksi Endgame Bakal Raup Untung Rp 5,1 Triliun Sebelum Senin

Colin Jost dan Scarlett Johansson
Colin Jost dan Scarlett Johansson hadir di world premiere Avengers: Endgame di Los Angeles, Amerika. (Amy Sussman / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP

Bahkan para analis memprediksikan jika film ini akan mengantongi USD 360 juta atau Rp 5,1 triliun sebelum Senin mendatang khusus untuk di AS. Untuk itu, tidak heran mengapa banyak pemilik bioskop memperbanyak studio bahkan jam penayangan untuk film ini.

Bahkan, Brock Bagby, wakil presiden eksekutif B&B Theaters mengatakan akan terus menambah studio di 50 bioskop miliknya jika diperlukan. Di beberapa lokasi, ia bahkan memulai penayangan film ini sejak pukul 07.00 pagi yang normalnya dimulai sejak 12.30 siang.

"Saya belum pernah menjual tiket film sepagi ini," katanya.

Secara Internasional, 'Endgame' telah meraup keuntungan mencapai USD 487 juta atau Rp 6,9 triliun pada Jumat lalu. Angka ini telah memecahkan rekor tertinggi dari semua film yang dirilis secara internasional dalam sejarah perfiliman. Termasuk film "The Fate of The Furious" yang telah menghasilkan USD 443 juta atau Rp 6,2 triliun pada sepekan penayangan perdananya pada 2017.

Jadi, secara Global 'Endgame' telah menghasilkan USD 644 juta atau Rp 9,1 triliun hingga Jumat dan telah berhasil memecahkan rekor untuk keuntungan tertinggi selama sepekan yang sebelumnya diraih oleh "Infinity War" pada tahun lalu. Dua hari akhir pekan ini, diperkirakan 'Endgame' dapat meraup keuntungan hingga USD 1 miliar secara global untuk debutnya.

Ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan film ini akan menjadi sebuah film dengan pencapaian miliaran dolar dalam 11 hari penayangannya mengalahkan "Infinity War".

"Endgame akan menjadi sejarah dalam Box Office saat ini," kata Paul Dergarbedian, seorang analis senior di Comscore.

Lanjutkan Membaca ↓