3 Cara Sopan Menolak Membantu Rekan Kerja

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 30 Apr 2019, 10:30 WIB
Diperbarui 30 Apr 2019, 10:30 WIB
Kartini Masa Kini
Perbesar
Ilustrasi para perempuan bekerja. (dok. pexels.com/mentatdgt)

Liputan6.com, Jakarta - Sering sekali banyak orang mengatakan "saya sangat sibuk" disaat ada yang meminta bantuanya. Tiga kata kecil ini meskipun memang sesuai dengan kondisi Anda, namun usahakanlah untuk tidak menggunakan kata-kata itu lagi mulai sekarang.

Mengapa?

Karena dengan tiga kata ini dapat merusak hubungan dengan rekan kerja Anda di kantor. Tentu, ini nantinya akan menghalangi langkah kesuksesan Anda jika suatu saat dipromosikan untuk naik jabatan.

Tahukah Anda ternyata kebanyakan orang sukses juga tidak menggunakan kata-kata ini untuk menolak. Mereka menggunakan cara-cara yang berbeda namun tetap aman untuk dirinya dan hubungannya dengan rekan kerja. Mau tahu apa yang mereka lakukan?

Dilansir dari laman CNBC, berikut 3 cara yang sebaiknya Anda lakukan saat rekan kerja meminta bantuan:

1. Beritahu Mereka Apa yang Sedang Anda Lakukan

Jika Anda yang meminta bantuan ketika bekerja, maka biarkanlah mereka untuk tahu tugas apa yang sedang dikerjakan.

Memberitahu orang lain apa yang telah Anda lakukan nantinya akan membuat mereka canggung untuk memaksa dan mengerti jika saat ini Anda benar-benar tidak dapat diganggu.

 

2 dari 2 halaman

2. Jujurlah, dan Bantulah Sebisa Mungkin

Ilustrasi bekerja
Perbesar
Ilustrasi bekerja. Sumber foto: unsplash.com/Icons8 Team.

Berusahalah untuk jujur, jika memang Anda memiliki kesempatan dan waktu luang maka usahakanlah untuk membantu mereka namun jangan memaksakan diri. Bantulah sebisa mungkin yang dapat Anda lakukan.

3. Jika Mendesak, Katakanlah "Iya"

Terkadang kita tidak dapat memprediksi siapa saja yang akan meminta bantuan. Untuk itu, kenali terlebih dahulu lah siapa yang meminta Anda.

Jika memang orang tersebut memang benar-benar membutuhkan bantuan karena hanya Anda seorang yang dapat membantunya. Untuk itu, bantulah. Ingat, jangan lakukan poin pertama jika itu yang meminta atasan Anda.

Lanjutkan Membaca ↓